Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Kata dan Istilah dalam Bahasa Indonesia

Perbedaan Kata dan Istilah dalam Bahasa Indonesia

Sebelum membahas perbedaan antara kata dan istilah ada baiknya diketahui dahulu pengertian keduanya. Berikut ini pengertian kata dan istilah dari segi  ilmu bahasa.

Pengertian Kata

Pengertian kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan  kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa. Selain pengertian di atas, kata juga sering dianggap sebagai persamaan untuk ujar dan  bicara.
Perbedaan Kata dan Istilah juga sudah mulai dikenalkan pada pelajar SMP


Pengertian dalam KBBI, kata dilihat dalam istilah linguistik memiliki dua penjelasan yaitu: a) morfem atau kombinasi morfem, oleh bahasawan disebut  sebagai satuan terkecil yang dapat diujarkan sebagai bentuk yang bebas. b) satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri  sendiri, terjadi dari morfem tunggal atau gabungan morfem.

Sementara itu, ada berbagai pengertian kata ditinjau dari berbagai sudut pandang cabang ilmu bahasa. Pengertian kata dapat dilihat dari segi ortografi, fonologi, pendekatan morfologi, dan pendekatan sintaksis, serta pendekatan semantik.

Pengertian kata dari sudut pandang ortografi. Kata adalah deretan huruf-huruf tertentu yang diapit oleh dua spasi (di awal dan akhir) yang memunyai satu arti.  Sementara dalam ortografi bahasa Arab, kata dibatasi pada bentuk penulisan yang terdiri dari tiga huruf, yaitu berposisi sebagai fa fi’il (huruf awal); ain fi’il (huruf tengah), lam fi’il (huruf akhir).

Pengertian kata dari sudut pandang fonologi. Kata adalah  bentuk yang memunyai susunan fonologi yang tetap atau stabil.  Artinya, urutan fonem (huruf) yang membentuk susunan tersebut tidak bisa berubah ubah. Harus tetap. Contoh kata /BUKU/ harus disusun dalam urutan yang tetap, kalau diubah susunannya tidak dapat dipahami, misalnya /UBUK/. Bisa juga dapat memiliki makna tetapi artinya berubah, misalnya /KUBU/. Kata /buku/ dan /kubu/ jelas memiliki arti yang berbeda.

Pengertian kata dari sudut pandang morfologi. Kata adalah satuan terbesar dalam kajian morfologi yang terbentuk atau dibentuk melalui salah satu proses pembentukan kata. Misalnya melalui proses afiksasi, pemberian imbuhan. Misalnya kata /kerja/ mendapat imbuhan pe- menjadi /pekerja/. Kata /pekerja/ merupakan kata yang dibentuk melalui proses morfologi.

Pengertian kata dari sudut pandang sintaksis. Kata adalah satuan terkecil dalam sintaksis yang memunyai kemungkinan mobilitas  dalam kalimat. Maksudnya mobilitas adalah kemungkinan berpindah tempat dari urutan satu digantikan oleh urutan kalimat lain. Asalkan tetap masih dalam satu kalimat.

Pengertian kata dari sudut pandang semantik. Kata adalah satuan bahasa yang memiliki makna leksikal. Yaitu makna yang secara inheren (melekat) pada kata itu. Pengertian kata dari sudut pandang ilmu semantik, kata dapat  memiliki makna leksikal, ada pula kata yang tidak memiliki makna leksikal, tetapi hanya memiliki tugas ramatikal. Pengertian Makna Leksikal dan Makna Gramatikal.

Pengertian Istilah

Istilah merupakan serapan dari bahasa Arab (الاصطلاح)  baca al-ishtilaahu. Kata ini memiliki kata dasar (masdar, dalam Bahasa Arab), sholaha (صلح). Kata dasar ini juga yang membentuk kata sholeh (صالح). Kata ‘sholaha’ dalam bahasa Arab memiliki beberapa pengertian, antara lain: baik, bagus, cocok, dan sesuai.

Kata istilah (الاصطلاح) dalam bahasa Arab memiliki arti  kebiasaan dan pemakaian. Bisa juga dimaknai sebagai yang biasa dipakai atau yang lumrah.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ada beberapa pengertian lema ‘istilah’.
1)  kata atau gabungan kata yang dengan cermat  mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas di bidang tertentu;
2) sebutan atau nama julukan;
3) kata atau ungkapan khusus.

Sampai pada penjelasan ini, sudah mulai tampak perbedaan kata dan istilah.

Selanjutnya, pengertian istilah menurut pendapat ahli. Istilah adalah kata atau gabungan kata yang maknanya sudah tetap, tepat, pasti, jelas, dan mantap. Istilah hanya digunakan panjang dan lebar di bidang ilmu tertentu. Jadi bersifat khusus.

Dari penjelasan pengertian kata dan istilah, dapat diketahui bahwa hubungan dan perbedaan antara kata dan istilah memiliki perbedaan.

Perbedaan antara kata dan istilah. Sama-sama bisa bersumber dari satu kata yang sama. Perbedaan kata dan istilah meliputi perbedaan makna. Jadi, perbedaan antara kata dan istilah merujuk pada penggunaannya.

 Contoh penjelasan perbedaan antara kata guru dan istilah guru.

Kata guru sebagai kata, memiliki makna yang lebih luas. Memiliki makna yang sangat umum. Artinya adalah orang telah mengajari untuk mengerti sesuatu. Sementara kata ‘guru’ sebagai istilah (misalnya istilah dalam bidang pendidikan) memiliki makna ‘orang yang berprofesi untuk mengajari siswa di sekolah’.

Demikian penjelasan mengenai pengertian kata dan istilah serta perbedaannya. Semoga dapat memberikan manfaat. Jangan lupa baca dan download materi perbedaan kata yang lain juga.

3 komentar untuk "Perbedaan Kata dan Istilah dalam Bahasa Indonesia"

  1. Terima kasih, sangat bermanfaat untuk tugas pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah :)

    BalasHapus
  2. Bermanfaat banget

    BalasHapus
  3. Terimakasih, lengkap pembahasannya

    BalasHapus