Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CARA BELAJAR YANG BAIK DAN EFEKTIF untuk Materi MOS

CARA BELAJAR YANG BAIK DAN EFEKTIF


Pengertian
Belajar berasal dari kata dasar ‘ajar’. Secara istilah Belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri seseorang setelah melalui suatu prosesnya dilakukan secara sadar. Karena dilakukan dengan sadar berarti harus dilakukan sendiri, orang lain hanya bisa membantu.

Perubahan yang terjadi pada seseorang sebagai suatu hasil belajar dapat berupa pengetahuan, nilai, keterampilan, dan sikap. Hasil belajar berupa pengetahuan berarti yang awalnya tidak tahu menjadi tahu untuk mencapai ini, seorang pelajar bisa mendapatkan dengan membaca, melihat, bertanya dan menyimak, untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan.
Cara Belajar Efektif Harus Dari Diri Sendiri 

Perubahan berupa keterampilan berarti yang awalnya tidak bisa menjadi bisa. Misalnya pelajar awalnya tidak bisa baris dengan baik. Karena terus belajar dengan sungguh-sungguh dia bisa terampil berbaris dengan rapi.


Perubahan berupa nilai maksudnya adalah, siswa yang awalnya tidak jujur dalam mengerjakan tugas, menjadi lebih jujur karena terus menerus dilatih. Hal ini bisa dicapai melalui latihan dan teguran dari orang yang lebih mengerti.

Perubahan dalam sikap maksudnya, seorang pelajar yang awalnya tidak disiplin menjadi lebih disiplin. Pelajar yang awalnya bajunya dicucikan oleh orang tuanya karena memiliki sikap tanggung jawab maka mau mencuci baju sendiri.

Kesalahpahaman Belajar
Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa yang dimaksud belajar bukan sekadar membaca buku atau mengerjakan tugas dan PR di rumah. Belajar adalah segala aktivitas yang membuat kita bisa menjadi lebih tahu, menjadi lebih bisa, dan menjadi lebih baik. Maka dari itu, mengikuti kegiatan yang diadakan oleh sekolah, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan bermain bersama teman-teman juga termasuk kegiatan belajar.

Baca Juga: Aplikasi Cara Belajar yang Efektif dalam Kehidupan Nyata

 7 Cara Belajar yang Baik:
1.     Memunyai tujuan yang jelas (memiliki target kemampuan yang ingin dimiliki)
2.     Berupa rencana terprogram (memiliki rangkaian kegiatan yang akan dilakukan)
3.     Memilih strategi belajar (tempat, waktu, dan suasananya harus tepat)
4.     senang melakukan latihan-latihan (harus sering berlatih, misalnya terus membaca)
5.     memiliki daya saing untuk berprestasi (harus berlomba ingin jadi yang terbaik)
6.     kuat di dalam berpendapat (mempertahankan pendapat sekuat tenaga)

7.     senang bertanya (bertanya menunjukkan kita sudah mengerti, tetapi belum lengkap)

3 komentar untuk "CARA BELAJAR YANG BAIK DAN EFEKTIF untuk Materi MOS"

  1. Terimakasih sangat memudahkan pekerjaan

    BalasHapus
  2. terima kasih...
    materi sangat membantu

    BalasHapus