Contoh Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas 8 SMP

pustamun.blgospot.com - Berikut ini adalah contoh paragraf narasi. Paragraf narasi yang ada di sini merupakan karya siswa SMP PGRI Jenggawah. Paragraf narasi berikut ini merupakan tugas menulis di kelas 8.

Kalimat Narasi dan SARA
Paragraf narasi yang ditulis siswa berdasarkan hasil pengamatan gambar Teluk Love atau Teluk Cinta yang ada di Pantai Payangan Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Sebelumnya gambar tersebut digunakan untuk menulis paragraf deskripsi.

Berikut ini adalah contoh paragraf narasi yang ditulis oleh siswa yang bernama Iqbal Pradana:

Saya dan teman-teman pergi ke Pantai Payangan. Pada pagi hari, saya menunggu teman untuk berangkat. Kemudian teman saya datang. Akhirnya, kami berangkat ke Pantai Payangan bersama-sama.


Sesampai di sana kami mandi dan bermain bersama-sama. Salah satu teman saya tidak mandi karena sakit perut. Lalu dia bersandar di batu besar.

Teman saya banyak yang mencari ikan di bebatuan. Ada salah satu teman yang mendapatkan ikan.

Selain itu, mereka juga mencari batu karang untuk hiasan. Ternyata batu karangnya banyak yang hancur. Lalu mereka bergegas mencari batu karang. Salah satu dari mereka ada yang mendapatkannya. Batu karang yang berukuran agak besar, unik, dan banyak lubangnya.

Setelah puas bermain, kami bergegas untuk pulang. Di perjalanan kami berpisah, karena rumah kami tidak saling berdekatan. Akhirnya saya sampai di rumah sore hari.


Catatan:
Paragraf di atas, sudah mengalami pengeditan bersama di kelas.

Catatan Tambahan:
Paragraf narasi merupakan paragraf yang berisi rangkaian cerita. Dengan ciri-ciri sebagai berikut.
Ciri paragraf narasi pertama adalah adanya pergeseran waktu. Pergesaran waktu dalam paragraf narasi adalah adanya kata lalu, kemudian, selanjutnya. Juga adanya penggunaan penanda waktu yang bergeser, misalnya menjelaskan adanya penunjuk waktu ‘sore hari’ di bagian paragraf lain ‘malam harinya’, dan seterusnya.

Ciri paragraf narasai yang kedua adalah adanya subjek pelaku dalam peristiwa. Dengan ciri ini, biasanya kalimat yang disusun dalam paragraf narasi adalah kalimat aktif.

Contoh: Saya pergi ke Pantai Payangan.

Kalimat di atas adalah kalimat aktif dengan subjek sebagai pelaku. Dalam kalimat di atas adalah kata ‘saya’.

Sementara pada paragraf deskripsi, kalimat adalah kaliamat pasif. Contoh: Pantai Payangan adalah pantai yang indah.

Sekian contoh dan penjelasan singkat mengenai paragraf narasi. Semoga kita bisa menarasikan kehidupan dan keindahan Indonesia. Dengan demikian, kelebihan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia bisa diketahui oleh seluruh orang di seluruh dunia.

Selamat menulis, Selamat menarasikan!


Salam Pustamun!
Contoh Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas 8 SMP Contoh Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas 8 SMP Reviewed by Muntijo & Nay on 20:36:00 Rating: 5

No comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting