Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Roman Picisan itu Karya Rendahan | Penjelasn Arti dan Asal-usul Kata Picisan

Saya sempat kaget ketika menonton televisi dan ada sinetron alias sinema elektronik dengan judul Roman Picisan. Saya jadi berpikir, ini kreatornya memahami arti roman picisan atau tidak. Atau sekadar bikin judul saja. Tokoh utamanya adalah Roman. Ini apa lagi artiya. Padahal roman artinya wajah; cerita; sekam dan jenis huruf.

Sebelum dikenal sebagai judul sinetron, kata roman picisan juga dipakai oleh Ahmad Dhani sebagai judul salah satu lagu grup band Dewa 19.

Judulnya persis, Roman Picisan

Begini lirik lengkapnya
:

Tatap matamu bagai busur panah
Yang kau lepaskan ke jantung hatiku
Meski kau simpan cintamu masih
Tetap nafasku wangi hiasi suasana
Saat ku kecup manis bibirmu

Cintaku tak harus, miliki dirimu
Meski perih mengiris-iris segala janji

Aku berdansa di ujung gelisah
Di iringi syahdu lembut lakumu
Kau sebar benih anggun jiwamu
Namun kau tiada...menuai buah cintaku
Yang ada hanya sekuntum rindu

Malam-malamku bagai malam seribu bintang
Yang terbentang di angkasa bila kau disini
'Tuk sekedar menemani, 'tuk melintasi wangi
Yang s'lalu tersaji di satu sisi hati...

Dari lirik lagu di atas, memang lagu Roman Picisan karya Ahmad Dhani semata-mata menjelaskan tentang rasa cinta. Sudah itu saja. (Baca Juga: Makna Lirik Lagu Roman Picisan Dewa 19 Karya Ahmad Dhani)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ada frasa roman picisan di bawah lema roman yang ketiga. Arti Roman Picisan dalam KBBI adalah: cerita roman yang rendah mutunya karena hanya berisi cerita percintaan saja.

Roman Picisan pada awalnya adalah penyebutan untuk karya sastra roman yang tidak ‘berisi’. Hanya berisi kisah cinta tanpa ada muatan yang lebih bernilai. Misalnya ajaran tradisi, atau ajaran dan nilai kebangsaan sama sekali tidak muncul.

Maka, para kritikus dan pengamat sastra ketika roman (novel) menjadi arus utama pada masa sebelum merdeka menyebut karya sastra yang tidak bernilai adalah karya sastra picisan alias cerita picisan alias roman picisan.

Ini kok malah dijadikan judul sinetron. Apakah sinetron itu tidak bermutu atau bermutu rendah.

Silahkan ditafsiri sendiri. Bagi penikmatnya pasti dianggap bagus-bagus saja.

Penjelasan Arti Kata Picisan

Kata picisan berasal dari kata picis. Kata picis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terdapat pada halaman 1070. Pengertian kata picis adalah ark n uang yang bernilai sepuluh sen. Kode ark menandakan bahwa kata itu merupakan kata arkais atau yang sudah tidak dipakai atau sangat jarang dipakai lagi.

Jadi, uang yang sangat kecil. Sangat murah. Maka, untuk menyebut sastra yang sangat rendah nilainya disamakan dengan picis. Jadilah istilah picisan.

Kata picis juga digunakan oleh sebagian penutur  bahasa Jawa. Ada beberapa teman yang menggunakan kata aku gak nduwe picis. Artinya sama dengan aku gak nduwe duit atau ‘saya tidak punya uang’.

Jadi, kata picis dalam percakapan bahasa Jawa di atas artinya adalah uang. Lebih khusus uang yang sangat rendah. Uang yang sangat kecil nilainya.

Semoga sinetron Roman Picisan bukan sekadar roman picisan.

Posting Komentar untuk "Roman Picisan itu Karya Rendahan | Penjelasn Arti dan Asal-usul Kata Picisan"