Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti Hizbut Tahrir alias HTI dalam Bahasa Indonesia

Arti Nama Hizbut Tahrir alias HTI, makna per kata dalam Bahasa Indonesia

Hizbut Tahrir menjadi perhatian pemberitaan, pada hari sama dengan pembacaan vonis untuk Basuki Tjahaja Purnama untuk kasus penistaan agama. Hizbut Tahrir apa sih?

Hizbut Tahrir adalah sebuah organisasi. Menurut mereka, itu merupakan partai politik. Maka ikut memikirkan hubungan politik. Kemudian tidak mengikuti pemilu karena menentang sistem politik Indonesia yang demokrasi. Demokrasi bertentangan dengan agama. Itu menurut mereka.


Mereka mengaku mencintai Indonesia, maka harus mengubah sistem Indonesia yang Pancasila berdasarkan Islam, mereka menganggap Islam sebagai satu-satunya sistem terbaik.

Hizbut Tahrir adalah organisasi lintas negara, tidak hanya di Indonesia yang disebut HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) tetapi juga ada di beberapa negara. Mereka memiliki identitas berupa Bendera Hitam dan Bendera Putih dengan tulisan laa ilaha illallah dalam aksara Arab.

Sebenarnya apa arti Hizbut Tahrir yang di Indonesia disebut HTI, Hizbut Tahrir Indonesia. Hizbut Tahrir berasal dari bahasa Arab, yaitu hizb dan attahrir. Dalam aksara Arab ditulis حزب التحرير . Hizb (حزب) artinya tentara. Bangsa Indonesia sudah mengenal kata hisbulloh yaitu pasukan pejuang rakyat beragama Islam yang pada masa perang kemerdekaan ikut berperang melawan Belanda dan Sekutu.

Sementara tahrir (التحرير) artinya ‘pembebasan (dari ikatan pebudakan)’. Berasal dari kata dasar harra (حرّ) yang memiliki arti panas; merdeka; bebas; baptis (lihat Kamus Al-Munawwir Arab Indonesia Terlengkap halaman 251-252).

Jadi, secara harfiah arti Hizbut Tahrir adalah Tentara Pembebasan, karena ada di Indonesia maka namanya adalah Tentara Pembebasan Indonesia. Dalam bahasa Inggris, sama saja artinya dengan Liberation Army nama yang biasa digunakan oleh para separatis dan pejuang. Misalnya di Palestina pernah dikenal PLO (Palestinian Liberation Organization/ Organisasi Pembebasan Palestina).

Jadi, berdasarkan arti namanya, seolah-olah Indonesia masih belum merdeka, belum bebas. Maka dibutuhkan sebuah tentara yang hendak membebaskan Indonesia. Dimerdekakan dari sistem yang tidak Islami (menurut mereka).

Oh iya, tambahan. Di Indonesia juga ada organisasi sayap Muhammadiyah di bidang kepanduan yang dikenal dengan nama HW singkatan dari Hizbul Wathan. Meskipun namanya mirip, tetapi adalah oraganisasi yang berbeda bahkan beda jauh.

Variasi penulisannya adalah hizb al-wathan (حزب الوطن). Wathan kata dasarnya memiliki makna tempat tinggal, sama halnya dengan tanah air. Maka, hizbul wathan adalah tentara tanah air, yang siap membela negara. Sementara hizb attahrir atau hizbut tahrir memosisikan Indonesia dalam kondisi terjajah yang masih harus dibebaskan, dimerdekakan.
Ini penjelasan arti Hizbut Tahrir dari segi linguistik, penjelasan arti kata pada nama. Jika ada pihak yang merasa tersinggung, kami tidak bermaksud menyinggung. J

4 komentar untuk "Arti Hizbut Tahrir alias HTI dalam Bahasa Indonesia"

  1. Kurang tepat dikatakan tentara pembebasan. HIZB tahrir itu partai pembebasan

    BalasHapus
  2. Sudah menjadi makna PARTAI PEMBEBASAN

    BalasHapus
  3. dari artinya sdh mengundang tanda tanya,harusnya ada di Palestina

    BalasHapus