Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Emansipasi | Penjelasan Istilah dan Asal-usul Kata

Pengertian Emansipasi | Penjelasan Istilah dan Asal-usul Kata


Pengertian, Makna, dan Penjelasan Emansipasi.

Setiap tanggal 21 April, lembaga pendidikan, lembaga sosial, instansi pemerintah, bahkan pasar (baca media dan alat ekonomi lainnya) juga memperingati hari kartini. Hari kelahiran RA Kartini, alias nama lengkapnya adalah Raden Adjeng Kartini, alias Raden Ayu Kartini diperingati sebagai hari Kartini. Kartini dinobatkan oleh orang Indonesia sebagai pelopor emansipasi wanita. Kartini selalu identik dengan kata emansipasi. Padahal emansipasi tidak hanya milik Kartini. Emansipasi (seharusnya) tidak hanya milik perempuan.

Berikut penjelasan lengkap mengenai pengertian emansipasi.


Emansipasi dalam KBBI memiliki dua pengertian. Pengertian yang pertama, emansipasi adalah pembebasan dari perbudakan. Pengertian emansipasi yang kedua adalah persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat (seperti persamaan hak kaum wanita dengan kaum pria.

Jelas, emansipasi bukan bahasa kata yang lahir dari bahasa nusantara atau bahasa Indonesia. Emansipasi merupakan serapan dari bahasa Inggris “emacipation” yang bermakna asal dari kata “ex manus capere” (detech from the hand atau lepas dari genggaman).

Jadi emansipasi berasal dari bahasa Inggris emancipation. Kata bahasa Inggris tersebut berasal dari bahasa latin ex manus capere yang bermakna lepas dari belenggu. Berarti pada dasarnya emansipasi juga bersinonim dengan merdeka. Akhir-akhir ini arti emansipasi dipersempit sebagai persamaan gender. Jelas ini salah kaprah. Kecuali yang jika yang dimaksud adalah emansipasi wanita tentu bisa dihubungkan dengan persamaan gender itu pun tidak sepenuhnya benar.

Posting Komentar untuk "Pengertian Emansipasi | Penjelasan Istilah dan Asal-usul Kata"