Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Teks Sastra dan Non-Sastra Beserta Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Berikut ini merupakan Contoh Soal  Pilihan Ganda Teks Sastra dan Non-Sastra yang terdapat dalam dalam Soal UN. Sekaligus ditulis Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Semoga bermanfaat dan bisa diunduh alias di-download dengan mudah.

Soal Nomor 4
Bacalah teks berikut!
Jenderal Besar Soedirman, lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916. Beliau merupakan salah seorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia.  Meski menderita sakit paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatar belakang seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan. Ia berpangkat jenderal pada usia 31 tahun.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah
a. Seorang guru HIS Muhammadiyah
b. menjadi Jenderal saat usianya 31 tahun
c. pejuang dan pahlawan Muhammadiyah
d. pemimpin perang gerilya melawan musuh


KUNCI JAWABAN: B
PEMBAHASAN:
Yang ditanyakan dalam soal di atas adalah berkaitan dengan keistimewaan tokoh. Jawaban A, C, dan D sama benarnya menurut bacaan. Tetapi kurang tepat jika disebut istimewa. Istimewa adalah hal yang tidak bisa dimiliki atau sangat sulit dilakukan oleh orang lain. Perbedaan  Keistimewaan dan hal yang dapat diteladani dari tokoh dapat dibaca di sini. Maka, hal yang mustahil dilakukan oleh orang lain adalah menjadi Jenderal di usia yang masih sangat muda, yaitu usia 31 tahun.
SOAL NOMOR 6



Bacalah teks berikut!
Tim Nasional Indonesia U-19 dijadwalkan menggelar pemusatan latihan di Eropa. Ternyata, ada beberapa menu wajib yang dibwa oleh Evan Dimas dan kawan-kawan ke salah satu negara benua biru tersebut. Kecap jadi ‘barang’ yang wajib dibawa. Kecap sebagai penyedap makanan aman untuk dikonsumsi Timnas U-19.

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah...
a. Jadwal Pemusatan Latihan Timnas U-19 di Indonesia.
b. Persiapan yang dibawa Evan Dimas dan kawan-kawan.
c. Kecap adalah makanan kesukaan seluruh Timnas U-19.
d. Tim Nasional Indonesia U-19 dijadwalkan latihan di Eropa


KUNCI JAWABAN: D
PEMBAHASAN:
Jawaban nomor satu salah karena latihan akan dilaksanakan di Eropa. Jawaban B salah karena yang dibahas dalam teks soal di atas berkaitan dengan jadwal latihan, dan menu yang dibawa bukan membahas persiapan yang dibawa oleh Evan Dimas. Pernyataan Kecap sebagai menu kesukaan juga tidak terdapat pada teks bacaan soal karena hanya disebutkan wajib dibawa karena penyedap makanan yang aman.

SOAL NOMOR 8
Bacalah teks berikut!
Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Dengan kebersihan lingkungan sekolah menjadi nyaman. Kenyamanan mereka menjadi faktor penunjang keberhasilan belajar bagi siswa. Dengan kenyamanan itu pula, para guru lancar menjalankan tugasnya.
Kebersihan lingkungan sekolah juga mendukung kesehatan warga sekolah. Dengan lingkugnan yang bersih, sekolah terbebas dari berbagai penyakit. Penyakit berat maupun ringan tidak akan menyerang warga sekolah.

Ringkasan teks tersebut adalah....
a. Kebersihan lingkungan sekolah membuat warga sekolah menjadi nyaman dan sehat.
b. Kebersihan lingkungan tidak terpisahkan dengan kesehatan warga sekolah yang nyaman.
c. Kebersihan lingkungan sekolah mendukung keberhasilan kesehatan seluruh warga sekolah.
d. Kebersihan lingkungan sekolah akan menjadi penjamin kesehatan dan keberhasilan warga sekolah.


KUNCI JAWABAN: C
PEMBAHASAN:
Yang ditanyakan dalam soal di atas adalah ringkasan teks. Ringkasan teks harus mencakup inti seluruh bacaan. Teks di atas terdiri dari dua paragraf, maka masing-masing paragraf harus terwakili ide pokoknya. Ide pokok paragraf pertama adalah kaitan keberhasilan lingkungan sekolah dengan kesehatan warga sekolah. Paragraf kedua membahas kaitan kebersihan sekolah dengan keberhasilan warga sekolah. Jadi, yang sangat mungkin adalah jawaban C, dan D. Jawaban C lebih tepat dari jawaban D karena dalam jawaban C, kebersihan disebut sebagai pendukung, sesuai dengan teksnya. Bukannya penjamin.

SOAL NOMOR 12
Bacalah teks berikut!
(1) Secara umum, saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif. (2) Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji  secara akademis. (3) Banyak juga dampak positif yang diterima oleh anak dan lingkungannya jika mereka bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab. (4) Untuk itu, para orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi harus mempertimbangkan porsi masing-masing. (5) Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. (6) Penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.
Kalimat yang menyatakan persetujuan terdapat pada kalimat nomor....

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4


KUNCI JAWABAN: A
PEMBAHASAN:
Yang ditanyakan dalam soal di atas adalah letak persetujuan dalam teks. Wujud persetujuan adan mengiyakan, tidak menolak, dan bersepakat. Maka, pilihan jawaban yang paling mungkin adalah jawaban nomor satu karena sudah jelas dalam kalimat terdapat kata sepakat.


SOAL NOMOR 13
Bacalah kalimat berikut!
Gambar itu menggunakan warna dasar putih kebiru-biruan.
Makna kata dasar pada kalimat tersebut adalah....
a. tanah di bagian bawah.
b. latar yang menjadi alas.
c. bagian yang paling bawah.
d. landasan yang paling utama.

KUNCI JAWABAN: B
PEMBAHASAN:
Kata dasar dalam KBBI memiliki sepuluh arti. Masing-masing pilihan jawaban adalah makna dasar sesuai kamus. Akan tetapi tidak semuanya sesuai dengan konteks kalimat dalam soal di atas. Pilihan A jelas salah karena disebutkan tanah sementara dalam soal disebutkan warna. Pilihan B tepat karena warna berkaitan dengan latar atau background dalam bahasa Inggris.  Jawaban C tidak tepat karena kata dasar yang bermakna bagian paling bawah berkaitan dengan tumpukan. Sementara jawaban D juga tidak tepat karena kata dasar yang berkaitan dengan makna tersebut berkaitan dangan ilmu  dan hukum, misalnya dasar negara.


SOAL NOMOR 14
Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Riwayat Sang Pemimpin
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit     : PT Remaja Rosda Karya Bandung
Keunggulan         : Penggunaan bahasa mudah dipahami
Kelemahan          : Banyak salah dalam penulisan kata

Paragraf yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah....
a. Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Sang Pemimpin menjadi raja. Tulisannya cukup jelas dan dicetak dengan benar.
b. Bahasa yang digunakan dalam buku ini dapat dipahami dan komunikatif, tetapi pembaca tertanggu karena banyak kata yang tercetak salah.
c. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehigga mudah dimengerti. Walaupun demikian, buku ini harus dilengkapi dengan kata-kata baku.
d. Buku berjudul Riwayat Sang Pemimpin karya Ismail Pamungkas dengan penerbit PT Remaja Rosda Karya Bandung menggunakan bahasa yang mudah dipahami walaupun banyak kesalahan penulisan kata.


KUNCI JAWABAN: D
PEMBAHASAN:
Sebuah resensi buku mengharuskan informasi yang lengkap sesuai dengan data buku. Jawaban yang paling sesuai dengan data buku ada pada pilihan D. Hal ini karena data yang lengkap dan pernyataan yang sesuai. Sementara pilihan jawaban yang lain tidak sesuai dan tidak selengkap jawaban D.

SOAL NOMOR 16
Bacalah kutipan cerita berikut!
“Maaf, Bu!” pintaku santun kepada Bu Laras “Saya mengantuk, Bu”.
“Tidak apa-apa, Sab. Silakan cuci muka kalau kau mengantuk, Sab!”
Serentak seisi kelas menertawakanku dan membuatkau malu serta kesal pada diriku sendiri. Leherku terasa sakit karena menahan tangis kekesalanku.
“Sudah-sudah! Anak-anak mengantuk itu manusiawi. Suatu saat kalian bisa saja mengantuk.” Nasihat Bu Laras dengan lembut dan tenang.

Konflik kutipan novel tersebut adalah...
a. permintaan maaf Sab kepada Bu Laras.
b. Bu Laras mempersilakan Sab mencuci muka.
c. Sab kesal ditertawakan seisi kelas.
d. Bu Laras menghibur Sab yang kesal.


KUNCI JAWABAN: C
PEMBAHASAN:
Inti dari konflik adalah permasalahan. Sebuah masalah belum tentu menjadi permasalah (konflik). Permasalahan yang muncul dalam teks sastra di atas adalah Sab yang kesal karena ditertawakan. Bahkan diceritakan bahwa Sab sampai merasakan sakit di lehernya karena menahan kesal. Berarti itu adalah maslah yang pelik.


SOAL NOMOR 21
Bacalah teks cerita berikut!
Berbagai pikiran buruk menghantui kepala yang penat dan tubuh yang lelah. Kemanakah engkau gadis kecil? Mungkinkah anak gedongan itu telah tewas? Parameter pencarian demikian luas. Flo bisa saja tidak menuruni lereng menuju ke lembah melainkan naik terus ke puncak atau berjalan berputar-putar mengelilingi lereng, tersesat dalam fatamorgana sampai habis tenaganya.

Simpulan akibat dari konflik tersebut adalah...
a. Pencarian terhadap tokoh belum berhasil ditemukan.
b. Pencarian tokoh dilakukan di lereng dan di lembah.
c. Pencarian terhadap tokoh dihentikan karena lelah.
d. Pencarian terhadap tokoh dihentikan karena tokoh tewas.

KUNCI JAWABAN: A
PEMBAHASAN:
Tokoh Flo masih belum ditemukan karena masih ada pertanyaan, kemanakah engka gadis kecil? Hal ini mengindikasikan bahwa yang bersangkutan (tokoh Flo) masih dicari. Adapun berkaitan dengan latar tempat, itu masih ada dalam pikiran pengarang, masih bisa saja jadi masih belum pasti. Pernyataan pencarian dihentikan juga tidak terdapat dalam teks sastra di atas. Pilihan jawaban yang terakhir juga salah karena tidak ada pernyataan tokoh flo tewas.


SOAL NOMOR 24
Bacalah teks berikut!
Tidak biasa aku berlibur dengan keluarga. Kepergian ini hanyalah karena anak yang hidup di tengah keramaian Jakarta, yang berangkat subuh dan pulang tengah malam dari kantornya. Ada kejenuhan dalam tugasnya yang rutin, membuat ia mengambil keputusan berlibur ke Bali bersama orang tua. Aku yang biasa masuk kantor dan pulang kantor selama puluhan tahun, kerapkali lupa cuti karena tidak tahu apa yang harus dilakukan waktu cuti. Dan kini, aku duduk di tepi Laut Hindia, menyaksikan ombak  memukul-mukul pantai, senja turun ke tepi laut, matahari memerah dan bundar, cahaya keindahan Tuhan sangat mengesankan ratusan orang dari berbagai bangsa terpaku di atas batu-batu.

Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah....
a. bekerjalah dengan giat untuk mengejar kerier
b. dalam bekerja jangan melupakan orang tua
c. perlu ada waktu untuk beristirahat
d. berlibur diperlukan setiap saat


KUNCI JAWABAN: C
PEMBAHASAN:
Nilai moral dalam sebuah teks sastra dapat diketahui melalui pembacaan secara menyeluruh. Juga harus disesuaikan dengan teks yang dibaca. Dalam teks sastra di atas diceritakan bahwa tokoh aku adalah pekerja keras yang sampai lupa cuti. Di bagian akhir teks, disebutkan bahwa tokoh aku sedang menikmati pemandangan ciptaan Tuhan. Jadi, yang paling tepat adalah C. Jawaban A tidak sesuai karena tidak membahas dengan kesuksesan karier. Sementara dalam teks sastra juga tidak membahas hubungan dengan orang tua. Jawaban D juga bukan sebuah nilai moral karena sangat tidak  mungkin untuk berlibur setiap saat.

SOAL NOMOR 25
Bacalah teks berikut!
TEKS 1
“Chendy, Chendy, Chendy, bangun, Nak!” Teriak Ibu Sulyem, Ibunda Chendy dari luar kamar. Ketika tidak ada jawaban Ibu Sulyem masuk dan menggoyangkan badan Chendy. Ibu Sulyem tekeju. “Hah! Badanmu panas sekali. Cepat bangun, kita langsung ke dokter saja.” Seisi rumah menjadi hboh. Ayah, Mahendra, Kakak Chendy, dan Dicki supir keluara Chendy ikut panik.

TEKS 2
Gunung Marbela sudah lama tidak menunjukkan aktivitasnya. Gunug in dijadikan objek wisata oleh massyarakat sekitarnya. Selain pemandangannya indah di Gunugn Marbela juga tumbuh bunga langka yang hanya tumbuh di Gunung Marbela. Tidak mengherankan saat liburan, banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.

Perbedaan pola pengembangan kedua teks di atas adalah....

TEKS 1
TEKS 2
A
Dimulai dengan lokasi
Dimulai dengan aksi
B
Dimulai dengan aksi
Dimulai dengan lokasi
C
Dimulai dengan garis besar masalah
Dimulai dngan aksi
D
Dimulai dengan lokasi
Dimulai dengan garis besar masalah

KUNCI JAWABAN: D
PEMBAHASAN:
Untuk mengerjakan tipe soal pembandingan dua teks seperti ini, maka yang harus dilakukan adalah menelaah satu teks terlebih dahulu. Misalnya, teks 1 yang diamati. Dibandingkan dengan pilihan jawabannya. Maka dapat diketahui bahwa pilihan jawaban yang paling memungkinkan adalah dimulai dengan lokasi. Karena bagian awal cerita menyebutkan bahwa, Ibunda Chendy dari luar kamar jadi lokasinya ada di luar kamar. Pilihan jawaban yang mungkin adalah A dan D. Sementara teks yang kedua yang paling pas adalah D karena kalimat pertama merupakan ide pokok keseluruhan teks.

Semoga Contoh Soal dan Pembahasannya ini bermanfaat untuk menambah refernsi teks sastra dan teks non sastra untuk persiapan Ujian Nasional. Silahkan diunduh alias di-download untuk latihan soal. 

8 komentar untuk "Contoh Soal Teks Sastra dan Non-Sastra Beserta Kunci Jawaban dan Pembahasannya"

  1. latihan yang anda tampil sangat membantu bagi siswa-siswa kami, terimaksih. semoga Allah Swt membalas kebaikan anda. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terima kasih atas doanya. Semoga siswa-siswi kita mampu menghadapi ujian dan juga mampu menjadi pribadi yang baik dan berbudi. :)

      Hapus
  2. Jazakumullah... Bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  3. Sangat membantu,tapi sayang Soal nya sedikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibaca contoh soal yang lain pak Abdul Haris.

      Hapus
  4. kalau boleh tau, yang mana soal teks sastra yang mana yg non sastra?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sastra itu yg kaya pantun gitu² kalo yg non sastra itu semua soal yg ada diatas

      Hapus