Contoh Teks Prosedur | Memperbaiki dan Melengkapi Teks Prosedur 'Cara Membuat Angklung'

Kali ini kita akan membahas tentang kegiatan melengkapi dan memperbaiki teks prosedur. Teks prosedur yang akan kita perbaiki dan lengkapi adalah jenis teks prosedur cara membuat yang berjudul Cara Membuat Angklung.

Yang dimaksud 'melengkapi' berarti ada bagian yang masih belum lengkap, masih belum ada. Selanjutnya yang dimaksud dengan 'memperbaiki' berarti ada kesalahan dalam sebuah teks prosedur yang disajikan.

Yang perlu diketahui dan diingat, sebuah teks prosedur memiliki dua jenis struktur, bergantung pada jenis teks prosedurnya. Jika teks prosedur cara membuat maka strukturnya ada empat yaitu tujuan, bahan dan alat, langkah-langkah, dan penutup. Jika teks prosedur cara melakukan maka hanya memiliki empat bagian struktur, yaitu tujuan, langkah, dan penutup. Bagian bahan dan alat tidak diperlukan dalam teks prosedur cara melakukan.

Nah, Teks yang berjudul membuat angklung merupakan jenis teks prosedur cara membuat, maka harus memiliki empat struktur. Teks yang ada dalam buku paket pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP ini hanya memiliki bagian langkah-langkah yang terdiri dari tiga bagian. Jadi, yang harus dilengkapi adalah bagian tujuan, bahan dan alat, serta penutupnya.

Berikut ini hasil pelengkapan teks prosedur cara membuat angklung.

Bagian Tujuan teks Membuat Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang menjadi warisan budaya Indonesia. Agar lebih mencintai dan meningkatkan rasa memiliki, kita perlu belajar membuat alat musik angklung. Membuat angklung tidaklah sesulit yang dibayangkan. Membuat angklung itu mudah, mari ikuti langkah-langkahnya.

Bagian Bahan dan Alat teks Membuat Angklung.

Bahan:
Batang Bambu

Alat:
Gergaji
Pisau
Bor

Perbaikan bagian Langkah-Langkah Teks Membuat Angklung. 

Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam  bagian ini adalah jenis kelimat. Kalimat yang harus digunakan adalah kalimat perintah. Selain itu, juga harus memiliki ukuran dan batasan yang jelas. Maka dari itu, perbaikan yang bisa ditawarkan untuk bagian langkah membuah angklung adalah sebagai berikut:

Langkah pertama: Siapkan Bambu

1. Bersihkan batang bambu dari cabangnya.
2. Potong bambu sepanjang 5 meter (10 ruas).
3. Ikat potongan bambu, lalu simpan selama 1 tahun.

Langkah Kedua: Siapkan Rangka

1. Ambil batang bambu yang telah kering (setelah penyimpanan 1 tahun).
2. Potong sesuai dengan tiang palang, sebaiknya potongan rapi dan tegak lurus agar rapi saat digetarkan.
3. Tatalah rangka secara lurus agar tampak rapi saat digantung.

Langkah Ketiga: Buat Tabung Suara

1. Pilih batang bambu kering dengan diameter yang diinginkan. Semakin besar nada yang dihasilkan semakin rendah.
2. Potong bambu dengan panjang yang dinginkanl Semakin panjang, maka semakin rendah nada yang dihasilkan.
3. Kupas bagian atas calon tabung suara.
4. Buat takik pada dasar tabung untuk pengait ke tabung dasar.
5. Haluskan rautan tabung agar nada yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan.

BACA JUGA : Contoh Teks Prosedur Membuat Angklung dengan Struktur yang Lengkap

Bagian Penutup teks prosedur. Sebuah bagian penutup teks prosedur harus berisi kalimat yang memotivasi pembaca agar mau melakukan tindakan sesuai langkah-langkah yang telah dibuat. Penutup juga harus sesuai dengan isi teks prosedur secara keseluruhan. Maka bagian pentutp teks prosedur Cara Membuat Angklung bisa berbentuk begini:

Jika kita ikuti masing-masing langkah, maka kita akan bisa membuat dan memiliki angklung sendiri. Selamat membuat angklung, mari jaga warisan budaya luhur bangsa!
Demikian contoh hasil melengkapi dan memperbaiki teks prosedur cara membuat angklung. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca dan download contoh-contoh teks yang lain ya.
Contoh Teks Prosedur | Memperbaiki dan Melengkapi Teks Prosedur 'Cara Membuat Angklung' Contoh Teks Prosedur | Memperbaiki dan Melengkapi Teks Prosedur 'Cara Membuat Angklung' Reviewed by Muntijo & Nay on 08:45:00 Rating: 5

No comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)