Contoh Lema Bentukan Bahasa Indonesia pada Teks Berita - Pusat Ilmu dan Pengetahuan

Contoh Lema Bentukan Bahasa Indonesia pada Teks Berita

Kopian adalah Lema bentukan yang berarti Tempat Ngopi
Berikut ini merupakan analisis lema bentukan dalam bahasa Indonesia. Sumber data diambil dari harian Jawa Pos yang dianalisis berdasarkan susunan morfologinya.

Seperti diketahui1, penanggalan2 Islam bermula3 dari ide Amirulmukminin*) Umar Ibnu Khattab ra. Ide itu muncul setelah sahabat Umar mendapat4 dari Abu Musa Asy’ari ra. Gubernur Kufah tersebut menyatakan5 bahwa dia telah menerima6 beberapa surat yang tidak bertanggal7. Amirulmukminin pun seperti kebiasaannya8,
mengumpulkan9 tokoh-tokoh sahabat, misalnya10, Sayyidina Utsman Ibnu Affan, Sayyidina Ali Ibnu Abi Thalib, dan lain-lain untuk diajak11 bermusyawarah12 mengenai13 idenya14 tentang penanggalan15 Islam.
(Jawapos, 18 Desember 2009)
Keterangan:
  1. diketahui = ??
  2. penanggalan peN + tanggal + an
  3. bermula ber + mula
  4. mendapat meN + dapat
  5. menyatakan me + nyata + kan
  6. menerima meN + terima
  7. bertanggal ber + tanggal
  8. kebiasaannya kebiasaan - nya        ► nya = kata ganti orang ketiga
Ø  kebiasaan ke + biasa + an
  1. mengumpulkan meN + kumpul + kan
  2. misalnya misal + nya                      ► nya =
  3. diajak di + ajak
  4. bermusyawarah ber + musyawarah
  5. mengenai meN + kena + i
  6. idenya ide – nya                             ► nya = kata ganti orang ketiga
  7. penanggalan peN + tanggal + an

*) Amirulmukminin, Kamus Bahasa Indonesia digital mengartikan: sebutan atau gelar bagi pemimpin umat Islam (khalifah). Serapan dari bahasa Arab. Dalam bahasa arab sendiri Amirulmukminin berasal dari kata Amir ( أمر ) kurang lebih berarti pemimpin, penguasa dan Al-mukminin  (المؤمنين)bentuk jamak dari al-mukmin  (المؤمن)yang berarti orang yang beriman, al-mukminin berarti beberapa orang (kaum) yang beriman.

Jadi, dalam 'Amirulmukminin’ dalam bahasa Indonesia merupakan kata dasar sedangkan dalam bahasa Arab ‘amirulmukminin’ ( أمرالمؤمنين ) merupakan kata bentukan.
Contoh Lema Bentukan Bahasa Indonesia pada Teks Berita Contoh Lema Bentukan Bahasa Indonesia pada Teks Berita Reviewed by Muntijo & Nay on 05:00:00 Rating: 5

No comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting