Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Kesalahan Penggunaan Tanda Baca

Berikut ini merupakan contoh soal Kesalahan Penggunaan Tanda Baca sekaligus pembahasannya.

Soal yang dibahas dalam tulisan ini merupakan SOAL UN 2016.

SOAL PERTAMA KESALAHAN TANDA BACA

Bacalah kalimat berikut!

"Surat itu dikirimkan oleh Susilo, SH a/n PT Megah Abadi."

Perbikan tanda baca pada kalimat tersebut adalah....

a. Surat itu dikirimkan oleh Susilo, S.H. a.n. PT Megah Abadi.

b. Surat itu dikirmkan oleh Susilo, SH a.n. PT Megah Abadi.

c. Surat itu dikirimkan oleh Susilo, SH a/n. PT Megah Abadi.

d. Surat itu dikirimkan oleh Susilo, S.H. a.n. P.T. Megah Abadi.


PEMBAHASAN 

Kesalahan penulisan tanda baca ada pada 'a/n'. Sementara penulisan tanda baca yang lain yang terdapat pada soal sudah tepat. Jadi, penulisan tanda baca yang tepat adalah adanya tanda koma (,) setelah nama orang pemilik gelar. Sementara, gelar tidak perlu diberi tanda titik (.) jika hanya ada dua kata yang keduanya adalah huruf kapital.

Misalnya:
Pulung Agus Wijaya, SH

Ahmad Ainun Najib, SE

Sementara, jika ada gelar akademik di akhir yang terdiri dari tiga huruf, maka diperlukan tanda baca koma (,) dan tanda baca titik (.).

Misalnya:
Fusliyanto, S.Pd.

Atau, Fusliyanto, M.Pd.

Penulisan yang benar untuk 'a/n' yang merupakan singkatan dari atas nama adalah a.n. Sama halnya dengan penulisan sampai dengan yang benar adalah s.d.

BACA JUGA: Contoh Soal UN Penggunaan Kata dan Kalimat Efektif

SOAL KEDUA KESALAHAN TANDA BACA
Bacalah kalimat berikut!

"Pembina OSIS akan memimpin rapat kerja program tahunan tetapi tiba-tiba ia ditugasi oleh Kepala Sekolah untuk rapat di Dinas Pendidikan Kota mewakili beliau."

Penggunaan tanda baca yang tepat pada klimat tersebut adalah mencantumkan....

a. tanda koma (,) setelah singkata OSIS
b. tanda koma (,) setelah kata tahunan
c. tanda titik koma (;) setelah singkatan OSIS
d. tanda titik koma (;) setelah kata tetapi

PEMBAHASAN

Tanda baca koma (,) digunakan untuk memisahkan anak kalimat dengan induk kalimat, atau juga digunakan untuk memisahkan pemerian (beberapa hal yang disebutkan). Dalam kalimat contoh soal di atas, seharusnya terdapat tanda koma karena kalimat tersebut merupakan kalimat majemuk. Ada anak kalimat dan induk kalimat.

Konjungsi antara klausa pertam dan klausa kedua adalah kata tetapi. Jadi, sebelum kata tetapi perlu ada tanda baca koma (,). Jadi jawaban yang paling tepat adalah B. Tanda koma (,) setelah kata tahunan. Jadi, kata tetapi menjadi penanda awal klausa kedua dalam kalimat majemuk di atas.

SOAL KETIGA KESALAHAN TANDA BACA

Bacalah teks berikut!

(1) Irene Sukandar lahir di Jakarta pada tanggal 7 April 1992. (2) Dia adalah Gran Master Catur Putri Indonesia. (3) Dia telah meraih berbagai macam gelar, baik tingkat nasional maupun internasional. (4) Gelar yang berhasil diraihnya seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).

Perbaikan penulisan tanda baca pada kalimat (4) yang tepat adalah....

a. Gelar yang berhasil diraihnya seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide wanita (MFW)

b. Gelar yang berhasil diraihnya seperti Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide wanita (MFW)

c. Gelar yang berhasil diraihnya, seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide wanita (MFW)

d. Gelar yang berhasil diraihnya, seperti Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide wanita (MFW)

PEMBAHASAN

Fokus pengamatan harus dilakukan pada kalimat keempat. Mempertimbangkan soal seperti ini, maka perlu dibaca terlebih dahulu perintah soal sebelum membaca tek bacaannya. Dengan terlebih dahulu membaca soal, maka kalimat pertama hingga kalimat ketiga tidak perlu dibaca. Trik ini dibutuhkan agar tidak membuang waktu dan mengefektifkan membaca kalimat soal selanjutnya lebih mendalam.

Pada kalimat keempat, terdapat tanda baca titik dua (:) yang kurang tepat penggunaanya. Kemudian, juga ada tanda baca koma (,) yang seharusnya ada.

Penggunaan tanda titik dua (:) tidak tepat dalam kalimat keempat karena pemerian (pemaparan rincian) yang ada pada kalimat tersebut dilakukan di dalam kalimat. Sementara pemeriannya harus dipisahkan dengan tanda koma. Maka kalimat tersebut dapat diperbaiki menjadi:

Gelar yang berhasil diraihnya seperti Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW), dan Master Fide wanita (MFW)

Tanda titik dua (:) setelah kata seperti dihilangkan, sementara setelah (HNW) sebelum kata hubung 'dan' diberi tanda baca koma (,).

BACA JUGA: Contoh Soal Teks Sastra dan Teks Non-Sastra

SOAL KEEMPAT KESALAHAN TANDA BACA

Perhatikan kaliamt berikut!

Kami duduk-duduk di bawah pohon kelengkeng. kami asik makan: jambu, belimbing, dan mangga.

Penggunaan tanda baca yang tidak tepat adalah....

a. penghubung (-)
b. titik dua (:)
c. koma (,)
d. titik (.)

PEMBAHASAN

Tanda baca penghubung (-) terdapat pada kata ulang 'duduk-duduk'. Penggunaan tanda penghubung pada kata ulang tersebut sudah tepat. Yaitu memisahkan antara dua kata yang diulang tanpa spasi.

Tanda titik dua (:) terdapat setelah kata makan. Penggunaan tanda baca ini salah karena dalam satu kalimat tidak perlu tanda titik dua meskipun merupakan pemerian atau pemerincian seperti pada kalimat tersebut.

Tanda koma (,) terdapat di antara kata-kata pemerian. Tanda baca tersebut sudah tepat sehingga tidak perlu diiperbaiki.

Tanda titik (.) terpat di akhir masing-masing kaliamt. Kalimat dalam contoh soal di atas ada dua. Jadi, ada dua tanda titik di akhis masing-masing kalimat.

Demikian penjelasan mengenai contoh soal dan pembahasan soal yang berkaitan dengna tanda baca. Soal ini diambil dari soal UN tahun 2016.

Jika ada pertanyaan tentang kesalahan tanda baca silahkan tulis di komentar.

Jika masih ada kesulitan mengerjakan soal dan ada yang perlu didiskusikan, silahkan tulis soalnya di komentar (lebih baik juga jika ada pilihan jawabannya :) ). Atau juga membahas dan berdiskusi soal UN (khususnya bahasa Indonesia) melalui facebook kami di Pustamun atau kontak kami melalui 'Kontak'

Semoga Contoh dan Pembahasan Soal Kesalahan Tanda Baca in bermanfaat! Silahkan diunduh alias di-download untuk latihan soal.

Download dan baca soal lain

7 komentar untuk "Contoh Soal Kesalahan Penggunaan Tanda Baca"

  1. Jadi jawabannya apa?

    BalasHapus
  2. jawabannya adalah a.
    tolong baca permendikbud no. 50 tahun 2015 tentang ejaan bahasa Indonesia.
    saya rasa pembahasannya juga menyimpang dari permen tersebut. terima kasih dan mohon maaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, kok minta maaf. Terima kasih Pak Cahyo Hasanudin. Saya juga bisa belajang. Permendikbud No 50 tahun 2015. Dengan begini saya (terutama murid) saya tidak lagi salah. Terima kasih banyak atas koreksinya. Salam....

      Hapus