Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Logo HUT RI ke-71 Indonesia Bangkit Bekerja


Logo HUT RI Ke-71 Versi Tidak Resmi

Ini merupakan Logo (Tidak Resmi) Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-71.



Untuk logo resmi HUT RI yang dikeluarkan pemerintah, silahkan cari di google dan unduh sendiri. Logo resmi pemerintah seperti halnya logo HUT RI yang ke-70 tahun 2016 kemarin, logo HUT RI ke-71 yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah pada tahun ini juga dengan bentuk dasar lingkaran.

Bedanya, kalau logo HUT RI ke-70 resmi tahun kemarin, lingkarannya penuh, sedangkan logo HUT RI yang tahun 2016 ini terpotong oleh angka tujuh dan angka satu. Bedanya lagi, bentuk angka yang ada di Logo HUT RI ke-71 lebih tegas dibandingkan dengan logo HUT RI yang ke-70 yang ada ornamen yang diserupakan kepala garuda di kepala angka tujuh, dan pojok angka nolnya.


Jika diamati, logo HUT RI ke-70 dimirip-miripkan dengan usulan yang pernah digagas oleh KDRI (Kementerian Desain Republik Indonesia) yang digawangi oleh Wahyu Aditya alias Wadit. Sementara itu yang sekarang justru bentuknya justru 'hanya' garis lurus yang memotong bentuk lingkarang sebagai bentuk dasarnya sehingga menjadi lingkaran yang tidak sempurna.. Dalam bahasan jawa, biasa disebut mengsle.

Sejak pemerintahan Joko Widodo, memang ada perubahan drastis dari segi bentuk dasar, yang semula hanya ditambah dan dikurangi jumlah benderanya. Sejak 2015, peringatan pertama HUT RI di masa pemerintahan Jokowi, bentuknya lingkaran dan tanpa bendera yang membosankan. Tetapi masih ada kestatisan bentuk, yaitu lingkarannya.

Maka dari itu, tanpa mengurangi rasa hormat terhadap keberadaan logo Resmi HUT RI ke-71 yang dikeluarkan oleh pemerintah, maka dalam postingan ini juga ditawarkan bentuk logo HUT RI ke - 71 yang juga simpel dan berusaha tidak meniru bentuk yang sudah ada.

Logo HUT RI ke-71 versi Bukan Resmi


Bentuk yang banyak menginspirasi logo-logo HUT RI di dunia maya, diawali oleh Wahyu Aditya yang memodifikasi bentuk angka menjadi bagian dari burung garuda, bisa sayap, paruh, maupun matanya. Bentuk ini lain dari itu semua. Tidak ada garuda di logo HUT RI ini, tidak ada pula sulur-sulur yang juga banyak dibapakai.

Dalam Logo HUT RI ke-71 pada tahun 2016 ini bentuk yang diatawarkan adalah bentuk ketegasan dengan gabungan angka tujuh (7) dan angkat satu (1) yang dibentuk sedemikian hingga untuk membentuk anak panah yang mengarah ke atas.

Bentuk anak panah ke atas menandai bangkitnya Indonesia ke arah yang lebih baik. Sedangkan bentuknya yang agak condong ke kanan menunjukkan bahwa pergerakan itu harus selalu diusahakan dan terjadi selama proses kehidupan. Jadi, panah yang ada dalam logo ini adalah panah dalam bagan dan grafik yang menunjukkan peningkatan.

Maka dari itu pula, slogan yang ada dalam logo ini adalah "Indonesia Bangkit Bekerja". Berbeda dengan slogan yang ada dalam logo resmi pemerintah yang berbunyi "Kerja Nyata". Indonesia kini masih terpuruk, maka masih harus bangkit dari keterpurukan. Bangkit untuk bekerja bersama membangun negara.

Sekian penjelasan mengenai Logo HUT RI  Ke-71 pada tahun 2016 ini. Memang masih belum agustus, tetapi semaraknya mungkin sudah harus dimulai dari sekarang.

Selamat bekerja untuk Indonesia!

2 komentar untuk "Logo HUT RI ke-71 Indonesia Bangkit Bekerja"