Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ciri-ciri Teks Prosedur dari Isi dan Ciri Bahasanya

Teks prosedur adalah teks yang berisi pemaparan untuk melakukan sesuatu dan memiliki tujuan. Adapun tujuan-tujuan yang teradpat dalam teks prosedur sesuai dengan isi teks. Berikut ini ciri-ciri teks prosedur.

Teks Prosedur memiliki Tujuan

Secara garis besar tujuan teks prosedur adalah untuk menjelaskan kegiatan atau tindakan yang harus dilakukan oleh pembaca, yang dilakukan secara tepat, bertahap, akurat dan sistematis.

Adapun hasil akhir dari tujuan teks prosedur adalah:

- Pembaca dapat membuat sesuatu dengan proses yang tepat;
- pembaca dapat melakukan suatu pekerjaan dengan tepat;
- Pembaca dapat menggunakan alat dengan baik;

Contoh teks prosedur yang memiliki tujuan untuk bisa membuat sesuatu terdapat pada teks prosedur yang berjudul Cara Membuat Obat tradisional Insomnia. Hasil akhir dari teks prosedur tersebut adalah pembaca punya sebuah produk obat yaitu obat tradisional untuk penyakit insomnia.

Contoh teks prosedur yang memiliki tujuan agar pembaca bisa bisa melakukan pekerjaan dengan tepat terdapat apda teks yang berjudul Cara Melakukan Gerakan Tari Tor-Tor. Dalam teks prosedur tersebut, dijelaskan tahapan dan jenis gerakan tari Tor Tor. Jika sudah membaca seluruh bagian teks tersebut kemudian mempraktikkannya, maka pembaca bisa.

Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Teks Prosedur dari Isi dan Ciri Bahasanya"