Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hanukkah | Hari Raya Agama Yahudi

Hanukkah adalah hari besar yang diperingati oleh agama Yahudi. Perayaan ini dimaksudkan untuk memperingati hari penyucian Yerusalem (Rumah Tuhan = Arab: Bait Allah) oleh kelompok Mokabe. Penyucian kembali ini dilakukan setelah sebelumya dikotori (dirusak) oleh bangsa Yunani yang datang ke Yerusalem.

Spongebob dan Logo Yahudi | Sumber: facebook/spongebob


Perayaan ini sudah berlangsung sejak 165 tahun sebelum Masehi. Jadi, bukan merupakan perayaan Hari Natal. Karena waktu yang bersamaan, ada sebagian orang yang menganggap bahwa Hanukkah adalah Natal Yahudi, padahal bukan.


Dikisahkan, Isa pernah menghadiri peryaan Hanukkah di Yerusalem. Bayangkan, Isa saja pernah menghadiri perayaan hari Hanukkah, otomatis perayaan ini jauh lebih tua daripada perayaan natal. Karena waktu yang bersamaan, kesalah-pahaman penyebutan Hanukkah sebagai Hari Raya Natal Yahudi adalah kesalahan besar.

Tiga paragraf di atas saya tulis karena membaca postingan akun facebook spongebob squerpants berupa gambar karakter spongebob dengan tulisan 'Happy Hanukkah From: Spongebob. Dalam catatan postingan tersebut tersemat tulisan 'Happy First Night of Hanukkah!'.

Ya, berbeda dengan perayaan hari natal yang sehari saja, perayaan Hanukkah bisa berlangsung selama delapan hari. Perayaan tersebut ditandai pula dengan menyalakan lilin di menorah. Menorah adalah tempat lilin yang bercabang dengan dalam satu tangkai utama.

Maka dari itu, dalam gambar yang diposting oleh spongebob tersebut ada logo bintang enam sudut yang juga disebut dengan Bintang David, logo agama Yahudi dan bendera Israel. Juga ada gambar menorahnya.

Kesimpulannya: Spongebob tidak punya agama. Lha dia kartun bukan orang. Orang saja bisa (bukan boleh) tidak beragama apalagi sekadar karakter kartun fiktif. Hahahaha.


Sekadar mengabarkan, untuk lebih mengetahui. Salam Pengetahuan, Salam Pustamun!

1 komentar untuk "Hanukkah | Hari Raya Agama Yahudi"

  1. Hari Raya Hanukkah merayakan penahbisan bait suci pada musim dingin

    BalasHapus