Asfal dan Safil Penjelasan Arti Kata dalam Bahasa Indonesia - Pusat Ilmu dan Pengetahuan

Asfal dan Safil Penjelasan Arti Kata dalam Bahasa Indonesia


Pustamun.blogspot.com – Kata Asfal dan Safil pertama kali saya temukan dalam bahasa Indonesia ketika mencari sinonim kata ‘nista’. Saya tertarik menulis berkaitan kata ‘penistaan’ karena pernah terjadi demo besar-besaran menuntut Ahok diadili atas kasus penistaan agama yang pernah dia lakukan. Saya menemukan kata asfal dan safil dalam Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia Pusat Bahasa.

Arti Kata Asfal dan Safil sama dengan Arti Nista dan Hina
Saya terbiasa menyebut buku kumpulan sinonim kata Bahasa Indonesia yang disusun secara alfabetis ini dengan nama TABI. TABI akronim dari Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia, sama seperti KBBI yang merupakan singkatan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Dalam TABI Pusat Bahasa yang diterbitkan pada tahun 2010, tepatnya ada pada halaman 20, kata asfal, dan safil merupakan sinonim dari kata hina. Artikel ini tidak membahas sinonim kata ‘hina’ karena sudah ada pada postingan seblumnya.

Artikel ini akan membahas tentang kata asfal dan safil saja. Asfal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terdapat pada halaman 92. Ada dua kata asfal, maksudnya ada homonimnya. Asfal yang pertama bermakna hina, rendah, dan terendah. Kata asfal ini merupakan serapan dari bahasa Arab.  Sementara kata asfal homonimnya, merupakan nomina yang bermakna aspal.

Setelah mengetahui bahwa asfal merupakan serapan dari bahasa Arab, iseng-iseng saya buka kamus bahasa Arab. Kamus yang saya buka adalah Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia Terlengkap karya KH. A.W. Munawir. Kebetulan yang saya milikia edisi keduanya.

Dengan kemampuan bahasa Arab yang sangat terbatas saya mencoba menerka bagaimana penulisan asfal maupun safil dalam lafaz Arab. Huruf Hijaiyah (huruf Arab) hanya mengenal konsonan, maka saya menerka bahwa susunan dalam bahasa Arab adalah sin, fa’, dan lam. Sa.fa.la. Maka saya cari dalam Kamus Al-Munawir dalam urutan huruf sin. Ketemulah safala di halaman 638 . Artinya: rendah. Setelah saya amati lagi, ternyata saya salah. Bacaan benar dalam bahasa Arab adalah safula. Huruf fa’ berharakat dummah.

Selain bermakna rendah, kata safula dan bentuk turunannya juga bermaknahina, turun, dan bawah. Sementara itu, bentuk turunan dari kata safula yang diserap dalam bahasa Indonesia ada dua yaitu bentuk asfala dan safil. Asfala (dalam Kamus Al-Munawir ditulis al-asfala) memeiliki makna yang terendah. Sementara itu safil (dalam Kamus Al-Munawir ditulis assaafilu) memiliki makna (orang/sesuatu) yang rendah.  

Syukurlah jadi lebih mengerti. Ketika menulis ini saya ingat bahwa saya pernah mendengar potongan ayat Alquran yang berbunyi asfalasaafiliin. Tetapi saya lupa (lebih tepatnya tidak tahu) lafaz itu ada di surat apa (yang jelas bukan Almaidah 51). Namun demikian, saya jadi lebih bisa menerka kira-kira apa maknanya.

Alhamdulillah, saya merasa mendapatkan ilmu lagi meski hanya secuil.

Salam Pustamun!
     style="display:inline-block;width:320px;height:100px"
     data-ad-client="ca-pub-6414424360953509"
     data-ad-slot="2668174672">

Asfal dan Safil Penjelasan Arti Kata dalam Bahasa Indonesia Asfal dan Safil Penjelasan Arti Kata dalam Bahasa Indonesia Reviewed by Muntijo & Nay on 00:01:00 Rating: 5

No comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting