Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti Valentine dalam Bahasa Indonesia

14 Februari yang identik dengan perayaan Valentine’s Day alias Hari Valentine selalu memunculkan pro kontra. Tidak sedikit pemberitaan yang mengabarkan aksi demo menolak valentine. Tidak sedikit pula, kegiatan dan promo yang berkaitan dengan hal itu.

Selanjutnya, Valentine selalu dikaitkan dengan kata kasih sayang, cinta, dan pengorbanan. Hal ini didasarkan pada legenda di Eropa yang berkaitan dan saint Velentine alias Santo Valentinus. Dikisahkan bahwa, valentine alias valentinus adalah tokoh yang mengajarkan kasih sayang. Bahkan dipenggal oleh penguasa di zaman itu karena menentang larangan dari raja.

Larangan yang ditentang oleh Santo Valentine adalah larangan bagi prajurit untuk menikah. Menikah adalah hak asasi manusia termasuk para prajurit. Maka dari itu, sang santo tetap membantu prajurit yang ingin menikah.


Akan tetapi, kisah itu tidak dilandasi peristiwa yang nyata dan benar-benar terjadi. Tidak memiliki landasan historis yang kuat. Hanya berdasarkan cerita dari mulut ke mulut. Oleh karena itu gereja Katolik akhirnya menarik perayaan Hari Valentine sebagai salah satu perayaan hari besar Katolik.

Terlepas dari itu, artikel ini tidak akan membahas kontroversi perayaan hari Valentine di Indonesia. Tetapi akan membahas makna kata Velentine dan kata-kata lain yang berkaitan dengan Velentine.

Berikut ini daftar kata dan hal yang berkaitan dengan Valentine: Coklat, Bunga Mawar, Hati, dan Hadiah. Velentine juga identik dengan kata cinta, kasih, sayang, dan nembak.

Valentine dalam Bahasa Indonesia

Sebagai representasi dari Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat telah memuat lema Valentine dengan V kapita. Hal ini menunjukkan bahwa kata Valentine telah dikenal juga dalam perbendaharaan kata atau kosakata Bahasa Indonesia.

Keterangan cara membaca kata Valentine yang ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah /valentin/ bukan /valentain/ yang sering didengar selama ini. Lema atau kata Valentine terdapat pada halaman 1543.

Penjelasan kata Valentine yang terdapat pada halaman 1543 KBBI tersebut tidak banyak. Bahkan bisa dikatakan tidak ada penjelasan sama sekali. Pada halaman tersbut, kata Valentine dirujuk pada kata hari. Maksudnya, untuk mengetahui penjelasan mengenai kata valentine bisa melihatnya dalam lema hari.

Kata atau lema hari dalam KBBI Pusat Bahasa Edisi Keempat terdapat pada halaman 483-484. Kata valentine berkaitan dengan dua frasa dan idiom. Yaitu dalam frasa Hari Kasih Sayang dan Hari Valentine.

Kata Hari Kasih Sayang terdapat pada halaman 483 dengan dua penjelasan makna, yaitu: 1) hari untuk menyampaikan penghormatan kepada Santo Valentinus; 2) hari untuk menyampaikan hadiah atau salam, khususnya kepada orang yang dikasihi (pada setiap tanggal 14 Februari).

Frasa Hari Valentine dalam KBBI Pusat Bahasa terdapat pada halaman 484 dengan penjelasan: hari penyampaian  atau pernyataan kasih sayang (pada tanggal 14 Februari).

Meskipun sudah diakui dan masuk ke dalam kosakata Bahasa Indonesia, kata Valentine tidak memiliki sinonim dalam Bahasa Indonesia. Tidak memiliki padanan kata yang berkaitan. Maka dari itu, kata ini tidak ditemukan dalam Tesarurus Alfabetis Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Kamus Sinonim).

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa kata Valentine sudah diakomodasi dalam Bahasa Indonesia, menandakan pula bahwa Bangsa Indonesia juga turut serta dalam tradisi Valentine. Meskipun sebagian besar penduduknya adalah muslim. Sementara, hari Valentine yang diperingati pada tanggal 14 Februari awalnya adalah peringatan seorang santo, pemuka agama Katolik.

Penggunaan Valentine di Indonesia

Kata Valentine digunakan oleh masyarakat Indonesia tidak hanya untuk menyebut sebuah perayaan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Februari, tetapi juga digunakan sebagai nama. Orang Indonesia, terutama penggemar MotoGP pasti sudah tidak asing dengan nama Valentino Rossi. Valentino Rossi adalah pembalap MotoGP terkenal dari Italia.

Ada pula nama Valentino Simanjuntak yang lebih terkenal dengan nama panggilan Valent. Dia adalah seorang pembawa acara olah raga, tepatnya pembawa acara siaran sepak bola. Valent terkenal berkat pembawaannya yang khas saat menyiarkan pertandingan sepak bola. Dia memiliki kata-kata yang khas yaitu Jebret Jebret Jebret saat  tercipta gol dalam sebuah pertandingan.

Mungkin masih ada banyak lagi nama Valent, Valentino, Valentina, Valentinus, atau Valentini di Indonesia.

Bagaimana dengan Anda? Merayakan Valentine?

Posting Komentar untuk "Arti Valentine dalam Bahasa Indonesia"