Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menulis Judul Berita, Karya Ilmiah, dan Karya Sastra yang Baik

Teknik dan Cara Menulis judul berita, Karya Ilmiah (Skripsi, Artikel, dan Makalah), serta Karya Sastra (Puisi maupun Prosa) berbeda-beda. Masing-masing memiliki cara dan bentuk penulisan yang berbeda karean berada pada tiga ranah yang memiliki keunikan masing-masing.

Pada dasarnya judul dalam tiga ranah tersebut (berita, karya ilmiah, dan karya sastra) memiliki kesamaan yaitu: Judul harus menarik perhatian pembaca untuk bisa tertarik. Judul juga harus mewakili keseluruhan isi berita, keseluruhan karya sastra, dan keseluruhan isi karya ilmiah yang disusun.

Selain kesamaan harus sama-sama menarik, juga memiliki kesamaan cara dan teknik penulisan hurufnya. Dalam penulisan judul, masing-masing awal kata harus ditulis dalam huruf kapital, kecuali kata sandang dan preposisi.

Cantoh penulisan judul yang benar:
Judul Berita

Potong Anggaran Disambut Positif

Susahnya Jual Flat yang Tertukar

Wiranto Perintahkan Operasi Darat

Tanam Sendiri Kemiri dan Daun Salam

Judul-judl berita di atas merupakan judul berita yang diturunkan dalam koran Jawa Pos pada tanggal 5 Agustus 2016. Dalam penulisan judul berita penggunaan preposisi dan kata yang ‘tidak  penting’ bisa dihilangkan.

Kata yang disebut ‘tidak penting’ maksudnya maknanya sudah dipahami oleh pembaca. Judul berita harus singkat dan padat karena keterbatasan ruang dalam surat kabar atau televisi. Hal ini tampak dalam judul Wiranto Perintahkan Operasi Darat, kalimat yang lengkap adalah Wiranto Memerintahkan (TNI untuk Melakukan) Operasi Darat.

Lain lagi dengan judul berita untuk berita online. Judul berita online lebih bombastis cenderung lebih provokatif. Rumus judul berita untuk bisa menarik perhatian biasanya terdiri dari tiga bagian yaitu, Kondisi atau perasaan, subjek dan tindakan.

Contoh Judul berita online:
Mengenaskan, Wanita ini Dibunuh Suaminya Sendiri.

Kata mengenaskan dalam judul di atas merupakan kondisi. Wanita ini merupakan subjek/objek sedangkan dibunuh suaminya adalah tindakan yang dilakukan atau dikenakan terhadap subjek/bojek. Agar lebih bombastis lagi biasanya juga dibumbui Wanita Cantik ini, atau Wanita Seksi.
Lain dengan aturan dan teknik penulisan judul dalam karya Ilmiah. Yang termasuk dalam karya ilmiah adalah Artikel Ilmiah, Skripsi, Disertasi, Tesis, atau Makalah, hasil penelitian lainnya. Dalam penulisan judul karya ilmiah ini harus disertakan jenis penelitian, objek, lokasi, dan teori yang digunakan dalam penelitiannya.

Contoh Judul Penelitian Karya Ilmiah Skripsi:
Wacana Grafiti Berbahasa Indonesia pada Bak Truk: Analisis Wacana Kritis.

Judul di atas mengandung tiga hal yang harus ada dalam judul sebuah karya ilmiah skripsi. Wacana adalah jenis penelitiannya, Grafiti Berbahasa Indonesia adalah objek penelitiannya, pada Bak Truk merupakan lokasi (sumber objek penelitian), dan Analisis Wacana Kritis merupakan teori yang digunakan dalam penelitian tersebut.

Jika tidak mengandung hal-hal tersebut sebuah judul penelitian atau karya ilmiah bisa dianggap tidak layak. Jadi, penulisan dalam judul penelitian karya ilmiah harus lengkap dan jelas.

Lain lagi dengan judul yang melekat pada karya sastra. Judul yang ditulis untuk sebuah karya sastra cukup memenuhi dua hal yaitu menarik dan berkarakter. Tidak peduli seberapa panjang judulnya, tidak peduli juga sesuai dengan isi atau tidak sebuah karya sastra.

Contoh judul naskah drama karya Putu Wijaya:
Anu

Satu kata yang tidak memiliki makna spesifik. Hal ini merujuk pada sebagian besar kata yang disensor sendiri oleh pengarang dalam karya dramanya. Banyak tokoh yang menggunakan kata anu untuk menggunakan hal-hal yang dianggap membahayakan diri.

Penggunaan judul  yang hanya satu kata ini juga berkaitan dengan karakter Putu Wijaya yang lebih banyak memberi judul karyana baik prosa maupun drama dengan hanya satu kata. Contoh judul karya-karya Putu Wijaya: Anu, Bintang,.

Bahkan ada pula judul sebuah karya sastra yang kata tersebut tidak ada dalam isi karyanya, misalnya lagu yang dipopulerkan oleh Iwan Fals: Belum ada Judul.


Intinya penulisan sebuah judul, baik judul berita, judul karya sastra puisi, prosa, drama, novel, dan judul karya ilmiah yang meliputi skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah, dan makalah harus memenuhi unsur menarik. Menarik peminat pembaca untuk mendalami keseluruhan tulisan. 

1 komentar untuk "Cara Menulis Judul Berita, Karya Ilmiah, dan Karya Sastra yang Baik"