Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Surat Ketua IPPNU Jember kepada Pengurus Periodenya dalam Konfercab IPPNU Jember Ke-18

Surat Ketua IPPNU Jember kepada Pengurus Periodenya dalam Konfercab IPPNU Jember Ke-18

Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kabupaten Jember menyelenggarakan Konferensi Cabang ke-18 di Pondok Pesantren Darul Arifin, Curah Kalong Kecamatan Bangsalsari. Acara berlangsung dua hari, 24-25 Desember 2016. Konferensi Cabang (Konfercab) merupakan agenda tahunan untuk merumuskan agenda besar IPPNU satu periode ke depan (2 tahun) serta memilih nahkoda baru.

Ketua IPPNU Kabupaten Jember demisioner yang menjabat selama periode 2014-2016 adalah Ana Wijayanti. Kader IPPNU dari Dusun Karang Templek – Ambulu. Pada periode sebelumnya, 2012-2014, Ana Wijayanti menjabat sebagai Sekretaris PC IPPNU Jember, meskipun dalam pelaksanaanya sering menggantikan peran ketua saat itu yang berhalangan untuk melaksanakan amanat sebagai ketua PC IPPNU Jember.

Secara de jure, Ana Wijayanti menjabat satu kali sebagai ketua, tetapi secara de facto dia menjabat dua kali periode sebagai Ketua PC IPPNU Jember. Perlu diketahui bahwa, ketua demisioner tidak boleh dipilih lagi.

Dalam menjalankan amanat sebagai Ketua Pimpinan Cabang IPPNU Jember, banyak sekali kendala yang dialami. Kendala yang paling krusial adalah kesibukan pengurus. Mulai pengurus yang masih sibuk kuliah, sekolah, kerja, bahkan ada yang menikah dan merawat anak.

Dengan segala keterbatasan tersebut, Ana Wijayanti meminta maaf dan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang sepengurusan yang turut serta membantunya. Proses demisioner yang penuh haru, diwarnai dengan isak tangis sesama pengurus menandai berakhirnya kepengurusan Ana Wijayanti. Dalam proses selanjutnya, forum Konferensi Cabang IPPNU Jember memilih Selly yang berasal dari Kecamatan Wuluhan sebagai nahkoda baru organisasi.

Sebagai ucapan terima kasih dan permohonan maaf, Ana Wijayanti menulis surat untuk orang-orang yang telah membantunya. 

Adapun isi lengkap suratnya adalah sebagai berikut:

Assalamualaikum Wr. Wb.

2014 menuju 2016 tidaklah sebentar untuk sebuah kepemimpinan yang sarat dengan perjuangan demi menegakkan panjipanji NU melalui peran pelajar. Pun keadaan geografis Kabupaten Jember yang begitu luas dan beragam terkadang memaksa kita untuk menebalkan sabr saat kita mengunjungi kegiatan demi kegiatan dari PAC/PKPT/PK/PR yang telah mengharapkan kita untuk hadir. Terkadang kita juga harus mengesampingkan kepentingan diri sendiri atau kepentingan keluarga hanya demi kegiatan yang tidak bisa saya membayarnya dengan uang.

Rekanita pengurus PC IPPNU Jember yang saya sayangi, sebagai orang yang selama dua tahun didaulat untuk memimpin, saya merasa bahwa saya masih banyak kekurangan. Saya belum bisa memimpin dengan bik. Saya bukan pemimpin yang baik bahkan lebih banyak hal yang perlu dikoeksi dari pribadi saya. Atas semua kekurangan akan kesalahan yang pernah saya lakukan pada rekanita seklaian saya mohon maaf sebanyak-banyaknya. Berharap samudra maaf dari rekanita sekalian untuk pemimpin seperti saya.

Di akhir kepengurusan ini, ucapan terima kasih seakan tidak bisa menggantikan jerih payah yang sudah kalian relakan untuk PC kita tercinta. Apresiasi meungkin juga ubkn hal yang sepadan untuk lelah kaliah selama dua tahun ini. Namun saya sellau mendoakan semoga semua ini Allah yang membalas. Allah lah sebaik-baikmberi balasan atas semua yang pernah kalian korbankan untuk NU, Aswaja dan IPPNU kita tercinta.

Terimakasih rekanita sudah menemani saya selama dua tahun ini. Hanya selembar kain untuk penutup kepala yang bisa saya berikan sebagai kenang-kenangan untuk kaliah.

Wassalamualaikum Wr. Wb

 -Ana Wijayanti-

Surat tersebut diberikan kepada seluruh pengurus, bersma dengan kain kerudung. Salah satu pengurus yang menjabat sebagai Sekretaris PC IPPNU Jember di kepengurusan Ana Wijayanti tak tahan membendung aliran air mata saat membaca surat itu.

Sekadar catatan, Ana Wijayanti terpilih sebagai Ketua PC IPPNU Jember pada Konferensi Cabang yang dilaksanakan pada September 2016 di kompleks Yayasan IBU (Islam Bustanul Ulum), Pakusari. Akhir periode ditutup dalam Konferensi Cabang pada 25 Desember 2016 di Pondok Pesantren Darul Arifin, Curah Kalong Kecamatan Bangsalsari yang diasuh oleh Gus Aab. Gus Aab adalah sapaan untuk KH Abdullah Samsul Arifin, Ketua PCNU Jember. Juga dikenal dengan sebutan Ra Abduh.

Semoga amal kegiatan kalian dicatat sebagai ibadah. Juga menghasilkan ilmu yang bermanfaat sesuai dengan slogan Belajar Berjuang Bertakwa. Belajar!


Salam!

Posting Komentar untuk "Surat Ketua IPPNU Jember kepada Pengurus Periodenya dalam Konfercab IPPNU Jember Ke-18"