Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Menulis Tujuan Struktur Teks Prosedur Cara Melakukan dan Cara Membuat

Salah satu bagian dalam struktur teks prosedur adalah bagian tujuan. Bagian tujuan teks prosedur menjadi semacam pengantar dan pendahuluan sebelum melaksanakan sebuah prosedur. Baik prosedur untuk membuat sesuatu atau prosedur untuk melakukan sesuatu.

Karena bagian tujuan merupakan etalase dari sebuah teks prosedur, maka penampilan dan pembuatan bagian tujuan harus menarik. Hal ini dimaksudkan untuk membuat pembaca lebih menarik mendalami semua bagian teks prosedur.


Selain harus menarik bagi pembaca, bagian tujuan sebuah teks prosedur juga harus menampilkan gambaran umum apa yang akan dan harus dilakukan, serta alasan mengapa kita perlu melakukan itu.

Misalnya, ketika hendak menulis bagian tujuan teks prosedur cara membuat angklung, maka harus mencakup mengapa kita perlu membuat angklung, dan apa saja yang akan kita lakukan. Sehingga, dapat dibuat contoh teks prosedurnya begini:

Angklung adalah sebuah alat musik tradisional asli Indonesia yang sudah diakui dunia. Untuk melestarikan angklung, selain dengan cara memainkannya juga harus bisa membuatnya. Maka dari itu, mari ikuti langkah-langkah cara membuat angklung berikut ini. Semua orang pasti bisa membuat angklung dengan mengikuti langkah yang tepat.

Contoh tujuan di atas sudah mencakup hal  yang sebelumnya dibahas yaitu alasan membuat angklung yaitu karena merupakan warisan budaya asli Indonesia yang sudah diakui dunia. Gambaran cara membuat angklung yang disebut dengan mudah dan semua orang pasti bisa membuat.

Begitu pun dengan bagian tujuan teks prosedur cara melakukan. Minimal juga mencakup kedua hal tersebut, misalnya membuat tujuan teks prosedur cara melakukan tari poco-poco berikut ini:

Poco-poco adalah tari yang sekaligus menjadi gerakan senam. Kita bisa melakukan gerakan tarian sekaligus bisa menyehatkan. Mari ikuti langkah-langkah melakukan gerakan tari poco-poco berikut ini.

Dalam contoh teks prosedur melakukan gerakan tari poco-poco di atas, dapat diketahui alasan harus melakukan gerakan tari poco-poco yaitu bertujuan agar bisa sehat sekaligus berkesenian dengan melakukan gerakan tari.

Berikut ini cara-cara mengembangkan dan menulis bagian tujuan teks prosedur yang lain beserta contohnya.

Diawali Pertanyaan

Sebuah tujuan teks prosedur, apapun jenisnya baik cara membuat maupun cara melakukan bisa diawali dengan kalimat tanya.

Contoh 1

Pernah mengalami kesulitan saat tidur? Itu adalah penyakit insomnia. Untuk mengatasi penyakit itu, bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi obat tradisional. Obat tradisional insomnia bisa kita buat sendiri dengan cara yang mudah dan bahan yang ada di sekitar kita. Berikut cara membuatnya.


Contoh 2

Pernahkan kalian memainkan alat musik angklung? Jika pernah apakah cara memainkannya sudah benar? Angklung adalah alat musik asli Indonesia, kita harus belajar memainkannya agar tidak punah. Mari ikuti langkah-langkah bermain angklung dengan tepat!

Diawali Pernyataan

Selain bisa diawali dengan pertanyaan tentang sesuatu yang akan dibuat atau dilakukan. Sebuah tujuan teks prosedur juga bisa dibuat dengan cara membuat pernyataan yang berkaitan dengan hal yang akan kita buat atau yang akan kita lakukan.

Contoh 1

Tentu kalian sudah tahu apa itu batik. Bahkan juga memiliki pakaian batik. Pakain batik yang kalian kenakan itu membutuhkan proses yang membutuhkan ketelitian ketika membuatnya. Sebuah proses yang merupakan tradisi warisan budaya luhur bangsa. Berikut ini cara membuat batik.

Contoh 2

Biopori adalah salah satu cara untuk mengatasi genangan air, kesulitan air tanah, sekaligus cara menyuburkan tanah dengan komposnya. Mengingat betapa besar fungsi biopori, semua harus bisa membuat biopori di lingkungan masing-masing. Mari kita ikuti cara membuat biopori yang bisa dengan mudah kita lakukan. 

Demikian contoh-contoh bagian tujuan teks prosedur dengan masing-masing contoh yang disediakan. Semoga bisa membantu kita agar lebih bisa memahami dan menulis teks prosedur dengan tepat.

Posting Komentar untuk "Contoh Menulis Tujuan Struktur Teks Prosedur Cara Melakukan dan Cara Membuat"