Contoh RPP KD 3.2 4.2 Teks Deskripsi Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 - Pusat Ilmu dan Pengetahuan

Contoh RPP KD 3.2 4.2 Teks Deskripsi Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Ini adalah RPP yang disusun oleh peserta Bimtek Penerapan Kurikulum 2013 di SMPN 3 Bangsalsari Kabupaten Jember tahun 2017. Bimtek dilaksanakan pada Akhir Mei hingga awal Juni 2017.

RPP ini sudah mencakup tiga ranah Standar Kompetensi Lulusan yang diaharapkan yaitu meliputi Sikap (Sikap Spiritual dan Sikap Sosial); Pengetahuan (Konseptual, Faktual, Prosedural, Metakognitif); serta Keterampilan (Konkret dan Abstrak).

RPP ini juga sudah mengandung Penguatan Pendidikan Karakte (PPK) yang termaktub dalam Indikator, tujuan pembelajaran, serta langkah-langkah pembelajaran.

Penguatan Pendidikan Karakter harus termaktub dalam RPP


Silahkan dibaca RPP berikut ini!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                       : SMP Kita
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester        : VII/ Satu
Materi Pokok            : Teks Deskripsi
Alokasi Waktu           : 4 Pertemuan (12 JP x 40 menit)

A.     Kompetensi Inti

1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2  

Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
3.2.1

3.2.2


3.2.3

3.2.4


3.2.5

Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan, dan tanda baca

4.2
Menyajikan data, gagasan, pesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memerhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis
4.2.1



4.2.2





4.2.3





4.2.4
Merencanakan penulisan teks deskripsi

Menulis teks deskripsi dengan memerhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata, kalimat/tanda baca/ejaan

Menyunting teks deskripsi dengan memerhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata, kalimat/tanda baca/ejaan

Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek


C.        Tujuan Pembelajaran

            Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didikdapat:
1.    merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
2. menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan dengan tepat.
                                                                                                                        
            Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didikdapat:
1.      Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
2.      Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan dengan tepat.

Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didikdapat:
1.      Merencanakan penulisan teks deskripsi dengan tepat.
2.      Menulis teks deskripsi dengan memerhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata, kalimat/tanda baca/ejaan.


Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didikdapat:
1.      menyunting teks deskripsi dengan memerhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata, kalimat/tanda baca/ejaan
2.      menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek secara faktual

Fokus nilai-nilai sikap: teliti, jujur dan bertanggung jawab



D.       Materi Pembelajaran
a.      Faktual

Air terjun Seputih

Sesuai dengan namanya yang terletak di desa Seputih, kecamatan Mayang. Untuk menuju ke lokasi air terjun dari kota Jember menuju arah timur ke Banyuwangi, setelah tiba di SPBU Mayang, belok ke kanan hingga sampai di perempatan dan ambil arah lurus sampai bertemu petunjuk jalan yang bertuliskan arah air terjun Seputih. Selanjutnya perjalanan melewati permukiman penduduk dengan jalan tanah yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua atau motor. Pengunjung bisa menitipkan kendaraannya atau parkir di rumah penduduk di ujung jalan perkampungan, dari sini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan pada musim penghujan cukup licin jadi hati-hati. Setelah sampai di lokasi pengunjung akan disambut suara gemercik air yang memecah kesunyian dengan pemandangan alamnya yang indah yang dihiasi persawahan dan perbukitan dengan pepohonan yang rimbun. Air terjun Seputih ini memiliki dua tingkat, dengan tingkatan pertama lebih landai dan diatasnya lagi terdapat mirip kolam penampungan yang airnya berasal dari air terjun di tingkat dua yang terletak lebih tinggi. Di tempat ini pengunjung bisa berendam sepuasnya merasakan segarnya air pegunungan yang bersih, alami dan dingin.

a)    Konseptual

·         Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian berdasarkan ruang
Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan bagian pintu masuk, bagian tengah, bagian belakang). Perincian ruang juga dapat menyebut nama ruang- ruang dan ciri-cirinya.
Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian- bagian objek
Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan pasirnya, pemandangan tumbuhan dan hewan pantai).
Deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung.
Berisi perincian bagian awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan, mulai meluruh, dan penutup.
Deskripsi bagian berupa pemfokusan
Berisi bagian yang paling disukai dari bagian yang dideskripsikan. Contoh: Bagian yang paling saya sukai dari perpustakaan ini adalah ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah memberikan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.


·         Penggunaan kata khusus

Kata umum adalah kata yang luas ruang lingkupnya dan dapat mencakup banyak hal. Kata kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata khusus adalah kata yang ruang lingkup dan cakupan maknanya lebih sempit. Kata kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata umum dan kata khusus sebenarnya sinonim tetapi dengan makna yang lebih khusus.
Kata Umum
Kata Khusus
Indah
elok, molek, cantik, menawan, menakjubkan, memesona, manis
Melihat
menonton, menyaksikan, memandang, mengamati, dan memerhatikan.
hewan peliharaan
kucing, anjing, kelinci, marmut, hamster, ikan, burung

Kata khusus merupakan sinonim kata umum tetapi dengan tambahan makna atau lebih formal. Misalnya, kata keren dan dahsyat sinonim kata menarik tetapi ragam tidak formal.

·         Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks
1)   Tanda koma (,) dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu peperincian atau pembilangan.
Contoh
Pantai Senggigi berada di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
2)   Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)
3)   Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya ukiran Jepara, sarung Makasar
4)    Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi (Selat Lombok, Teluk Benggala, Jalan Gajah Mada)

·         Penggunaan Kata Depan di dan Awalan di-
Kata depan di berfungsi sebagai kata depan jika diikuti dengan kata keterangan tempat, arah, posisi/ letak. Sebagai kata depan di ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya (di pantai, di belakang, di atas, di bagian barat, di samping). Sebagai awalan di ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya. Dalam hal ini di berfungsi sebagai imbuhan pada kata kerja pasif.

b)    Prosedural
·         Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada bagan berikut.




·         Struktur teks deskripsi sebagai berikut
Identifikasi/ gambaran umum
Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek.

Struktur Teks Tanggapan Deskriptif

1.       Identifikasi

2. Deskripsi Bagian

3. Simpulan/Kesan
 










Deskripsi  bagian
Berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan subjektif penulis. Perincian dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya, komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis). Perincian juga dapat berisi perincian apa yang didengar (mendengar suara apa saja, seperti apa suara-suara itu/penulis membandingkan dengan apa). Perincian juga dapat berisi apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek

c)     Metakognitif
Prinsip penyuntingan teks deskripsi meliputi:
1)     Penggunaan bahasa
2)     Keruntutan struktur

E.      Metode Pembelajaran
      Pembelajaran saintifik

F.      Media Pembelajaran
1.      Contoh teks deskripsi
2.      Kertas Plano
3.      Lembar Kegiatan Belajar Peserta didik (LKBS)

G.      Sumber Belajar
a.    Kemdikbud. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud RI.
b.    Kemdikbud.2017. Buku Peserta didik Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud RI.
c.     Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia.

H.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama (3JP)

Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1.    Guru menyampaikan salam dan berdoa
2.    Guru melakukan menyampaikan KD, tujuan, dan cakupan pembelajaran
3.    Guru mengondisikan kelas dengan memberi motivasi kepada peserta didikterkait materi pembelajaran
15 menit
Inti
Peserta didikdipandu guru membentuk kelompok
1. MENGAMATI
·         Peserta didikmembaca teks deskripsi
·         Peserta didikmengamati model struktur dan kaidah-kaidah teks deskripsi

2. MENANYA
Peserta didikmerumuskan berbagai pertanyaan tentang karakteristik identifikasi dan deskripsi bagian secara mandiri.

3. MENGUMPULKAN INFORMASI
Peserta didikmengidentifikasi definisi dan struktur teks deskripsi (kerjasama)

4. MENGASOSIASI/ MENALAR
·         Peserta didikmenggunakan data yang sudah dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mereka rumuskan.
·         Peserta didikmenghubung-hubungkan data yang diperoleh untuk membuat kesimpulan definisi dan struktur teks deskripsi.
Peserta didikmelengkapi struktur teks deskripsi yang dirumpangkan.
(integritas = jujur)

5. MENGOMUNIKASIKAN
·         Peserta didikmenyampaikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan dan struktur teks deskripsi yang rumpang secara lisan melalui presentasi atau kunjung kerja.
·         Peserta didikmenempelkan hasil kerjanya di papan tempel.
(tanggung jawab)
90 menit
Penutup
1.      Guru memandu peserta didikmelakukan refleksi dengan mengungkapkan hasil yang sudah didapat dan hal-hal yang masih belum diketahui dalam kegiatan belajar mengajar.
2.      Guru memberikan penguatan.
3.      Guru menyampaikan informasi materi pertemuan berikutnya.
4.      Guru bersama dengan peserta didikberdoa dan menutup kegiatan pembelajaran dengan ucapan salam.
15 menit


Pertemuan Kedua (3 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1.   Guru menyampaikan salam dan berdoa
2.    Guru melakukan menyampaikan KD, tujuan, dan cakupan pembelajaran
3.    Guru mengondisikan kelas dengan memberi motivasi kepada peserta didikterkait materi pembelajaran
15 menit
Inti
Peserta didikdibantu guru membentuk kelompok
1.      Mengamati
  • Peserta didikmembaca dan mengamati contoh penggunaan kata, kalimat, tanda baca/ejaan pada teks deskripsi




2.      Menanya
  • Peserta didikbertanya jawab bersama guru dan teman berkaitan dengan prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan

3.      Mengumpulkan informasi
  • Peserta didikbersama kelompoknya membaca buku peserta didikdan sumber lain yang relevan tentang prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan (teliti).

4.      Mengasosiasi
  • Peserta didikbersama kelompoknya bermain menelaah/memperbaiki penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan (tanggung jawab).

5.      Mengomunikasikan
  • Peserta didikmengomunikasikan hasil kerja kelompoknya dengan kelompok lain dalam bentuk kunjung kerja (percaya diri).
  • Peserta didiksaling menanggapi dan memberi penilaian terhadap hasil kerja kelompok (jujur).
  • Peserta didikmemajang hasil telaah dari segi penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan (tanggung jawab)
90 menit
Penutup
1.      Guru membantu peserta didikmelakukan refleksi dengan mengungkapkan hasil yang sudah didapat dan hal-hal yang masih belum dipahami dala kegiatan belajar mengajar
2.      Guru memberikan penguatan
3.      Guru menyampaikan informasi materi pertemuan berikutnya
4.      Guru bersama dengan peserta didikberdoa dan menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam
15 menit


            Pertemuan Ketiga (3 JP)
Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu

Pendahuluan
1.    Guru menyampaikan salam dan berdoa
2.    Guru melakukan menyampaikan KD, tujuan, dan cakupan pembelajaran
3.    Guru mengondisikan kelas dengan memberi motivasi kepada peserta didikterkait materi pembelajaran
15 menit
Inti
Peserta didikdibantu guru membentuk kelompok
1.      Mengamati
  • Peserta didikmengamati LKBS yang diberikan oleh guru.
  • Peserta didikdalam kelompok mengamati puzzle kerangka teks deskripsi yang diberikan guru.

2.      Menanya
  • Peserta didikbersama teman kelompok dan guru bertanya jawab tentang urutan kerangka teks deskripsi pada puzzle yang telah diterima (percaya diri).

3.      Mengumpulkan informasi
  • Peserta didikbersama kelompoknya mengurutkan puzzle kerangka teks deskripsi berdasarkan materi struktur teks deskripsi yang telah diterima pada pertemuan sebelumnya (tanggung jawab).
  • Peserta didikmenyusun dan menempel urutan puzzle kerangka teks deskripsi pada kertas plano yang telah disediakan guru (tanggung jawab).

4.      Mengasosiasi
  • Peserta didikbersama kelompoknya membuat teks deskripsi berdasarkan urutan puzzle kerangka teks deskripsi sebelumnya (tanggung jawab).

5.      Mengomunikasikan
  • Peserta didikmengomunikasikan hasil kerja kelompoknya dengan kelompok lain dalam bentuk kunjung kerja (tanggung jawab).
  • Peserta didiksaling menanggapi dan memberi penilaian terhadap hasil kerja kelompok. (jujur)
90 menit

Penutup
1.      Guru membantu peserta didikmelakukan refleksi dengan mengungkapkan hasil yang sudah didapat dan hal-hal yang masih belum dipahami dala kegiatan belajar mengajar secara tertulis
2.      Guru memberikan penguatan
3.      Guru menyampaikan informasi materi pertemuan berikutnya
4.      Guru bersama dengan peserta didikberdoa dan menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam
15 menit

           
Pertemuan Keempat (3 JP)
           
Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu

Pendahuluan
1.      Guru menyampaikan salam dan berdoa
2.      Guru melakukan menyampaikan KD, tujuan, dan cakupan pembelajaran
3.      Guru mengondisikan kelas dengan memberi motivasi kepada peserta didik terkait materi pembelajaran
15 menit
Inti
Peserta didik dibantu guru membentuk kelompok
1.      Mengamati
  • Peserta didik mengamati teks deskripsi oleh teman kelompok lain tanggung jawab).
  • Peserta didik dalam kelompok mengamati kesalahan berkaitan dengan kebahasaan (jujur).

2.      Menanya
  • Peserta didik bersama teman kelompok bertanya jawab berkaitan dengan kesalahan penggunaan kebahasaan pada teks deskripsi kelompok lain (percaya diri).

3.      Mengumpulkan informasi
  • Peserta didik bersama kelompoknya menemukan kesalahan penggunaan kebahasaan pada teks deskripsi kelompok lain (jujur).

4.      Mengasosiasi
  • Peserta didik bersama kelompoknya memperbaiki kesalahan penggunaan kebahasaan pada teks deskripsi kelompok lain (tanggung jawab).

5.      Mengomunikasikan
  • Peserta didik mengomunikasikan hasil kerja kelompoknya (percaya diri).
  • Peserta didik saling menanggapi dan memberi penilaian terhadap hasil kerja kelompok (jujur).
  • Peserta didik perwakilan kelompok menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek
90 menit

Penutup
1.      Guru membantu peserta didik melakukan refleksi dengan mengungkapkan hasil yang sudah didapat dan hal-hal yang masih belum dipahami dala kegiatan belajar mengajar
2.      Guru memberikan penguatan
3.      Guru menyampaikan informasi materi pertemuan berikutnya
4.      Guru bersama dengan peserta didik berdoa dan menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam
15 menit


                        I.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.    Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap: Observasi – Jurnal
b.      Penilaian Pengetahuan: Tes tulis – Uraian
c.       Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
2.    Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Sikap:


JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP

Nama Sekolah            : SMP ...
Kelas/Semester          : ...
Tahun pelajaran        : ...
Guru                            : ...

No
Waktu
Nama
Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
TTD Siswa
Renc. Tindak Lanjut
      1.             







      2.             







      3.             







      4.             







      5.             







...








b.      Penilaian Pengetahuan:
Pertemuan Kedua
Isilah teks deskripsi rumpang berikut dengan kalimat yang tepat!
Dari balik tirai hujan sore hari pohon-pohon kelapa di seberang lembah itu seperti penari yang sedang memainkan tubuhnya dengan lincah. Pelepah- pelepah yang kuyup menambah keunikan gerakan sang penari. Batang- batang yang ramping dan meliuk-liuk oleh hembusan angin seperti ..............................................……………………………………………………………………… Ketika angin tiba-tiba bertiup lebih kencang, pelepah-pelepah serempak terjulur sejajar satu arah, seperti .....................................................
Pohon-pohon kelapa itu, tumbuh di tanah lereng di antara pepohonan lain yang rapat dan rimbun. Kemiringan lereng membuat pemandangan seberang lembah itu seperti lukisan ..............................................................
Selain pohon kelapa yang memberi kesan lembut, batang sengon yang kurus dan langsing menjadi garis-garis tegak berwarna putih dan kuat. Ada beberapa pohon aren dengan daun mudanya mulai mekar, kuning, dan segar. Ada pucuk pohon jengkol yang bewarna cokelat kemerahan. Ada bunga bungur yang ungu berdekatan dengan pohon dadap dengan kembangnya yang berwarna merah. Dan batang-batang jambe rowe, sejenis pinang dengan buahnya yang bulat dan lebih besar, memberi kesan purba pada lukisan yang terpajang di sana.







Rubrik Penilaian

Kelas                       : ……………………………….
Materi                     : Melengkapi teks deskripsi yang rumpang

No
Nama
Aspek Penilaian
Ketepatan
Kesesuaian
Tepat
Kurang Tepat
Tidak Tepat
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
1







2







3







4








Keterangan:
Tepat/Sesuai                     : 5
Kurang Tepat/Sesuai       : 3
Tidak Tepat/Sesuai          : 2

Skor yang diperoleh  x 100 = …
Skor maksimal

Pertemuan Keempat
Suntinglah teks deskripsi yang telah dibuat oleh temanmu!

Rubrik Penilaian Kegiatan Menyunting Teks Deskripsi
Kriteria
Skor
Judul

         mengungkapkan objek khusus
4 = jika terdapat 4 unsur
         bukan berupa kalimat
3 = jika terdapat 3 unsur
         menggunakan huruf besar kecil
2 = jika terdapat 2 unsur
         tanpa diberikan tanda titik
1 = jika terdapat 1 unsur
Identifikasi
         terdapat pengenalan objek yang dideskripsikan
         terdapat informasi umum tentang objek
         tidak terdapat kesalahan struktur kalimat
         tidak terdapat kesalahan tanda baca

4 = terdapat 4 unsur/ lebih
3 = terdapat 3 unsur
2 = terdapat 2 unsur
1 = terdapat 1 unsur
Deskripsi
         terdapat penjelasan terperinci fisik objek
         terdapat  perincian  beberapa  bagian  dari objek
         tidak terdapat kesalahan struktur kalimat
         pilihan kosakata yang segar dan bervariasi
         tidak terdapat kesalahan tanda baca

4 = terdapat 4 unsur/ lebih
3 = terdapat 3 unsur
2 = terdapat 2 unsur
1 = terdapat 1 unsur
Penutup
         terdapat simpulan tanggapan terhadap objek
         terdapat kesan terhadap hal yang dideskripsikan
         pilihan kosakata yang segar dan bervariasi
         tidak terdapat kesalahan tanda baca

4 = terdapat 4 unsur/ lebih
3 = terdapat 3 unsur
2 = terdapat 2 unsur
1 = terdapat 1 unsur
Penggunaan bahasa

         terdapat  perincian  bahasa  konkret,  majas untuk menggambarkan seolah-olah pembaca melihat
4 = terdapat 4 unsur/ lebih
3 = terdapat 3 unsur
2 = terdapat 2 unsur
1 = terdapat 1 unsur
         terdapat  perincian  bahasa  konkret,  majas untuk menggambarkan seolah-olah pembaca mendengar

         terdapat  perincian  bahasa  khusus,  majas untuk menggambarkan seolah-olah pembaca merasakan

         terdapat perincian dengan kata konkret


Penskoran
4 = jika terdapat semua unsur
3 = jika terdapat tiga unsur
2 = jika terdapat dua unsur
1 = jika terdapat satu unsur

Skor Akhir = Skor yang diperoleh x 100 = …
                         Skor maksimal


c.       Penilaian Keterampilan:
Buatlah sebuah teks deskripsi berdasarkan petunjuk yang terdapat pada LKBS!

Rubrik Penilaian

Kelas                       : ……………………………….
Materi                     : Membuat teks deskripsi

No
Nama
Aspek Penilaian
Keruntutan
Kesesuaian
Runtut
Kurang Runtut
Tidak Runtut
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
1







2







3







4










Keterangan:
Runtut/Sesuai                   : 5
Kurang Runtut/Sesuai     : 3
Tidak Runtut/Sesuai        : 2

Skor yang diperoleh  x 100 = …
Skor maksimal

3.         Pembelajaran Remedial

Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.    Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih peserta didik belum mencapai ketuntasan.
b.   Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% peserta didik belum mencapai ketuntasan.
c.    Bimbingan perorangan, jika 1-10% peserta didik belum mencapai ketuntasan.

4.         Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didikyang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam makanan dari bahan pangan buah segar yang lain.



      Jember, .......................... 2017
Mengetahui
Kepala SMP




______________________________
NIP. ...

Guru Mata Pelajaran




______________________
NIP. ...







LEMBAR KEGIATAN BELAJAR KELOMPOK
Satuan Pendidikan    : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester        : VII/ 2
Materi Pokok             : Teks Deskripsi
KD                              : 4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memerhatikan struktur, kebahasaan, baik secara lisan dan tulis.

KELOMPOK                : ……………………….
NAMA ANGGOTA      : ………………………..

PANDUAN KEGIATAN
1.        Amatilah puzzle bagian-bagian isi teks deskripsi tersebut!
2.        Buatlah satu pertanyaan tentang bagian-bagian isi teks deskripsi tersebut pada kolom di bawah ini!








3.        Susun dan tempel puzzle bagian-bagian isi teks deskripsi “Sekolah Baruku” tersebut menjadi sebuah kerangka pada kertas plano!
4.        Tunjuklah dua orang teman kelompokmu sebagai wakil berkunjung ke kelompok lain untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompokmu tentang bagian-bagian isi teks deskripsi “Sekolah Baruku”!
5.        Berilah tanggapan tentang hasil presentasi kelompok lain dengan menuliskan tanggapannya pada kertas post-it!
6.        Berdasarkan kerangka bagian-bagian isi teks deskripsi tersebut, buatlah sebuah teks deskripsi pada kolom di bawah ini!



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------







Baik

Banyak

Ramah

Disiplin

Ramah

Bersih

Indah

Ukuran (Besar dan kecil)

Kualitas (kokoh, modern, bagus)

Warna (bercat biru)

Luas

Rindang

Banyak

Sekolah Baruku

Teman

Guru

Halaman

Gedung
Lampiran Lembar Jawaban Susunan Puzzle



































Lampiran Lembar Jawaban Teks Deskripsi

Sekolah Baruku
Liburan telah berlalu, sekarang memasuki tahun ajaran baru. Aku pun masuk ke SMP yang baru pula di kotaku. Gedung sekolahku berukuran besar, kualitas bangunannya kokoh, model bangunannya juga modern. Dan terlihat bagus disertai dengan warna cat dindingnya yang didominasi warna biru.
Sekolah baruku memiliki halaman yang sangat luas, ukurannya hampir seukuran lapangan sepak bola. Di sekelilingnya terdapat banyak pohon, seperti pohon akasia, tiara payung, serta pohon pinus sehingga suasananya menjadi rindang. Taman bunganya juga indah dan tertata dengan rapi. Lingkungannya juga bersih, karena seluruh warga sekolah selalu membuang sampah pada tempatnya.
Guru-guru di sekolah baruku sangat ramah dan perhatian. Ada lebih banyak guru perempuan daripada laki-laki. Mereka selalu datang tepat waktu dan tidak pernah terlambat.
Selain guru, aku juga punya banyak teman baru yang berasal dari berbagai sekolah dasar. Di kelasku terdapat 33 peserta didikyang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Bahasa yang mereka gunakan juga beragam, ada yang berkomunikasi dengan bahasa Madura dan dan bahasa Jawa. Itulah deskripsi tentang sekolah baruku.


Contoh RPP KD 3.2 4.2 Teks Deskripsi Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Contoh RPP KD 3.2 4.2 Teks Deskripsi Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Reviewed by Muntijo & Nay on 12:25:00 Rating: 5

3 comments:

  1. Maaf gan saya hanya memberi tahu, ada beberapa yang perlu direvisi:
    1. tabel terpotong
    2. ada kode yang muncul ditengah halaman.
    Itu beberapa yang perlu diperhatikan. Kalau ada waktu silahkan kunjungi materi dari saya ya:
    1. Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri – ciri, dan Struktur Teks Eksplanasi
    2. Pengertian Teks Eksemplum, Karakteristik, Struktur, dan Ciri – cirinya
    3. Pengertian dan Bagian Teks Anekdot
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. contoh rpp cukup lengkap terimakasih, inin sangat bermanfaat untuk contoh, karena sebelumnya saya belum memperoleh contoh yang sedetil ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal diaplikasikan dan disesuaikan dengan materi dan KD nya.

      Delete

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting