Contoh RPP KD 3.2 4.2 Teks Deskripsi Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016
Ini adalah RPP yang disusun oleh peserta Bimtek Penerapan Kurikulum 2013 di SMPN 3 Bangsalsari Kabupaten Jember tahun 2017. Bimtek dilaksanakan pada Akhir Mei hingga awal Juni 2017.
RPP ini sudah mencakup tiga ranah Standar Kompetensi Lulusan yang diaharapkan yaitu meliputi Sikap (Sikap Spiritual dan Sikap Sosial); Pengetahuan (Konseptual, Faktual, Prosedural, Metakognitif); serta Keterampilan (Konkret dan Abstrak).
RPP ini juga sudah mengandung Penguatan Pendidikan Karakte (PPK) yang termaktub dalam Indikator, tujuan pembelajaran, serta langkah-langkah pembelajaran.
![]() |
Penguatan Pendidikan Karakter harus termaktub dalam RPP |
Silahkan dibaca RPP berikut ini!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kita
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/ Satu
Materi
Pokok :
Teks Deskripsi
Alokasi
Waktu : 4 Pertemuan (12 JP x 40 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan
kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||
3.2
|
Menelaah
struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat
wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar
dan dibaca
|
3.2.1
3.2.2
3.2.3
3.2.4
3.2.5
|
Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian
pada teks deskripsi yang disajikan
Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi
teks deskripsi yang dirumpangkan
Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata,
kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
4.2
|
Menyajikan data, gagasan,
pesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,
tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan
lisan dengan memerhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis
|
4.2.1
4.2.2
4.2.3
4.2.4
|
Merencanakan penulisan teks
deskripsi
Menulis teks deskripsi dengan
memerhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata,
kalimat/tanda baca/ejaan
Menyunting teks deskripsi
dengan memerhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan
kata, kalimat/tanda baca/ejaan
Menyajikan secara lisan teks
deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didikdapat:
1. merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
2. menentukan
bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan dengan
tepat.
Pertemuan
Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didikdapat:
1. Menentukan variasi pola
pengembangan teks deskripsi
2. Menelaah bagian struktur yang
sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan dengan
tepat.
Pertemuan
Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didikdapat:
1. Merencanakan penulisan teks
deskripsi dengan tepat.
2. Menulis teks deskripsi dengan
memerhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata,
kalimat/tanda baca/ejaan.
Pertemuan
Keempat
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran, peserta didikdapat:
1. menyunting teks deskripsi dengan memerhatikan pilihan kata,
kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata, kalimat/tanda baca/ejaan
2. menyajikan secara lisan teks
deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek secara
faktual
Fokus nilai-nilai sikap: teliti, jujur
dan bertanggung jawab
D.
Materi Pembelajaran
a.
Faktual
Air terjun Seputih
Sesuai dengan namanya yang terletak di desa
Seputih, kecamatan Mayang. Untuk menuju ke lokasi air terjun dari kota Jember
menuju arah timur ke Banyuwangi, setelah tiba di SPBU Mayang, belok ke kanan
hingga sampai di perempatan dan ambil arah lurus sampai bertemu petunjuk jalan
yang bertuliskan arah air terjun Seputih. Selanjutnya perjalanan melewati permukiman
penduduk dengan jalan tanah yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua atau
motor. Pengunjung bisa menitipkan kendaraannya atau parkir di rumah penduduk di
ujung jalan perkampungan, dari sini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki
melewati jalan setapak dan pada musim penghujan cukup licin jadi hati-hati.
Setelah sampai di lokasi pengunjung akan disambut suara gemercik air yang
memecah kesunyian dengan pemandangan alamnya yang indah yang dihiasi persawahan
dan perbukitan dengan pepohonan yang rimbun. Air terjun Seputih ini memiliki
dua tingkat, dengan tingkatan pertama lebih landai dan diatasnya lagi terdapat
mirip kolam penampungan yang airnya berasal dari air terjun di tingkat dua yang
terletak lebih tinggi. Di tempat ini pengunjung bisa berendam sepuasnya
merasakan segarnya air pegunungan yang bersih, alami dan dingin.
a)
Konseptual
·
Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian
Deskripsi bagian
berdasarkan ruang
Berisi perincian
bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan bagian
pintu masuk, bagian tengah,
bagian belakang). Perincian
ruang juga dapat menyebut nama ruang- ruang dan ciri-cirinya.
Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian-
bagian objek
Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir
pantai, ombak dan pasirnya, pemandangan
tumbuhan dan hewan pantai).
Deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung.
Berisi perincian
bagian awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan, mulai meluruh, dan penutup.
Deskripsi bagian berupa pemfokusan
Berisi bagian yang paling disukai dari bagian yang dideskripsikan. Contoh: Bagian
yang paling saya sukai dari perpustakaan ini adalah ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah memberikan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.
·
Penggunaan kata khusus
Kata umum adalah
kata yang luas ruang
lingkupnya dan dapat mencakup
banyak hal. Kata – kata yang termasuk dalam
kata umum disebut
dengan hipernim. Kata khusus adalah
kata yang ruang lingkup
dan cakupan maknanya lebih sempit. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan
hipernim. Kata umum dan kata khusus sebenarnya sinonim tetapi dengan
makna yang lebih khusus.
Kata
Umum
|
Kata Khusus
|
Indah
|
elok, molek, cantik, menawan, menakjubkan, memesona, manis
|
Melihat
|
menonton, menyaksikan, memandang, mengamati,
dan memerhatikan.
|
hewan peliharaan
|
kucing, anjing, kelinci, marmut, hamster, ikan, burung
|
Kata khusus merupakan sinonim kata umum tetapi dengan tambahan makna atau lebih formal. Misalnya, kata keren dan dahsyat sinonim kata menarik tetapi
ragam tidak formal.
·
Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada
Teks
1) Tanda koma (,) dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu peperincian atau pembilangan.
Contoh
Pantai Senggigi berada di Kecamatan
Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi
Nusa Tenggara Barat.
2) Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada
awal kalimat (jadi, dengan
demikian)
3) Huruf kapital dipakai sebagai
huruf pertama nama diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya ukiran Jepara, sarung
Makasar
4)
Huruf pertama unsur-unsur
nama geografi yang diikuti nama diri geografi (Selat Lombok, Teluk Benggala,
Jalan Gajah Mada)
·
Penggunaan Kata Depan di dan Awalan di-
Kata depan
di berfungsi sebagai kata depan
jika diikuti dengan kata keterangan tempat, arah, posisi/ letak. Sebagai kata depan di ditulis
terpisah dengan
kata yang mengikutinya (di pantai,
di belakang, di atas, di bagian
barat, di samping). Sebagai awalan di ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya. Dalam hal ini di berfungsi sebagai imbuhan
pada kata kerja pasif.
b)
Prosedural
·
Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup:
identifikasi, deskripsi bagian, simpulan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat
pada bagan berikut.
·
Struktur teks deskripsi sebagai berikut
Identifikasi/ gambaran umum
Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek.
Struktur Teks
Tanggapan Deskriptif
|
1.
Identifikasi
|
2. Deskripsi Bagian
|
3. Simpulan/Kesan
|
Deskripsi bagian
Berisi perincian
bagian objek tetapi
diperinci berdasarkan tanggapan subjektif
penulis. Perincian
dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya, komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat
menurut kesan penulis). Perincian juga dapat berisi
perincian apa yang didengar (mendengar suara apa saja,
seperti apa suara-suara itu/penulis membandingkan dengan apa). Perincian juga dapat berisi
apa yang dirasakan penulis dengan
mengamati objek
c)
Metakognitif
Prinsip penyuntingan teks deskripsi meliputi:
1) Penggunaan bahasa
2) Keruntutan struktur
E. Metode Pembelajaran
Pembelajaran saintifik
F.
Media Pembelajaran
1.
Contoh teks deskripsi
2.
Kertas Plano
3.
Lembar Kegiatan Belajar Peserta didik (LKBS)
G.
Sumber Belajar
a.
Kemdikbud. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud RI.
b. Kemdikbud.2017. Buku Peserta didik Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud RI.
c. Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3JP)
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
menyampaikan salam dan berdoa
2.
Guru
melakukan menyampaikan KD, tujuan, dan cakupan pembelajaran
3.
Guru
mengondisikan kelas dengan memberi motivasi kepada peserta didikterkait
materi pembelajaran
|
15 menit
|
Inti
|
Peserta didikdipandu guru membentuk kelompok
1. MENGAMATI
·
Peserta didikmembaca teks deskripsi
·
Peserta didikmengamati model struktur dan kaidah-kaidah
teks deskripsi
2. MENANYA
Peserta didikmerumuskan
berbagai pertanyaan tentang karakteristik
identifikasi dan deskripsi bagian secara mandiri.
3. MENGUMPULKAN
INFORMASI
Peserta didikmengidentifikasi definisi dan struktur teks deskripsi (kerjasama)
4. MENGASOSIASI/ MENALAR
·
Peserta didikmenggunakan data yang sudah dikumpulkan untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mereka rumuskan.
·
Peserta didikmenghubung-hubungkan data yang diperoleh untuk
membuat kesimpulan definisi dan struktur teks deskripsi.
Peserta didikmelengkapi struktur teks deskripsi yang
dirumpangkan.
(integritas = jujur)
5. MENGOMUNIKASIKAN
·
Peserta didikmenyampaikan jawaban terhadap
pertanyaan-pertanyaan dan struktur
teks deskripsi yang rumpang secara lisan melalui presentasi atau kunjung kerja.
·
Peserta didikmenempelkan hasil kerjanya di papan tempel.
(tanggung jawab)
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memandu peserta didikmelakukan refleksi dengan
mengungkapkan hasil yang sudah didapat dan hal-hal yang masih belum diketahui
dalam kegiatan belajar mengajar.
2.
Guru memberikan penguatan.
3.
Guru menyampaikan informasi materi pertemuan berikutnya.
4.
Guru bersama dengan peserta didikberdoa dan menutup
kegiatan pembelajaran dengan ucapan salam.
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua (3 JP)
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
menyampaikan salam dan berdoa
2.
Guru
melakukan menyampaikan KD, tujuan, dan cakupan pembelajaran
3.
Guru
mengondisikan kelas dengan memberi motivasi kepada peserta didikterkait
materi pembelajaran
|
15 menit
|
Inti
|
Peserta didikdibantu guru membentuk kelompok
1.
Mengamati
2.
Menanya
3.
Mengumpulkan
informasi
4.
Mengasosiasi
5.
Mengomunikasikan
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Guru
membantu peserta didikmelakukan refleksi dengan mengungkapkan hasil yang
sudah didapat dan hal-hal yang masih belum dipahami dala kegiatan belajar
mengajar
2.
Guru
memberikan penguatan
3.
Guru
menyampaikan informasi materi pertemuan berikutnya
4.
Guru
bersama dengan peserta didikberdoa dan menutup kegiatan pembelajaran dengan
mengucapkan salam
|
15 menit
|
Pertemuan Ketiga (3 JP)
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
menyampaikan salam dan berdoa
2.
Guru
melakukan menyampaikan KD, tujuan, dan cakupan pembelajaran
3.
Guru
mengondisikan kelas dengan memberi motivasi kepada peserta didikterkait
materi pembelajaran
|
15
menit
|
Inti
|
Peserta didikdibantu guru membentuk kelompok
1.
Mengamati
2.
Menanya
3.
Mengumpulkan
informasi
4.
Mengasosiasi
5.
Mengomunikasikan
|
90
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
membantu peserta didikmelakukan refleksi dengan mengungkapkan hasil yang
sudah didapat dan hal-hal yang masih belum dipahami dala kegiatan belajar
mengajar secara tertulis
2.
Guru
memberikan penguatan
3.
Guru
menyampaikan informasi materi pertemuan berikutnya
4.
Guru
bersama dengan peserta didikberdoa dan menutup kegiatan pembelajaran dengan
mengucapkan salam
|
15
menit
|
Pertemuan Keempat (3 JP)
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
menyampaikan salam dan berdoa
2.
Guru
melakukan menyampaikan KD, tujuan, dan cakupan pembelajaran
3.
Guru
mengondisikan kelas dengan memberi motivasi kepada peserta didik terkait
materi pembelajaran
|
15
menit
|
Inti
|
Peserta didik dibantu guru membentuk kelompok
1.
Mengamati
2.
Menanya
3.
Mengumpulkan
informasi
4.
Mengasosiasi
5.
Mengomunikasikan
|
90
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
membantu peserta didik melakukan refleksi dengan mengungkapkan hasil yang
sudah didapat dan hal-hal yang masih belum dipahami dala kegiatan belajar
mengajar
2.
Guru
memberikan penguatan
3.
Guru
menyampaikan informasi materi pertemuan berikutnya
4.
Guru bersama
dengan peserta didik berdoa dan menutup kegiatan pembelajaran dengan
mengucapkan salam
|
15
menit
|
I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
Sikap: Observasi – Jurnal
b.
Penilaian
Pengetahuan: Tes tulis – Uraian
c.
Penilaian
Keterampilan: Unjuk kerja
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Sikap:
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama Sekolah :
SMP ...
Kelas/Semester :
...
Tahun pelajaran :
...
Guru : ...
No
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
TTD Siswa
|
Renc. Tindak Lanjut
|
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
||||||
...
|
b.
Penilaian Pengetahuan:
Pertemuan Kedua
Isilah teks deskripsi rumpang berikut dengan
kalimat yang tepat!
Dari balik tirai hujan sore hari pohon-pohon kelapa di seberang lembah itu seperti penari yang sedang memainkan tubuhnya dengan lincah. Pelepah- pelepah yang kuyup menambah keunikan gerakan sang penari. Batang- batang yang ramping dan meliuk-liuk oleh hembusan angin
seperti ..............................................………………………………………………………………………
Ketika angin tiba-tiba bertiup lebih kencang, pelepah-pelepah serempak terjulur sejajar satu arah, seperti .....................................................
Pohon-pohon kelapa itu, tumbuh di tanah lereng di antara pepohonan lain yang rapat dan rimbun. Kemiringan lereng membuat pemandangan seberang lembah itu seperti lukisan ..............................................................
Selain pohon kelapa yang memberi kesan lembut, batang sengon yang kurus dan langsing menjadi garis-garis tegak berwarna putih dan kuat. Ada beberapa pohon aren dengan daun mudanya mulai mekar, kuning, dan segar. Ada pucuk pohon jengkol yang bewarna cokelat kemerahan. Ada bunga bungur yang ungu berdekatan dengan pohon dadap dengan kembangnya yang berwarna merah. Dan batang-batang jambe rowe, sejenis pinang dengan buahnya yang bulat dan lebih besar, memberi kesan purba
pada lukisan yang terpajang
di sana.
Rubrik
Penilaian
Kelas :
……………………………….
Materi :
Melengkapi teks deskripsi yang rumpang
No
|
Nama
|
Aspek
Penilaian
|
|||||
Ketepatan
|
Kesesuaian
|
||||||
Tepat
|
Kurang
Tepat
|
Tidak
Tepat
|
Sesuai
|
Kurang
Sesuai
|
Tidak
Sesuai
|
||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Keterangan:
Tepat/Sesuai :
5
Kurang Tepat/Sesuai : 3
Tidak Tepat/Sesuai : 2
Skor yang diperoleh x 100 = …
Skor maksimal
Pertemuan Keempat
Suntinglah teks deskripsi yang telah dibuat
oleh temanmu!
Rubrik Penilaian Kegiatan Menyunting Teks
Deskripsi
Kriteria
|
Skor
|
Judul
|
|
•
mengungkapkan objek khusus
|
4 = jika terdapat 4 unsur
|
•
bukan berupa kalimat
|
3 = jika terdapat 3 unsur
|
•
menggunakan huruf besar kecil
|
2 = jika terdapat 2 unsur
|
•
tanpa diberikan tanda titik
|
1 = jika terdapat 1 unsur
|
Identifikasi
•
terdapat pengenalan objek yang dideskripsikan
•
terdapat informasi umum tentang objek
•
tidak terdapat kesalahan struktur kalimat
•
tidak terdapat kesalahan tanda baca
|
4 = terdapat 4 unsur/ lebih
3 = terdapat 3 unsur
2 = terdapat 2 unsur
1 = terdapat 1 unsur
|
Deskripsi
•
terdapat penjelasan terperinci fisik objek
•
terdapat perincian
beberapa
bagian
dari objek
•
tidak terdapat kesalahan struktur kalimat
•
pilihan kosakata yang segar dan bervariasi
•
tidak terdapat kesalahan tanda baca
|
4 = terdapat 4 unsur/ lebih
3 = terdapat 3 unsur
2 = terdapat 2 unsur
1 = terdapat 1 unsur
|
Penutup
•
terdapat simpulan
tanggapan terhadap objek
•
terdapat kesan
terhadap hal yang dideskripsikan
•
pilihan kosakata yang segar dan bervariasi
•
tidak terdapat kesalahan tanda baca
|
4 = terdapat 4 unsur/ lebih
3 = terdapat 3 unsur
2 = terdapat 2 unsur
1 = terdapat 1 unsur
|
Penggunaan bahasa
|
|
•
terdapat perincian
bahasa konkret, majas untuk
menggambarkan seolah-olah pembaca melihat
|
4 = terdapat 4 unsur/ lebih
3 = terdapat 3 unsur
2 = terdapat 2 unsur
1 = terdapat 1 unsur
|
•
terdapat perincian
bahasa konkret, majas untuk
menggambarkan seolah-olah pembaca mendengar
|
|
•
terdapat perincian
bahasa khusus,
majas untuk menggambarkan
seolah-olah pembaca merasakan
|
|
•
terdapat perincian dengan kata konkret
|
Penskoran
4 = jika terdapat semua unsur
3 = jika terdapat tiga unsur
2 = jika terdapat dua unsur
1 = jika terdapat satu unsur
Skor Akhir = Skor yang diperoleh x 100
= …
Skor maksimal
c.
Penilaian Keterampilan:
Buatlah sebuah teks deskripsi berdasarkan
petunjuk yang terdapat pada LKBS!
Rubrik Penilaian
Kelas :
……………………………….
Materi :
Membuat teks deskripsi
No
|
Nama
|
Aspek
Penilaian
|
|||||
Keruntutan
|
Kesesuaian
|
||||||
Runtut
|
Kurang
Runtut
|
Tidak
Runtut
|
Sesuai
|
Kurang
Sesuai
|
Tidak
Sesuai
|
||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Keterangan:
Runtut/Sesuai :
5
Kurang Runtut/Sesuai : 3
Tidak Runtut/Sesuai : 2
Skor yang diperoleh x 100 = …
Skor maksimal
3.
Pembelajaran
Remedial
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan
belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.
Pembelajaran ulang, jika 50% atau
lebih peserta didik belum mencapai ketuntasan.
b.
Pemanfaatan tutor sebaya, jika
11-49% peserta didik belum mencapai ketuntasan.
c.
Bimbingan perorangan, jika 1-10% peserta
didik belum mencapai ketuntasan.
4.
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didikyang
sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk
pengayaan yaitu tugas
berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam
makanan dari bahan pangan buah segar yang lain.
Jember, .......................... 2017
Mengetahui
Kepala SMP
______________________________
NIP. ...
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP. ...
|
LEMBAR KEGIATAN BELAJAR KELOMPOK
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/ 2
Materi Pokok : Teks Deskripsi
KD :
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni
daerah) secara tulis dan lisan dengan memerhatikan struktur, kebahasaan, baik
secara lisan dan tulis.
KELOMPOK : ……………………….
NAMA ANGGOTA : ………………………..
PANDUAN KEGIATAN
1.
Amatilah puzzle
bagian-bagian isi teks deskripsi tersebut!
2.
Buatlah satu pertanyaan tentang bagian-bagian isi teks deskripsi
tersebut pada kolom di bawah ini!
3.
Susun dan tempel puzzle
bagian-bagian isi teks deskripsi “Sekolah Baruku” tersebut menjadi sebuah
kerangka pada kertas plano!
4.
Tunjuklah dua orang teman kelompokmu sebagai wakil berkunjung ke
kelompok lain untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompokmu tentang
bagian-bagian isi teks deskripsi “Sekolah Baruku”!
5.
Berilah tanggapan tentang hasil presentasi kelompok lain dengan
menuliskan tanggapannya pada kertas post-it!
6.
Berdasarkan kerangka bagian-bagian isi teks deskripsi tersebut,
buatlah sebuah teks deskripsi pada kolom di bawah ini!
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
|
Baik
|
Banyak
|
Ramah
|
Disiplin
|
Ramah
|
Bersih
|
Indah
|
Ukuran (Besar dan kecil)
|
Kualitas (kokoh, modern, bagus)
|
Warna (bercat biru)
|
Luas
|
Rindang
|
Banyak
|
Sekolah Baruku
|
Teman
|
Guru
|
Halaman
|
Gedung
|
Lampiran Lembar Jawaban Teks
Deskripsi
Sekolah Baruku
Liburan telah berlalu, sekarang memasuki tahun
ajaran baru. Aku pun masuk ke SMP yang baru pula di kotaku. Gedung sekolahku
berukuran besar, kualitas bangunannya kokoh, model bangunannya juga modern. Dan
terlihat bagus disertai dengan warna cat dindingnya yang didominasi warna biru.
Sekolah baruku memiliki halaman yang sangat
luas, ukurannya hampir seukuran lapangan sepak bola. Di sekelilingnya terdapat
banyak pohon, seperti pohon akasia, tiara payung, serta pohon pinus sehingga
suasananya menjadi rindang. Taman bunganya juga indah dan tertata dengan rapi.
Lingkungannya juga bersih, karena seluruh warga sekolah selalu membuang sampah
pada tempatnya.
Guru-guru di sekolah baruku sangat ramah dan
perhatian. Ada lebih banyak guru perempuan daripada laki-laki. Mereka selalu
datang tepat waktu dan tidak pernah terlambat.
Selain guru, aku juga punya banyak teman baru
yang berasal dari berbagai sekolah dasar. Di kelasku terdapat 33 peserta didikyang
terdiri dari 22 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Bahasa yang mereka
gunakan juga beragam, ada yang berkomunikasi dengan bahasa Madura dan dan
bahasa Jawa. Itulah deskripsi tentang sekolah baruku.
Maaf gan saya hanya memberi tahu, ada beberapa yang perlu direvisi:
BalasHapus1. tabel terpotong
2. ada kode yang muncul ditengah halaman.
Itu beberapa yang perlu diperhatikan. Kalau ada waktu silahkan kunjungi materi dari saya ya:
1. Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri – ciri, dan Struktur Teks Eksplanasi
2. Pengertian Teks Eksemplum, Karakteristik, Struktur, dan Ciri – cirinya
3. Pengertian dan Bagian Teks Anekdot
Terima kasih.
contoh rpp cukup lengkap terimakasih, inin sangat bermanfaat untuk contoh, karena sebelumnya saya belum memperoleh contoh yang sedetil ini
BalasHapusTinggal diaplikasikan dan disesuaikan dengan materi dan KD nya.
Hapuspeliitttttt cuk
BalasHapusYang lain pada terima kasih, ini misuh-misuh. hehehe.
Hapusterima kasih contoh nya, dapat menginspirasi
BalasHapusterima kasih telah berterima kasih. :)
Hapus