Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Unduh Kumpulan Naskah Soal UN Bahasa Indonesia SMA/SMK

Dua tahun terakhir, pelaksanaan Ujian Nasional untuk tingkat SMA/SMK sudah Berbasis Komputer, alias disebut UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Meskipun sebenarnya sama saja, soal yang diberikan baik yang melalui kertas pensil maupun berbasis komputer. Urusan materi soal sama, tapi media dan cara memberikan jawaban yang berbeda.

Jadi, yang beda adalah cara membaca dan memberikan jawaban. Sementara masing-masing cara menjawab soal UN pastilah sama saja. Bergantun pada pelajaran masing-masing.

Maka dari itu, karena bentuk dan butir soalnya sama, mengingat kisi-kisi yang juga sama antara UNKP dan UNBK, maka masing-masing siswa hendaknya mendapatkan latihan soal UN yang sama pula. Yang menjadi masalah adalah, bagi sekolah yang sudah melaksanakan UNBK maka sekolah tersebut tidak memiliki arsip naskah soal UN. Naskah soal UN menjadi langka. Guru dan siswa kesulitan mencari latihan soal.

Berangkat dari itulah, maka ada pihak-pihak yang sudah berusaha mengarsipkan soal Ujian Nasional secara digital. Naskah soal telah discan secara penuh dan menjadi latihan soal bagi siswa dan guru yang memberikan pendalaman materi dan latihan soal lainnya.


Kumpulan naskah soal bahasa Indonesia termasuk salah satu yang paling dibutuhkan untuk berlatih. Mengingat soal bahasa Indonesia selalu terdiri dari bacaan yang sangat panjang dan harus selalu dilatihkan.

Berikut ini adalah kumpulan soal Ujian Nasional (UN) mata pelajaran yang bisa diunduh secara gratis dan langsung. Link yang tersedia di sini diambil dati m4th-lab.net tapi sudah tidak perlu masuk ke halaman tersebut karena sudah tersedia direct link (tautan langsung) untuk mendownload (mengunduh).

Naskah Soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2018
Unduh | Lihat
(Masih Belum Tersedia)

Naskah Soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2017
Unduh | Lihat

Naskah Soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2016
Unduh | Lihat

Naskah Soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2015
Unduh | Lihat

Naskah Soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2014
Unduh | Lihat

Naskah Soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2013
Unduh | Lihat

Naskah Soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2012
Unduh | Lihat

Naskah Soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2011

Naskah Soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2010

Naskah Soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2009


Terima kasih kunjungannya. Selamata MENDOWNLOAD SEMUA contoh soal UN mata pelajaran Bahasa Indonesa. Untuk pembahasannya menyusul ya.

Posting Komentar untuk "Unduh Kumpulan Naskah Soal UN Bahasa Indonesia SMA/SMK"