Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

14 Sinonim (Persamaan) Rindu Beserta Pengertiannya dalam Bahasa Indonesia

14 Sinonim (Persamaan) Rindu Beserta Pengertiannya dalam Bahasa Indonesia


Dalam Kamus Sinonim (Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia Pusta Bahasa), saya menyingkatnya menjadi TABI, terdapat 14 Sinonim atau Persamaan kata Rindu. Penjelasan sinonim kata rindu dalam TABI terdapat pada halaman 482. (Lihat Tesaurus Alafabetis Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, 2010: 482).

Berikut ini adalah sinonim kata Rindu dalam TABI.

cinta,
cita,
duka,
dukacita,
gelebah,
gelisah,
gulana,
kangen,
nestapa,

sedih hati,
sungkwa,
susah hati,
teragak,
terista,


Berdasarkan keempat belas sinonim kata rindu di atas dapat diketahui bahwa kata rindu memiliki sinonim kebaikan juga sekaligus kebaikan.

Berikut ini pejelasan arti sinonim kata rindu. Dimulai arti kata rindu yang terdapat dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Inodnesia) Pusat Bahasa.

Kata rindu dalam KBBI terdapat pada halaman 1175 (KBBI, 2008: 1175). Kata rindu merupakan adverbia yaitu kata yang bisa memberikan keterangan pada verba, adjektiva, nomina predikatif, dan kalimat. Misalnya kata sangat, lebih, dan tidak. 

Adapun dalam KBBI, terdapat dua arti kata rindu:

1. sangat ingin dan berharap benar terhdaap sesuatu.
Contoh: ia rindu akan kemerdekaan. Berarti sangat mengharapkan kemerdekaan.

2. memiliki keinginan yang kuat untuk bertemu (hendak pulang ke kampung halaman).
Contoh: ia rindu benar kepada anak-istrinya. Berarti sangat mengingginkan pulang ke kampung halaman.

Jadi, melihat arti kata rindu yang terdapat dalam KBBI, kata tersebut bukan sekadar digunakan untuk orang yang dicintai atau oleh pacar kepada kekasihnya.

Selanjutnya dijelaskan arti dari masing-masing arti kata yang bersinonim dengan kata rindu.

cinta, 

Ada empat arti cinta dalam KBBI. Lihat KBBI halaman 268. (KBBI Pusat Bahasa Edisi Keempat).
1. suka sekai; sayang benar. Contoh: orang tuaku cinta kepada kami semua.

2. Kasih sekali (terpikat) antara lakilaki dan perempuan).  Contoh: Sebenarnya ia tidak cinta kepada  lelaki itu, tetapi hanya menginginkan hartanya saja.

3. Ingin sekali, berharap  sekali; rindu. Contoh: makin ditindas makin terasa betapa cintanya akan kemerdekaan negeri ini.

4. (istilah klasik), susah hati atau khawatir; risau.

cita,

Kata cita adalah nomina. Dalam KBBI Pusat Bahasa (lihat halaman 269), kata cita memiliki 5 pengertian. yaitu: 1) rasa; perasaan hati; 2) cipta [dalam istilah klasik]; 3) cita-cita; 4)cinta; 5) ide; gagasan.

duka,

arti duka dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terdapat pada halaman 346. Arti duka adalah susah hati; sedi hati. Contoh: kawan dalam suka dan duka. Maksudnya saat senang dan saat susah tetap berkawan.

dukacita,

apa bedanya duka dan duka cita? Duka adalah adverbia, sedangkan dukacita adalah nomina. Duka adalah sifat sementara dukacita adalah benda abstrak yang berarti kesedihan dan kesusahan.

gelebah,

Gelebah terdapat pada halaman 429 Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Arti gelebah sama halnya dengan duka. Namun gelebah merupakan kata klasik yang sudah jarang digunakan lagi. Arti gelebah adalah sedih; gelisah. Gelebah termasuk dalam kelas kata adverbia.

gelisah,

Kata gelisah terdapat pada halaman 432. Arti gelisah dalam KBBI adalah tidak tentram, selalu merasa khawatir (tentang suasana hati); tidak tenang (tentang tidur); tidak sabar lagi dalam menanti. Mungkin arti gelisah ini merupakan efek ingin bertemu alias rindu.

gulana,

Gulana terdapat pada halaman 465 dalam KBBI. Memiliki arti letih; lesu; layu. Berarti tidak bersemangat.

kangen,

kangen adalah kata dalam ragam percakapan (bukan bahasa Indonesia baku). Artinya ingin sekali bertemu alias rindu.

nestapa,

Kata nestapa dalam KBBI terdapt pada halaman 960. Memiliki arti sedih sekali dan susah hati. Kata ini termasuk kelas kata adverbia. 

sedih hati,

Dari susunan kata sudah jelas artinya bahwa, sedih hati adalah susah.

sungkawa,

Sungkawa identik dengan frasa ikut berbela sungkawa. Sebenarnya arti sungkawa adalah bahasa Jawa yang diserap ke dalam bahasa Indonesia (lihat KBBI, 2008: 1357). Arti sungkawa adalah sedih hati, dan dukacita.

susah hati,

arti susah hati sudah jelas dari istilahnya,

teragak, 

Teragak adalah verba (kata kerja). Turunan dari kata dasar agak yang mendapat imbuhan ter-. (lihat KBBI, 2008: 14). Arti teragak adalah rindu; ingin benar akan bertemu; Pengertian yang kedua adalah terkira atau tersangka.


terista,

Beda dengan teragak yang berasal dari kata dasar agak, kata terista tidak berasal dari kata ista. Kata terista merupakan kata dasar yang terdapat pada urutan lema yang diawali dengan huruf t. Terista merupakan kata arkais yang sudah tidak lagi digunakan dalam percakapan bahasa Indonesia. Arti terista adalah sedih, daukacita.

Ada satu kata yang identik dengan kata rindu dan kata gulana yang tidak termasuk dalam sinonim atau persamaan kata rindu. Kata itu adalah kata gundah. 

Gundah termasuk dalam kata klasik yang sudah ada sejak lama dan sudah jarang lagi digunakan secara mandiri, kecuali pada kata-kata tertentu. Dalam KBBI penejelasan kata Gundah terdapat pada halaman 466.

Gundah memiliki arti sedih, bimbang, gelisah. 

Kata rindu justru identik dengan kata sedih atau dengan kata duka. Rindu memang di satu sisi identik dengan cinta, tetapi rindu adalah cinta yang tidak bisa bertemu. Maka dari itu, rindu adalah keadaan tidak enak.

Selamat merindu......

Bagikan kepada orang yang kamu rindukan atau kepada orang yang mungkin merindukanmu. Agar mereka tahu apa arti rindu yang sebenarnya....

Posting Komentar untuk "14 Sinonim (Persamaan) Rindu Beserta Pengertiannya dalam Bahasa Indonesia"