Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti Kata Romantis, Penggunaan dan Persamaan Katanya dalam Bahasa Indonesia

Pernah menggunakan kata ‘romantis’? Sudah paham artinya ataukah masih bertanya-tanya apakah yang dimaksud dengan romantis? Berikut penjelasan lengkap tentang kata romantis.

Kata Romantis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti:
a bersifat seperti dalam cerita roman (percintaan); bersifat mesra; dan mengasyikkan. (Lihat KBBI, 2008 halaman 1180).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai standar acuan, juga ada kata romantik. Masih di halaman yang sama, kata tersebut dirujuk ke kata romantis. Jadi, artinya sama. Hal ini sama dengan perbedaan fonem (huruf) s dan k pada fanatik – fanatis; fonetik – fonemis; romantik – romantis. Perbedaan s dan k tidak mengubah arti.


Kata romantis merupakan istilah yang menduduki kelas kata sebagai adverbia diberi kode a dalam KBBI. Adverbia adalah istilah linguistik yang memberikan keterangan pada verba, adjektiva, nomina predikatif, nomina predikatif. Adverbia bisa dirangkai menjadi frasa yang diawali dengan kata sangat; lebih; tidak. Jadi, romantis bisa menjadi penjelasan. Misalnya Dia sangat romantis.

Arti romantis dalam KBBI dijelas sebagai seperti roman. Berarti kata romantis asal-usul istilahnya berasal dari kata (akar kata) roman. Sementara kata roman dalam bahasa Indonsia ada empat yaitu:

Roman yang berarti raut muka
Roman yang berarti cerita
Roman yang berarti sekam (kulit padi)
Roman yang berarti jenis huruf = Times New Roman.

Berdasarkan arti dari kata romantis, kata romantis berasal dari kata roman yang kedua, yaitu yang berarti cerita khususnya cerita tentang percintaan.

Kata lain yang masih berkaitan dengan romantis yang terdapat dalam bahasa Indonesia adalah: romanistik; romansa; romantika; romantikus; romantisme.

Berikut ini arti masing-masing kata di atas yang terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Romanistik n pengetahuan tentang bahasa dan kesusastraan Latin, Prancis, Spanyol, Italia, Portugis, dan Romania.

Mungkin asal kata roman dan romantis diambil dari nama negara Romania atau Rumania. Kode n pada penjelasan arti kata di atas menunjukkan bahwa kata romanistik merupakan nomina atau kata benda.

Romansa n novel atau kisah prosa lainnya yang memiliki ciri khas tindakan kepahlawanan, kehebatan, dan keromantisan dengan latar historis (sejarah) atau imajiner.

Dari penjelasan arti di atas, kata romansa juga berkaitan dengan percintaan yang membalut cerita perjuangan.

Romantika a  lika-liku atau seluk-beluk yang mengandung sedih dan gembira.

Dilihat dari artinya, romantika ini sama dengan peribahasa pahit manis kehidupan atau asam garam kehidupan.

Romantikus n 1. Penganut roman romantik; 2 pengarang cerita roman.

Jadi, yang dimaksud romantikus adalah satu orang sekaligus yaitu pengarang cerita roman yang isi romannya adalah roman percintaan.

Rmantisisme n 1 haluan kesusastraan akhir abad ke-18 yang mengutamakan perasaan, pikiran, dan tindakan spontanitas; 2 aliran dalam seni khususnya drama yang mengutamakan imajinasi, emosi, dan sentimen idealisme.


Persamaan Kata Romantis

Dilihat dari penjelasan arti romantis yang lengkap di atas, dapat diketahui bahwa kata romanti memiliki arti yang sama dengan mesra dan cinta. Jadi, sama juga dengan kata indah. Juga sama artinya dengan kata rayuan meskipun dalam beberapa batasan romantis belum tentu merayu.

Penggunaan Kata Romantis

Kata-kata romantis acap kali identik dengan percintaan. Sehingga, yang biasanya romantis adalah antara pasangan kekasih, baik yang masih bermesra-mesraan dengan pacar atau sepasang suami istri.

Pada dasarnya kata romantis juga bisa digunakan oleh keluarga, misalnya hubungan antara orang tua dengan anak. Bukankah dalam keluarga juga ada rasa saling cinta antara orang tua dan anaknya. Akan tetapi, dalam keluarga istilah yang paling sering digunakan adalah harmonis, bukannya romantis.

Berikut ini contoh kata romantis yang tidak menggombal:

Ijinkanlah aku menyapamu di pagi ini, bersama mentari yang selalu tersenyum pada dunia.

Ini adalah kata-kata romantis yang bisa diucapkan kepada pasangan ketika pagi hari.

Malam boleh datang, bintang boleh menghilang, dalam langit mendung, tetapi sayang. Tetaplah jiwamu bersamaku agar jiwaku tetap terang.

Ini adalah kata-kata romantis yang bisa diucapkan pada malam hari.

Kata-kata romantis yang biasa diucapkan Cak Rat kepada Ning Rat justru sangat aneh, begini:

Ning, tetaplah menggila bersamaku.

Menurut Cak Rat dan Ning Rat, kata-kata itu sangat romantis, sangat mesra. Menurut mereka menggila itu menjadi diri sendiri, tidak perlu malu. Misalnya tidak perlu malu ketika masih belum bisa beli barang seperti tetangga. Tidak perlu malu dengan kondisi yang masih pas-pasan. Tidak perlu malu juga ketika dianggap bodoh karena harus melakukan hal yang benar. Jadi, menurut mereka menggila adalah kondisi paling mesra di antara mereka.

Bagaimana kata-kata paling romantis menurut kalian?

Posting Komentar untuk "Arti Kata Romantis, Penggunaan dan Persamaan Katanya dalam Bahasa Indonesia"