Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arab Saudi ataukah Saudi Arabia | Mana yang Benar

Tahun 2017 Negara Kesatuan Republik Indonesia kadatangan tamu. Tamu yang cukup disegani. Raja negeri dua tempat suci umat Islam, Makah dan Madinah. Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz akan melakukan kunjungan kenegaraan sekaligus plesiran ke Bali.

Sebenarnya Raja Salman ini  raja negara mana? negara Arab Saudi atau negara Arab atau Saudi Arabia?
Ahlan Wasahlan alias Selamat Datang Raja Salman

Nama negara yang menggunakan kata Arab ada dua, yaitu negera Arab Saudi dan negara Uni Emirat Arab. Nama resmi Arab Saudi adalah ejaannya dalam aksara Arab. Aksara resmi dan bahasa resmi negara Arab Saudi. Dalam tulisan Arab: المملكة العربية السعوديه (al-mamlakah al-arabiyah al-saudiyah). 

Almamlakah artiknya kerajaan (The Kingdom dalam bahasa Inggris). Kata dasarnya (masdar)nya adalah malaka yang juga menjadi kata dasar untuk malik (مالك). Secara harfiah, malaka dapat diartikan sebagai penguasa. Jadi, malik adalah penguasa alias raja.

Al-arabiyah artinya jazirah Arab. 

Al-saudiyah artinya bangsa atau keturunan Bani Saud. Negara Arab Saudi didirikan oleh Abdul Aziz al-Saud. Negara yang kini dikenal sebagai Kerajaan Arab Saudi adalah negara yang dibentuk oleh Raja Abdul Aziz setelah berhasil menakulkan empat penguasa lain dan menjadikannya seebagai satau negara tunggal.  Saud adalah nama bani atau bangsa yang sudah menjadi penguasa bagian jazirah Arab berabad-abad sebelumnya.

Jadi, artinya adalah Kerajaan Bani Saud di Jazirah Arab. Begitulah arti nama Kerajaan Arab Saudi ditnjau dari segi bahasa.

Dalam dunia internasional nama nama KSA (Kingdom of Saudi Arabia) dalam bahasa Inggris banyak digunakan sebagai terjemahan dari Bahasa Arabnya. Jadi, ada pula yang menyebutkan hanya 'Saudi Arabia'. Maka yang dimaksud adalah Kerajaan Arab Saudi. 

Ada kalanya, penggunaan nama Arab Saudi tidak penuh ditulis atau diucapkan. Sering hanya ditulis negara Arab, sebenarnya yang dimaksud adalah Kerajaan Arab Saudi. Seperti telah ditulis sebelumya, negara di Jazirah Arab ada banyak.

Lain lagi dengan orang Jawa. Penutur Jawa lebih mengenal kata Arab saja daripada Arab Saudi. Maka sering terdengar ucapan:

Pamanku kerja nang negara Arab (baca: Pamanku kerjo nang negoro Arab)

Yang dimaksud dengan negara Arab dalam kalimat di atas adalah Kerajaan Arab Saudi.

Sementara, penutur bahasa Madura lebih sering menggunakan nama Saudi saja jika menyebutkan wilayah yang sekarang dimpimin oleh Raja Salman tersebut. Maka ada ucapan:

mon deteng deri saudi, biasannah benyak pessena.

(kalau sudah datang dari -kerja di- Saudi, biasanya punya banyak uang).

Orang penutur Madura biasanya mengguakan kata saudi saja. 

Jadi, penerjemahan yang benar dalam bahasa Indonesia adalah Kerajaan Arab Saudi.

Penerjemahan nama negara memang sering terkendala dengan bahasa asal yang digunakan, Contoh New Zeland diterjemahkan menjadi Selandia Baru. Nipon daalam bahasa Inggris disebut Japan dalam bahasa Indonesia disebut Jepang. Maladewa, nama negara yang terkenal akan keindahan pantainya ini di Indonesia sudah tergeser oleh istilah bahasa Inggrisnya yaitu Maldives.

Posting Komentar untuk "Arab Saudi ataukah Saudi Arabia | Mana yang Benar"