Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PENGERTIAN WAWASAN WIYATA MANDALA YANG LENGKAP DAN KOMPREHENSIF

Pengertian dan Pengenalan Wawasan Wiyata Mandala di Sekolah

Pengertian
Secara harfiah, Wawasan Wiyata Mandala dapat diartikan sebagai pandangan atau sikap hidup yang mendalam terhadap sekolah sebagai lingkungan pendidikan. Lingkungan sekolah yang harus dipahami secara mendalam bukan saja lingkungan secara fisik, tetapi juga lingkungan sosialnya.

Proses seorang siswa untuk bisa memiliki wawasan wiyata mandala harus melalui tiga tahap. Tahap yang pertama adalah mengetahui, yang kedua adalah mengenal, yang ketiga adalah mencintai.

Wawasan Wiyata Mandala adalah Pengenalan Terhadap Lingkungannya
Mengetahui
Lingkungan fisik sekolah adalah
lingkungan yang dapat diketahui melalui pancaindra. Contohnya  mengetahui tempat ruang guru di mana. Mengetahui letak  perpustakaan di mana. Mengatahui fasilitas apa saja yang ada di sekolah.

Mengenal
Setelah mengetahui, letak sebuah lingkungan fisik, siswa harus mengenalnya. Berarti memahami seluk beluknya. Misalnya setelah mengetahui letak perpustakaan, harus dikenali perpustakaan tersebut. Apa saja yang ada di perpustakaan, dan bagaimana fungsi dan cara memanfaatkan koleksi perpustakaan.

Lihat Juga : Beberapa Kesalahan saat Menyampaikan Materi Wawasan Wiyata Mandala

Mencintai
Setelah mengenal, tahap selanjutnya adalah mencintai. Semua lingkungan yang ada di sekolah harus dicintai. Misalnya sudah mengenal perpustakaan, perpustakaan tersebut harus dicintai dengan cara dimanfaatkan, dikunjungi, dan dijaga kebersihannya. 

Ingat, yang harus diketahui tidak hanya perpustakaan, tetapi seluruh lingkungan sekolah mulai dari halaman paling belakang, kelas, hingga gerbang sekolah.

Tahap mengetahui, mengenal, dan mencintai juga harus dilakukan terhadap lingkungan sosialnya. Mengetahui guru, mengenal guru, kemudian mencitai guru. Mengetahui namanya siapa, mengenal karakternya bagaimana, dan mencintainya dalam wujud takzim, hormat dan patuh terhadap tugas yang diberikan.

Lihat Juga: Kumpulan Materi MPLS (MOS)

Peran siswa dalam Wawasan Wiyata Mandala
Tidak hanya diwujudkan dalam bentuk pengetahuan yang ada dalam pikiran, wawasan wiyata mandala juga harus diwujudkan dalam perilaku sehari-hari di sekolah.
Berikut ini peran siswa yang telah memiliki wawasan wiyata mandala:

1.      Terhadap Sekolah:  menjaga kebersihan, tidak merusak, patuh dan tertib.
2.      Terhadap Kepala Sekolah dan Guru : Hormat, patuh, taat, terhadap tugas yang diberikan, bertegur sapa dengan guru secara sopan, menghormati selaku orang tua di sekolah.
3.      Terhadap Sesama Teman: Saling menjaga, saling membantu jika kesulitan, saling mengingatkan jika melakukan kesalahan, tidak mengejek, dan tidak menyakiti hati sesama teman.
4.      Terhadap kegiatan sekolah, Yang termasuk dalam kegiatan sekolah meliputi semua kegiatan yang diselenggaran oleh sekolah termasuk kegiatan ekstrakurikuler. Maka siswa harus:
a.      Mengikuti kegiatan dengan sepenuh hati dan
b.      Menjalankan tugas dalam dengan baik sesuai dengan kegiatan yang diikuti.
c.       Bersikap ramah selama kegiatan dan selama bersekolah.
d.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik serta benar sesuai peruntukannya.
e. Berkata jujur, disiplin, dan bersikap sabar serta  memupuk rasa persaudaraan.

10 komentar untuk "PENGERTIAN WAWASAN WIYATA MANDALA YANG LENGKAP DAN KOMPREHENSIF"