Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

DAFTAR ORGANISASI GURU SELAIN PGRI

Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI merupakan asosiasi guru tertua yang ada di Indonesia.  Bahkan embrio organisasi pendidik ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Selama ini, organisasi guru seolah-olah hanya PGRI. Memang, PGRI pernah menjadi satu-satunya wadah bagi para guru di seluruh Indonesia. 

Dalam perkembangan perjalanan bangsa, PGRI sempat mengalami dinamika karena terseret dalam politik praktis. Mengakibatkan ketidak-puasan dari para guru. Hal ini memantik muncul dan lahirnya organisasi-organisasi guru lain selain PGRI. Khususnya setelah berakhirnya era pemerintahan Orde Baru.

Lalu, apakah dengan berakhirnya era pemerintahan Orde Baru mengakibatkan runtuhnya juga organisasi PGRI. Tentu tidak. PGRI tetap menjadi organisasi profesi pendidik yang besar, eksis, dan semakin profesional. Turut serta mengusahakan pendidikan yang berkualitas bagi anak bangsa, serta memperjuangkan hak bagi seluruh anggotanya. BACA JUGA: Sejarah Lahirnya PGRI

Akan tetapi, selain adanya PGRI sebagai organisasi profesi bagi para guru, ada juga organisasi profesi guru di Indonesia.
 
Berikut ini adalah daftar organisasi guru yang ada di Indonesia di tingkah nasional.

Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia disingkat AGEI
Asosiasi Guru Matematika Indonesia disingkat AGMI
Asosiasi Guru Otomotif Indonesia disingkat AGTOI
Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia disingkat AGPAI
Asosiasi Guru Penulis Indonesia disingkat AGUPENA
Asosiasi Guru Sains Indonesia disingkat AGSI
Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia disingkat AGTIFINDO
Asosiasi Pendidik Matematika Indonesia disingkat APMI
Asosiasi Pendidik Seni Indonesia disingkat APSI
Asosiasi Pendidikan Bethel disingkat APB
Federasi Guru Independen Indonesia disingkat FGII
Federasi Serikat Guru Indonesia disingkat FSGI
Ikatan Guru Indonesia disingkat IGI
Persatuan Guru Honor Indonesia disingkat PGHI
Persatuan Guru Madrasah Indonesia disingkat PGMI
Persatuan Guru Nahdlatul Ulama disingkat PERGUNU
Persatuan Guru Swasta Indonesia disingkat PGSI
Persaudaraan Guru Sejahtera Indonesia juga disingkat PGSI

Dari sekitan banyak organisasi yang ada di tingkat nasional tersebut, dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal. Pertama, organisasi guru berdasarkan mata pelajaran yang di ampu. Antara lain, guru otomotif, guru PAI, guru ekonomi, guru matematika, guru seni,  guru TIK, dan guru sains (lihat lagi daftar).

Juga ada organisasi dan asosiasi guru yang didasarkan pada keadaan. Misalnya persatuan guru swasta, persatuan guru honor, persatuan guru penulis.

Juga ada organisasi yang merupakan sayap organisasi lain. Ada Pergunu, untuk guru-guru di bawah organisasi Nahdlatul Ulama. Juga ada Asosiasi Pendidikan Bethel yang disingkat APB.

Ada pula organisasi guru yang lebih terbuka dan dapat diikuti oleh seluruh guru di Indonesia. Selain PGRI juga ada FGII, FSGI, dan IGI. Kepengerusan keempat organisasi ini termasuk PGRI, merata di hampir seluruh Indonesia.

 Federasi Guru Independen Indonesia (FGII), pernah diketuai oleh Bapak Suparman (seorang guru SD). FGII acap kali tampil di media, dengan pernyataan dari ketua yang mengkritik pelaksanaan UN. Juga sering muncul ketika menunjukkan upaya advokasi terhadap guru yang termarjinalkan. Pengurus FGII  telah tersebar di beberapa daerah Indonesia. FGII sering melontarkan kritik terhadap kebijakan berkaitan dengan pendidikan. Kritikan yang dilontarkan oleh FGII terkait pengangkatan guru honorer, tunjangan,  dan dikotomi guru negeri dan swasta.

Organisasi guru di Indonesia selanjutnya adalah  Ikatan Guru Indonesia (IGI). IGI pernah diketuai oleh Satria Dharma juga seorang Kompasianer (penulis di dunia maya). IGI acap kali mengadakan kegiatan pelatihan untuk guru-guru, lokakarya, dan berbagai aktivitas untuk meningkatkan kualitas para guru. IGI juga sudah melebarkan sayap organisasinya. Pengurusnya sudah terbentuk di beberapa provinsi dan kabupaten.  Tidak sedikit guru yang tertarik untuk masuk ke wadah IGI ini.

Organiasi selanjutnya adalah Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Berdiri sekitar awal Januari 2011 dan dideklarasikan di kantor ICW Jakarta. Organisasi para guru ini diisi oleh orang-orang kritis yang juga vokal terhadap kebijakan pemerintah. Tokoh yang terkenal dari federasi ini adalah Retno. Seorang guru PKn yang sempat berseslisih dengan tokoh nasional.

Sekian penjabaran tentang Daftar Organisasi Guru Selain PGRI. Bukan bermaksud membandingkan untuk saling mempertentangkan. Artikel ini sebatas menunjukkan bahwa, kita beraneka, kita beragam. Maka tetaplah bersatu untuk mewujudkan Indonesia Sejahtera dan bermartabat, melalui pendidikan.


Salam Pendidik, Salam Pustamun!

1 komentar untuk "DAFTAR ORGANISASI GURU SELAIN PGRI"