Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Laporan Kegiatan BUMDesa Jawa Timur

 LAPORAN KEGIATAN
(Progress Report)

 BUMDesa Sukamakmur
BADAN USAHA MILIK DESA SUKAMAKMUR

DESA SUKAMAKMUR
KECAMATAN AJUNG
JEMBER



PENDAHULUAN

Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk menjalankan program pembangunan berkelanjutan. Maka dari itu, Pemprov Jawa Timur selalu mengembangkan inovasi program yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat seluruh Jawa Timur, baik yang ada di kota maupun di desa.
Salah satu program yang dilaksanakan adalah Jalin Matra PK2 (Jalan Lain Menuju Sejahter Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan). Sukamakmur adalah salah satu wilayah yang memiliki kerentanan kemiskinan, tetapi memiliki potensi yang layak untuk dikembangkan guna mendukung peningkatan tingkat kesejahteraan dan perokonomian warganya. Khususnya warga yang rentan miskin.


TERBENTUKNYA BUMDesa SUKAMAKMUR
Sukamakmur terpilih sebagai salah satu Desa yang menjadi lokasi program Jalin Matra PK2 Povinsi Jawa Timur. Pelaksanaan Program Jalin Matra PK2 Provinsi Jawa Timur diwujudkan dengan dibentuknya Badan Usaha Milik Desa Sukamakmur sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor 04/412.31/17.2001/2016 pada tanggal 22 April 2016.
Adapun pengurus BUMDesa Sukamakmur adalah sebebagai berikut:

Ketua                     : M. Irmal Haki
Sekretaris              : Cak Mun
Bendahara             : Ulya Muniroh

Penetapan pengurus tersebut berdasarkan hasil Pra Rembug Warga dan Rembug Warga yang dilaksanakan pada 22 April 2016 bertempat di Desa Sukamakmur.

ANALISIS POTENSI DESA
Setelah BUMDesa Sukamakmur terbentuk, langkah yang dilakukan selanjutnya adalah analsis potensi desa. Dari hasil analisis potensi desa yang dilakukan oleh pengurus BUMDesa Sukamakmur bersama dengan stakeholders dan pihak terkait. Maka, diketahui di desa Sukamakmur, terdapat potensi di bidang pertanian dan bidang perdagangan. Ha ini karena sebagian besar penduduk Sukamakmur bermata pencaharian sebagai petani, selain itu juga memiliki kecakapan dalam dunia perdagangan.

PEMBENTUKAN KELOMPOK MASYARAKAT
Setelah BUMDesa Sukamakmur dibentuk dan pengurusnya ditetapkan, Pengurus BUMDesa bergerak cepat dengan melakukan kegiatan verivikasi dan penilaian kelayakan usaha dari warga yang telah mengajukan. Berdasarkan hasil verifikasi tersebut dapat diketahui bahwa yang mengajukan permohonan pinjaman sebanyak lima kelompok, tetapi berdasarkan hasil verifikasi, kelompok yang layak untuk diberi pinjaman modal usaha para anggotanya hanya ada empat kelompok.
Masing-masing kelompok tersebut adalah:
-          Mangaran 1
-          Mangaran 2
-          Plalangan 1
-          Plalangan 2
Masing-masing kelompok tersebut memiliki sepuluh anggota. Jadi, anggota BUMDesa Sukamakmur sebanyak 40 orang.

Pembentukan Kelompok Masyarakat penerima program Jalin Matra PK2 BUMDesa Sukamakmur  sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor: 06/412.31/17.2001/2016 tanggal 11 Mei 2016.

PERSIAPAN PENCAIRAN DAN PENCAIRANNYA
Dalam perkembangannya, proses pencairan dan pengajuan pemohonan diibutuhkn agar dapat mencairkan bantuan yang ditujukan untuk desa Sukamkmur.

Adapun jaminanan (agunan) yang diberikan kepada peminjam adalah dalam bentuk saling percaya dan menjaga kepercayaan.

Pelaksanaan pencairan dana kepada anggota kelompk msyarakat dilaksanakan padah hari Sabtu, 27 Agustus 2016. Penyaluran dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahapa pertama BUMDesa menyerhkan kepada Ketua Pokmas untuk kemudian disalurkan kepada seluruh anggotanya. Dalam proses pembuatan berkas dan proses pencairannya, tidak sama sekali kendalaha atau keslutian yang dialamai oleh beberapa orang.

TAHAP PENGEMBALIAN
Adapun saat ini, BUMDesa Sukamakmur sedang mengelola pembiayaan yang  melibatkan dana dalam jumlah yang besar.  Maka dari itu, Pengurus BUMDesa Sukamakmur berusaha sekat tenaga agar tingkat pengembalian kredit di tingkat tertinggi yaitu seratus persen semua.
Adapun, tingkat pengembalian kredit yang sudah dilakukan adalah sebanyak seratus persen. Dalam proses pengembalian sepenuhnya, Pengurus BUMDesa Sukamakmur sempat mendatangi dan memantau kegiatan perekonomian yan dilakukan oleh membersihkan saluran iriggasi yangi iku memperbaiki mutu layanan pendidikan yang ujung-ujungnya meningkatkan skesejahteraan.

PENUTUP
Demikian laporan singkat mengenai perkembangan dan keadaan BUMDesa Sukamakmur ini dibuat.  Laporan ini semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya adan akan dilakukan perbaikan sepenuhnya jka terjadi kesalahan.
Atas perhatian semua pihak, kami ucapkan terima kasih.


Ajung, November 2016
Ketua BUMDesa Sukamakmur




M. Irmal Haki


Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Kegiatan BUMDesa Jawa Timur"