Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Kumpulan Pantun Pramuka Keren 2021

Contoh Kumpulan Pantun Pramuka Keren


Pramuka adalah kepanduan Indonesia, menjadi bagian dari pandu seluruh dunia. Pramuka, merupakan akronim dari praja muda karana, para pemuda yang berkarya. Itu makna asalnya.

Pramuka identik dengan perkemahan yang diisi dengan kegiatan-kegiatan lomba. Jenis perlombaan yang diselenggarakan dalam kegiatan-kegiatan pramuka berkaitan dengan keterampilan, kemandirian, kekompakan, dan keilmuan serta kesenian.

Gambar Katun Pramuka Karya Muntijo dari Muntijo.wordpress.com


Tentu dengan tidak mengesampingkan pendidikan umat beragama yang baik. Maka dari itu, dalam setiap perkemahan, diberi waktu dan diajak untuk salat berjamaah bagi pemeluk agama Islam.

Kegiatan Pramuka, selain identik dengan penyalaan api unggun, juga diisi dengan kegiatan kreasi dan seni. Biasanya kegiatan yang dilombakan pada malam hari dalam pramuka berkaitan dengan seni baik tarik suara, musik, tari, dan segala jenis seni lainnya.

Kegiatan yang tidak kalah seru saat perkemahan dan kegiatan Pramuka yang lainnya adalah lomba adu pantun. Lomba Pantun Pramuka biasanya diadakan untuk mengisi waktu luang di antara jeda kegiatan yang lain. Yang perlu diketahui, mata lomba dan kegiatan yang diselenggarakan dalam Perkemahan Pramuka selalu banyak, rapat. Hal ini untuk melatih kesiapan para peserta dalam menghadai tantangan zaman. Harus selalu siap, dan bisa.

Maka dari itu, di tengah padatnya kegiatan dan acara, lomba pantun pramuka menjadi penghibur sendiri di bumi perkemahan.

Sering kali, para peserta kemah pramuka kesulitan membuat pantun, apalagi jika harus spontan di atas panggung, pasti kesulitan. Pantun yang muncul biasanya pantun-pantun klasik yang sudah ada sejak dulu kala.....

Contoh pantun klasik yang muncul dalam kegiatan pramuka:

Kalau ada sumur di ladang
Boleh kita menumpang mandi
Kalau ada umur yang panjang
Boleh kita bertemu lagi

Pantun di atas menjadi pantun andalan, yang sudah diajarkan di bangku sekolah dasar. Tidak ada yang salah dengan pantun tersebut, malah sangat benar. Bagus juga pesan moralnya. Tetapi, masak tidak ada variasinya yang baru.

Pramuka sebagai wahana melatih kreativitas harusnya mampu membuat pantun yang sama sekali baru. Baik pantun tentang pramuka, maupun pantun tentang kegiatan pramuka. 

Berikut ini adalah contoh kumpulan pantun pramuka yang bisa digunakan untuk kegiatan perkemahan.

Pramuka putra pakai baret
Pramuka putri pakai topi
Ikut kemah awalnya seret
Tapi bisa bahagiakan hati

Pantun di atas cocok untuk menggambarkan kegiatan pramuka yang berat tetapi juga selalu berisi kebahagiaan. Apalagi jika bisa menyelesaikan tugas yang diberikan. Kebahagiaannya tidak hanya saat kemah pramuka, tapi juga setelahnya. Pantun di atas menggambarkan itu.

Tenda dibuka diikat tali
Talinya banyak berwarna putih
Pramuka itu generasi peduli
Rela menolong tanpa pamrih

Pantun di atas cocok untuk menggambarkan kegiatan pramuka yang selalu ikhlas mengabdi. Mengabdi untuk kegiatan kemanusiaan dan lingkungan. Tenda dan tali berwarna putih juga identik dengan pramuka. Jadi, baik sampiran maupun isi pantun di atas benar-benar identik dengan pramuka.

Besar pasak dari tiang
Tiang bendera dari tongkat
Wahai kakak selamat siang
Dari kami semua salam hormat

Pantun di atas cocok untuk kegiatan pramuka yang baru dibuka. Juga cocok untuk membuka sebuah acara dan pidato. Maksudnya cocok untuk mengawali kegiatan pramuka. Salam sapaan dalam pramuka adalah panggilan 'kakak'. Setua apapun, sekecil apapun tetap dipanggil Kak. Dengan pantun di atas maka sangat pas untuk kegiatan pramuka. Baik saaat kemah maupun saat rapat atau pertemuan dewan kerja cabang, dewan kerja ranting, maupun dewan racana.

Malam hari menyalakan api
Api besar disebut api unggun
Wahai kakak yang baik hati
Sabarlah agar tetap anggun

Pantun di atas cocok digunakan dalam acara pramuka yang berlangsung malam hari. Karena berkaitan dengan api unggun. Sapaan itu juga bisa berisi sindiran bagi kakak pramuka yang suka marah-marah. 

Pramuka sejati pasti mandiri
Mandiri itu tahan banting
Salam Pramuka semua di sini
Saya di sini yang ganteng paling

Pantun di atas tidak untuk menyombongkan diri, melainkan untuk menghibur para pendengar dengan cara bercanda. Dengan susunan yang kurang baku, membuat pantun pramuka tersebut menjadi lebih menarik. Apalagi ada kepercayaan diri yang besar. Pasti akan memunculkan riuh penonton. 


Selamat berpantun, Selamat Berpramuka! Download juga ya contoh pantun yang lain....

3 komentar untuk "Contoh Kumpulan Pantun Pramuka Keren 2021"

  1. Kumpulan pantun mengenai pramuka yang mantap jiwa, gan
    Salam pramuka.

    BalasHapus
  2. Bukannya baris 1-2 gk ada hubungannya sama baris 3-4 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh lah ada hubungannya. Tapi tetap berupa sampiran.

      Hapus