Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tiga Kata yang Menyelamatkan Manusia di Dunia

Tiga Kata yang Menyelamatkan Manusia di Dunia


Tulisan ini terinspirasi dari status twitter alias ocehan  salah satu teman yang sudah lama kenal. Dia menyebutkan tiga kata yang dapat menyelamatkan manusia di dunia adalah maaf, tolong, dan terima kasih.

Maaf  dalam kamus memiliki tiga makna yaitu:
1 pembebasan seseorang dari hukuman (tuntutan, denda, dan sebagainya) karena suatu kesalahan; ampun; makna yang kedua,  2 ungkapan permintaan ampun atau penyesalan: contoh : Maaf, saya datang terlambat; makna yang ketiga 3 ungkapan permintaan izin untuk melakukan sesuatu.

Jika ada orang yang salah, maka diberi maaf dia pasti akan selamat. Sebaliknya, jika merasa punya salah maka segera meminta maaf maka akan dapat meredakan masalah meskipun tidak serta merta masalah tersebut akan terselesaikan. Minimal sudah mereda.

Tolong bermakna permohonan bantuan kepada orang lain. Jika menggunakan kata tolong, itu bentuk perendahan diri kita kepada orang lain. Sebenarnya, kata tolong merupakan bagian dari perintah. Tetapi bentuk perintah yang sangat halus. Dengan menggunakan kata tolong orang yang dimintai bantuan tidak akan merasa direndahkan. Justru akan merasa terhormat karena bisa membantu orang lain.

Terima Kasih adalah bentuk ungkapan rasa syukur. Rasa syukur terhadap orang yang telah berbuat sesuatu kepada kita. Jika perbuatan itu baik, maka pantaslah diberi ucapan terima kasih. Jikapun tindakan orang lain merupaka tindakan yang tidak baik dan menjahati kita, bisa juga diberi ucapan terima kasih. Berterima kasih telah menguji kesabaran. Jika ada orang lain menghardik kita misalnya, kita ucapkan saja terima kasih telah diingatkan tentu itu akan menjadi ucapan penenang. Tentu masalah tidak akan bertambah.

Ketiga kata tersebut juga bisa menyelamatkan manusia di akhirat juga. Jika kita berdoa (minta tolong) kepada Tuhan. Memohon maaf kepada Tuhan (dalam Islam: beristigfar), serta bersyukur (berterima kasih) kepada Tuhan. Kalau Tuhan sudah memberikan maaf apa yang tidak?

Semoga tulisan ini bermanfaat, silahkan berikan tanggapan melalui komentar. Jangan lupa juga dibagikan ya...

Salam Pustamun!

Posting Komentar untuk "Tiga Kata yang Menyelamatkan Manusia di Dunia"