Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Unduh Rumus KKM Bahasa Indonesia SMP Kelas 7, 8, 9 Excel

KKM adalah standar kemampuan minimal yang harus bisa dicapai oleh siswa di sekolah. Penentuan KKM harus dilakukan oleh masing-masing guru mata pelajaran dengan melihat kondisi peserta didik dan kondisi sarana pendukung di sekolah tersebut.

Berikut ini adalah tabel penentuan Kriteria Kelulusan Minimum (KKM).

KD
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Kriteria Kelulusan
KD. 1




KD. 2




KD. 3 dst.




RATA-RATA


Keterangan:


Kompleksitas
Adalah tingkat kesulitan materi pada setiap indikator, kompetensi dasar (KD), dan standar kompetensi / Standar Isi. 

Daya Dukung
adalah ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran sesuai dengan masing-masing indikator, kompetensi dasar, dan standar kompentensi standar isi. Daya dukung meliputi ketersediaan bahan bacaan, laboratorium, sarana pembelajaran, dan penguasaan pengajar (guru) terhadap materi tersebut.

Intake
adalah tingkat kemampuan siswa. Tingkat kemampuan siswa terhadap suatu materi pelajaran dapat dilihat dari hasil tes yang sebelumnya dilakukan, atau melalui hasil pengamatan oleh guru. 

Masing-masing kriteria tersebut di atas dibagi menjadi tiga tingkatan. Yaitu tingkat tinggi, sedang, rendah. Ketiga tingkatan tersebut diberi kode angka untuk mempermudah penghitungan. Agar lebih mudah lagi, konversinya disederhanakan menjadi: tinggi bernilai 3; sedang bernilai 2; rendah bernilai 1.

Misalnya untuk materi menulis puisi berdasarkan pengalaman. Kompleksitasnya diisi 2 karena cukup sulit; Daya Dukungnya diisi 3 karena tersedia banyak sekali contoh penulisan puisi, dan terdapat laboratorium bahasa yang bisa digunakan; Intakenya diisi 3 karena akan diajarkan di kelas unggulan yang siswanya merupakan hasil seleksi yang ketat.

Maka konversi tersebut dapat ditulis sebagai berikut:

KD
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Kriteria Kelulusan
Menulis Puisi
2
3
3
88,8






Angka 88,8 didapat dari hasil pembagian 8 (hasil penjumlahan Kompleksitas, Daya Dukung, dan Intake) dibagi dengan sembilan (angka maksimal dari kompleksitas, daya dukung, dan intake), dikalikan 100 (nilai maksimal per KD).

Begitu seterusnya dilanjutkan sesuai dengan jumlah KD dan Indikator yang telah ditentukan sebelumnya. Selanjutnya, masing-masing Kriteria Kelulusan dari KD dijumlahkan dan dirata-rata. Dengan demikian akan ditemukan KKM yang sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

Tampilan Tabel Rumus KKM Bahasa Indonesia Excel

     style="display:inline-block;width:320px;height:100px"
     data-ad-client="ca-pub-6414424360953509"
     data-ad-slot="2668174672">


Untuk mempermudah, sudah ada bentuk excel-nya sehingga tinggal memasukkan nilai daya dukung, intake, dan kompleksitasnya kemudaian akan otomatis muncul nilai KKM per KD dan nilai KKM keseluruhan.

Silahkan diunduh melalui google drive. Klik link berikut ini!


Semoga bermanfaat, salam Pustamun!

Posting Komentar untuk "Unduh Rumus KKM Bahasa Indonesia SMP Kelas 7, 8, 9 Excel"