Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Adu| Contoh Peribahasa Mengandung Kata Adu dan Penjelasan serta Artinya


Kata adu yang terdapat pada peribahasa ini adalah kata adu yang bermakna kata kerja. Bukan kata adu yang merupakan kata seru.

Berikut ini merupakan peribahasa yang mengandung kata adu yang beredar dan tumbuh serta ditemukan dalam masyarakat nusantara. Ada empat peribahasa tentang kata adu.


Contoh Peribahasa yang Mengandung Kata Adu berserta Penjelasan Artinya


Berikut peribahasa tersebut beserta arti dan penjelasannya:

1. Mengadu tuntung jarum

Artinya menyatukan pikiran cerdik pandai itu sangat susah. Tuntung adalah bagian ujung jarum yang lancip. Peribahasa ini merupakan pengandaian yang sangat sulit dilakukan. Maksudnya, orang yang sama-sama cerdik pandai dalam berpendapat akan sangat sulit menyatukannya. Tidak mungkin mudah untuk sependapat. Mereka pasti saling adu argumen dengan sangat sengit.

2. Mengadu ujung penjahit

Peribahasa ini mirip dengan peribahasa nomor satu di atas. Artinya mengasah pikiran cerdik pandai. Pasti sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan.

3. Mengadu petah lidah

Artinya mengadu kepandaian berdebat. Petah adalah adverbia yang memiliki arti lancar dalam bertutur kata, fasih berbicara, pandai bercakap-cakap. Jadi, mengadu petah lidah adalah mengadu kepandaian berbicara. Adu argumen kalau bahasa sekarang.

4. Mengadu nasib

Artinya menyabung nasib. Mengadu dalam hal ini adalah membuat nasibnya sebagai barang aduan. Maksudnya adalah mempertaruhkan nasib atau keadaan.

Kata ini biasanya digunakan untuk menggambarkan orang yang bertekad untuk menjalani kehidupan baru yang masih belum tentu.


Demikian penjelasan arti peribahasa tentang kata ADU, semoga memberikan manfaat. Baca juga peribahasa lainnya dalam label : PERIBAHASA

Posting Komentar untuk "Adu| Contoh Peribahasa Mengandung Kata Adu dan Penjelasan serta Artinya"