Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs

Teks prosedur adalah jenis teks yang berisi prosedur atau cara atau tahapan yang bisa dilakukan oleh pembaca. Teks prosedur ada untuk membantu pembaca dalam melaksanakan, membuat, atau melakukan suatu hal.

Ada tiga teks prosedur yang dibahasa dalam tulisan ini, yaitu teks prosedur yang berjudul: Cara Memainkan Angklung; Cara Membuat Obat Radisional Insomnia; dan Cara Melakukan Gerakan Tari Tor-Tor.

Jadi, masing-masing teks prosedur memiliki tujuan sendiri. Berikut ini adalah pembahasan mengenai tujuan sebuah teks prosedur di atas.

Kita lihat tujuan teks prosedur di atas bisa dilihat dari judulnya. Bandingkan ketiga judul tersebut. Pasti diawali dengan kata 'cara'. Jadi ada kemiripannya, semuanya adalah cara untuk. Tinggal disesuaikan dengan judul teksnya.

Judul teks prosedur yang pertama adalah Cara Memainkan Angklung berarti teks tersebut memiliki tujuan untuk memandu orang lain untuk memainkan alat musik angklung dengan urutan yang tepat.

Judul teks prosedur yang kedua adalah Cara Membuat Obat Tradisional Insomnia berarti teks prosedur tersebut bertujuan untuk membantu pembaca agar bisa membuat obat insomnia secara tradisional  dengan langkah-langkah yang tepat.

Judul teks prosedur yang ketiga adalah Cara Melakukan Gerakan Tari Tor-tor. Teks prosedur tersebut memiliki tujuan agar pembaca bisa mengikuti gerakan tari Tor Tor.

Selain memiliki judul yang mirip, yaitu sama-sama cara, teks prosedur tersebut juga memiliki kemiripan lain yaitu berisi point-point yang harus dilakukan. Ada yang menggunakan simbol lingkaran, ada pula yang menggunakan angka untuk menunjukkan tahapan pembuatannya.

Berdasarkan persamaan teks prosedur tersebut, ada persamaan lain yang ada pada teks prosedur di atas, yaitu masing-masing tahapan dan langkah-langkah yang harus dilakukan tidak bisa diubah urutannya. Jika urutannya diubah maka prosedur yang dilakukan tidak akan sukses. Misalnya dalam teks prosedur yang berjudul Cara Membuat Obat Radisional Insomnia langkah  nomro dua dan nomor 1 tidak bisa ditukar tempatnya. Bayangkan saja jika sebuah akar kelapa ditumbuk dulu, baru dipoton, masing-masing 4 cm, maka hal tersebut tidak mungkin dilakukan.

Karena sama-sama memiliki tujuan, maka akan ada hasil yang didapat dari ketiga teks prosedur di atas.

Demikian penjelasan mengenai tujuan sebuah teks prosedur. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs"