Mengaplikasikan (Menulis) Model Pembelajaran Proyek Pelajaran Bahasa Indonesia
LK-4.9 Model
Pembelajaran Proyek
Nama : MUHAMMAD
NASIRUDDIN TIMBUL JOYO
SEKOLAH : SMP PGRI JENGGAWAH
NUPTK : -
Aplikasi Model Pembelajaran Proyek dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai
keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta
persuasif
Indikator:
1. Siswa
mampu mengetahui ciri-ciri kalimat slogan dan poster
2. Siswa
mampu membedakan kalimat slogan dan kalimat poster
3. Siswa
mampu membuat poster
Adapun langkah-langkah pembelajaran dalam menulis
slogan/poster dalam model pembelajaran proyek.
Fase 1 Orientasi peserta didik kepada masalah.
1. Siswa diberi penjelasan mengenai kegiatan pembelajaran
yang akan dilalui.
2. Siswa diberi rangsangan pertanyaan tentang poster dan
slogan yang pernah dilihat di jalanan di sekitar rumah dan di sekitar
lingkungan sekolah.
3. Siswa diberikan dua contoh kalimat yang berbeda, yaitu
kalimat poster dan kalimat slogan.
Fase 2 Mengorganisasikan peserta didik.
4. Siswa dipandu oleh guru mengidentifikasi perbedaan
kalimat sloga dan kalimat poster.
5. Siswa kemudian diberikan masalah yang ada di dalam
lingkungan sekolah.
6. Siswa dibentuk dalam kelompok kecil (satu kelompok
terdiri dari maksimal 4 siswa).
Fase 3 Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.
7. Guru membimbing masing-masing kelompok menentukan tema
yang akan diangkat ke dalam poster
8. Masing-masing kelompok menentukan dan menyusun kalimat
poster yang sesuai dengan tema melalui kegiatan diskusi kelompok.
9. Masing-masing kelompok membuat poster dengan ketentuan:
a) terdapat kalimat poster
b) disertai ilustrasi gambar (bisa menggambar langsung atau
hasil mengolah gambar lain)
c) poster dibuat ukuran A3
Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
10. Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan posternya
sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, hasil karya siswa ditempelkan
disajikan di depan kelas.
Fase 5 Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
11. Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk
mengomentari karya kelompok lain. Masing-masing kelompok harus menentukan karya
terburuk dari kelompok lain (boleh juga dari kelompok sendiri). Karya yang
terpilih sebagai poster terburuk nantinya akan dibedah dan dievaluasi bersama
di bawah bimbingan guru.
12. Guru memimpin evaluasi terhadap masalah yang terdapat
dalam penulisan dan penyajian poster.
Posting Komentar untuk "Mengaplikasikan (Menulis) Model Pembelajaran Proyek Pelajaran Bahasa Indonesia"
Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)