Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti Nama Muhammad dan Variasinya dalam Bahasa Indonesia

Arti Nama Muhammad dan Variasinya dalam Bahasa Indonesia


Nama Muhammad sudah digunakan sebagai nama orang di Indonesia. Bahkan sebelum kemerdekaan, nama tokoh perjuangan dan pergerakan di Indonesia sudah menggunakan Muhammad di awal nama.

Contoh nama tokoh yang menggunakan nama Muhammad antara lain M. Yamin (Muhammad Yamin), Muhammad Roem, M. Natsir, dan Moh. Hatta. Tokoh-tokoh tersebut merupakan tokoh pejuang bangsa Indonesia. Bahkan, nama Moh. Hatta tercatat sebagai proklamator kemerdekaan bangsa Indonesia.

Di awal kemerdekaan, tokoh yang menggunakan nama Muhammad di awal nama adalah mereka yang berlatar belakang  dari wilayah Sumatera. Sementara tokoh-tokoh yang berasal dari daerah lain, termasuk dari Jawa,  masih kental nama Jawa. Misalnya: Soekarno, Kasman Singodimejo. Meskipun tokoh tersebut merupakan tokoh Islam jika berasal dari Jawa, tidak menggunakan nama Muhammad. Contoh: Tjokro Aminoto (Cokro Aminoto), tokoh Sarekat Islam.


Bahkan, tokoh yang berasal dari kalangan pesantren juga tidak menggunakan nama Muhammad di awal. Contoh Wahid Hasyim putra KH. Hasyim Asyari, yang juga ayahanda KH. Abdurahman Wahid.

Penamaan masyarakat Jawa pada waktu itu (sebelum kemerdekaan) masih tidak identik dengan penggunaan muhammad. Namun, dalam perkembangannya, nama Muhammad juga digunakan untuk nama orang Jawa. Bahkan di kalangan santri, penggunaan nama Muhammad untuk anak laki-laki seolah-olah menjadi kewajiban. Seperti halnya nama Siti yang ‘harus’ digunakan oleh anak perempuan.

Arti Muhammad

Muhammad merupakan serapan dari bahasa Arab hasil transliterasi dari tulisan Arab  (محمد). Kata muhammad ini merupakan bentuk turunan dari hamada (حمد) yang memiliki arti dasar puji, syukur, terimakasih. Sementara, muhammad artinya adalah orang yang terpuji.

Variasi penulisan muhammad yang ada pada nama orang Indonesia sangat beragam. Bentuk penulisan nama Muhammad antara lain sebagai berikut.

-  Hanya ditulis satu huruf: M

Contoh nama tokoh M. Yamin, M. Natsir.

- Ditulis Moh.

Contoh nama tokoh Moh. Hatta. Penulisan ini juga banyak digunakan untuk nama orang yang disingkat. Contoh nama tokoh sekarang adalah Moh. Mahfud MD. Adakalanya juga ditulis: Moch. Contoh Moch. Sroedji tokoh pahlawan dari Jember.

Berikut variasi penulisan nama Muhammad yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia: Muhamad; Muchammad; Mochammad; Mohammad; Muhamat; Moch. Dalam masyarakat Jawa dan Madura biasanya hanya ditulis Mat atau Mad saja. Hal ini disebabkan karena masyarakat cenderung menggunakan bahasa lisan daripada bahasa tulis. Jadi, ketika ada pendataan KTP misalnya, ketika ditanya siapa namanya? Dijawab: Mat Juari akhirnya ditulis Mat Juari oleh petugas.

Penggunan nama Mat atau Mad ini banyak di Jawa Timur juga wilayah lain. Nama mad atau mat juga digunakan dalam dunia hiburan misalnya ada nama tokoh Mat Solar dalam serial dan film Bajaj Bajuri. Contoh lain adalah Mat Pi’i tokoh fiktif dalam koran Radar Jember. Penyingkatan ini berasal dari Muhammad Syafi’i  menjadi Mat Pi’i.

Lalu, sebenarnya bagaimana penulisan nama Muhammad yang benar?

Penulisan nama muhammad yang benar:
Seperti telah dijelaskan di atas, nama muhammad merupakan hasil transliterasi dari tulisan arab. Jika diurai, tulisan arab itu terdiri dari mim, ha’, mim (yang ditasdid), dan dal (م، ح، مّ، د ). Dalam kaidah ilmu tajwid (ilmu bunyi Bahasa Arab), mim yang bertasydid menandakan sebenarnya ada dua mim, di situ.

Masing-masing huruf tersebut jika ditransliterasikan ke tulisan latin bahasa Indonesia menjadi m, h, m, m, dan d. Kemudian, penggunaan huruf vokal dalam Bahasa Indonesia berdasarkan harakat yang digunakan dalam Bahasa Arab. Maka مُ menjadi mu;   حَ  menjadi ha dan مّ  menjadi mma, diakhiri dengan دْ sehingga tidak perlu vokal. Jadilah Muhammad.

Penulisan muhammad ini berdasarkan transliterasi yang disesuaikan dengan lidah Indonesia dan kesusaian pelafalan huruf Arab berdasarkan ilmu tajwid. Jikapun tidak ditulis muhammad tapi variasi yang lain, juga tidak apa-apa. Tidak ada yang salah dalam penulisan nama.

Selain muhammad bentuk turunan dari kata dasar hamada juga diserap ke dalam bahasa Indonesia. Nama lain yang berasal dari bahasa Arab yang sejenis dengan muhammad adalah: mahmud; ahmad; dan hamid.

Muhammad artinya orang yang terpuji.
Mahmud  artiya yang terpuji.
Hamid artinya yang punya nama baik.
Ahmad  artinya melakukan perbuatan terpuji.

Arti-arti di atas dikutip dari Kamus Al-Munawwir Arab Indonesia Terlengkap (lihat Munawwir, AW: 1997:294).

Kata mahmud dan hamid bisa digunakan untuk nama perempuan dengan menambah ta’ marbuta (ة) di bagian akhir kata menjadi mahmudah, dan hamidah. Artinya tetap.

Selain memiliki arti yang bagus, biasanya penggunaan nama muhammad dan berbagai variasinya yang sejenis, bukan semata-mata memperhatikan arti nama tetapi juga berkeinginan untuk meniru nama Nabi. Yaitu Nabi Muhammad. Bagi seorang muslim, meniru Nabi adalah sebuah hal yang terpuji. Setidaknya, dengan menyematkan nama muhammad pada nama anaknya, disertati harapan bahwa anaknya bisa meniru dan menjadi umat Nabi yang baik.

Lain lagi dengan istilah mahmud yang akhir-akhir ini berkembang di masyarakat. Khususnya melalui media sosial. Istilah mahmud yang digunakan dalam meme ataupun pernyataan di sosial media merupakan akronimisasi kata mahmud dari frasa mamah muda. Maksudnya, ibu-ibu yang masih muda.

Tambahan, berikut nama mad yang hanya diambil belakangnya saja, yang pernah saya dengar di lingkungan saya:
Mad Rais, Mat Juari, Mat Pi’i. Mat Pak Sol, Matasan (ini bentuk singkat dari Muhammad Hasan, mungkin), Madrani (akronim dari Muhammad Roni, mungkin), Mat curut (ini namanya Ahmad, panggilannya curut, jadinya begitu).


Kalau di sekitar Anda, ada yang bernama Muhammad atau sekadar dipanggil Mad?

9 komentar untuk "Arti Nama Muhammad dan Variasinya dalam Bahasa Indonesia"

  1. Ya ayah saya diktp disingkat M.MAULANA tapi di ijazah muhamad maulana.perbaiki jadi muhammad maulana harus ke pengadilan dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, itulah indonesia. Hehehe. Yang salah siapa, kita yang harus menanggung bebannya.

      Hapus
  2. Nama ku mohamad dalam ijazah tpi ingin ngerubah nama menjadi muhammad harus ke pengâdilan bagaimana penulisan nmku benar atau salah maklum orng tua dulu

    BalasHapus
  3. Klw nama duluan kemudian nama Muhammad misalnya fudy Muhammad apa bisa bgt ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nama kan terserah. Ada orang yang tidak pakai Muhammad. Tidak papa juga.

      Hapus
  4. Anonim6/27/2022

    Nama anak penulisannya Muhamad bukan Muhammad apa boleh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada yang melarang....

      Hapus
    2. Gpp lah, anakku jg gtu aku pikir double M trnyta akte lahir ditulis Muhamad bukan Muhammad smpe skrg udah SMP ijasah dan KK ttep bgtu

      Hapus