Arti Kata Cinta | Kata-kata Cinta, Kalimat Cinta, dan Segala Hal tentang Cinta

Kata cinta dalam KBBI ada pada halaman 268. Kamus yang saya baca adalah yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa pada tahun 2008. Kata cinta ada di bawah kata cingur, ada di atas kata cintamani. Di bawah cintamani ada kata cinteng.

Arti cinta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ada empat. Arti cinta yang pertama adalah suka sekali atau sayang benar. Contoh dalam kalimat orang tuaku cinta kepada kami semua. Arti cinta yang kedua adalah  kasih sekali atau terpikat (antara laki-laki dan perempuan). Contoh dalam kalimat sebenarnya dia tidak cinta kepada lelaki itu, tetapi hanya menginginkan kekayaannya.


Arti cinta yang ketiga adalah ingin sekali; rindu; berharap sekali. Contoh dalam kalimat makin ditindas makin terasa betapa cintanya akan kemerdekaan. Arti cinta yang  keempat adalah susah hati (khawatir); risau. Ini arti cinta merupakan istilah klasik. Contoh dalam kalimat tiada terperikan lagi cintanya ditinggalkan ayahnya. Bentuk kata dasar cinta adalah berposisi sebagai kelas kata adverbia yaitu kata yang memberikan keterangan pada verba, adjektiva, nomina predikatif, atau kalimat.

Baca Juga: 21 SINONIM DAN PERSAMAAN KATA CINTA

Selain keempat arti cinta di atas, kata cinta juga memiliki bentuk gabung (frasa). Ada empat frasa kata cinta yang ditulis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi keempat. Masing-masing adalah cinta bebas; cinta kiamat; cinta kilat; dan cinta monyet.

cinta bebas adalah hubungan antara laki-laki dan perempuan dalam hal kemesraan tanpa ada ikatan berdasarkan hukum yang berlaku. Baik hukum negara, hukum agama, maupun hukum adatnya.

cinta kiamat adalah cinta atau suka, kasih sekali sampai mati.

cinta kilat adalah hubungan cinta  (kasih) antara pria dan wanita yang sangat singkat. Hubungan cinta yang tidak bertahan lama.

cinta monyet adalah (rasa) kasih antara laki-laki  dan perempuan ketika masih kanak-kanak. Oleh karena itu hubungan cinta ini masih main-main dan mudah berubah.

Ada pula frasa kata cinta yang tidak tertulis dalam kamus tetapi sudah jamak diketahui dan digunakan oleh masyarakat yaitu cinta satu malam. Frasa yang juga dijadikan judul lagu dangdut ini memiliki makna cinta yang sangat kilat dan didasari atas transaksi semalam saja.

Dalam bagia atas artikel sudah ditulis mengenai empat arti cinta dan empat frasa (gabungan kata) yang dibentuk dengan kata cinta. Selanjutnya akan dibahas tentang bentuk turunan dari kata cinta. Turunan kata cinta ini dibentuk dari afiksasi dengan me-; me- -i; me- -kan; pe-; ter-; ber-; ber- -kan; per- -an; dan ke- -an.

mencinta adalah bentukan dari me- dan cinta. Kata ini merupakan verba (kata kerja) yang memiliki arti pertama kasih (kepada). Arti yang kedua yang merupakan bahasa klasik, memiliki arti: bersedih hati; selalu mengingat; dan menyesal. Kata mencinta dapat berposisi sebagai verba transitif bisa juga berposisi sebagai verba intransitif.

mencintai adalah bentukan dari imbuhan (afiks) me- -i dan kata cinta. Mencintai merupakan kata kerja (verba) transitif atau membutuhkan objek. Arti kata mencintai adalah menaruh kasih sayang kepada. Contoh dalam kalimat orang tua itu mencintai anak-anaknya.

mencintakan adalah bentukan dari imbuhan (afiks) me- -kan dan kata cinta. Mencintakan merupakan verba yang artinya merindukan, menginginkan, dan sangat mengharapkan.

pencinta adalah bentukan dari imbuhan (afiks) pe-. Pencinta merupakan nomina (kata benda) yang berarti orang yang sangat suka akan sesuatu.

tercinta adalah kata kerja yang berasal dari kata cinta dengan imbuhan ter-. Ter- memiliki arti sangat. Kelas kata tercinta adalah verba. Arti kata tercinta adalah sangat dicintai (dikasihi, disayangi).

bercinta adalah bentukan dengan penambahan imbuhan ber-. Kata ini merupakan verba (kata kerja) yang artinya ada dua. Arti bercinta yang pertama adalah menaruh rasa cinta. Contoh dalam kalimat, yang muda yang bercinta. berarti yang muda yang memiliki rasa cinta. Arti bercinta yang kedua adalah bersenggama atau bersetubuh.

bercinta-cintaan merupakan kata bentukan dari perulangan kata cinta, cinta-cinta kemudian mendapat afiks gabung (awalan dan akhiran) ber- -an. Artinya bermain-main cinta atau berpacar-pacaran. Contoh dalam kalimat, Sekolah yang rajin jangan hanya bercinta-cintaan di sekolah.

percintaan adalah nomina (kata benda)  memiliki dua arti. Arti modern dan arti klasik. Arti percintaan yang pertama adalah perihal saling mengasihi antara laki-laki dan perempuan. Contoh dalam kalimat percintaan mereka tidak direstui oleh keluarga. Arti klasiknya adalah perasaan sedih (susah atau menyesal).

kecintaan adalah lema terakhir yang merupakan kata bentukan dari kata cinta dalam KBBI. Kata kecintaan memiliki lima arti. Arti kecintaan yang pertama adalah hal yang dicintai atau sama dengan kekasih. Berkedudukan sebagai nomina. Contoh: Anak ini merupakan kecintaan keluarganya. Arti yang kedua kata kecintaan adalah kerinduan. Arti cinta yang ketiga adalah perihal cinta kasih. Dalam arti yang kedua dan ketiga ini, kata kecintaan juga sebagai nomina.

Arti kecintaan yang keempat dan kelima adalah sama-sama kata klasik (dalam KBBI diberi kode kl). Arti kecintaan yang keempat adalah kesedihan atau kekhawatiran. Kata ini merupakan nomina (kata benda). Arti kelima adalah menanggung kesedihan. Dalam arti kelima kecintaan diposisikan sebagai verba (kata kerja).

Dengan sekian banyaj arti cinta. Dalam bahasa Indonesia mutakhir (kekinian) cinta memiliki makna kasih, misalnya kata jatuh cinta. Di samping itu, sering kali kata cinta digambarkan untuk mengungkapkan nafsu birahi. Seperti pada kata bercinta dan cinta satu malam. Padahal, dalam kata cinta yang dikenal dalam bahasa Indonesia klasik, juga ada makna khawatir dan sedih. Mungkin, cinta memang memiliki dua sisi. Sisi kasih yang menyenangkan diiringi kesedihan dan kekhawatiran, takut kehilangan.

Yang jelas, cinta adalah bahasa universal. Saling menyayangi sesama makhluk tuhan dalam arti positif. Yang terpenting lagi adalah jangan sampai cinta yang ada justru merusak. Jangan pula mencintai cinta lantas menumbuhkan kebencian kepada yang lain. Mencintai cinta disertai membenci benci. Mencintai tanpa harus membenci setelah tak lagi cinta.



Arti Kata Cinta | Kata-kata Cinta, Kalimat Cinta, dan Segala Hal tentang Cinta Arti Kata Cinta | Kata-kata Cinta, Kalimat Cinta, dan Segala Hal tentang Cinta Reviewed by Muntijo & Nay on 08:51:00 Rating: 5

No comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting