Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Puisi Pendek yang Bemakna tidak Pendek

Puisi adalah karya sastra yang menggunakan kata-kata indah untuk mengungkapkan sesuatu, baik berutujuan untuk mengkritik, mengungkapkan perasaan cinta, perasaan sedih, atau bahkan berdoa. Sebuah puisi pendeknya merupakan enkspresi diri.

Ada berbagai macam penulisan puisi. Ada puisi lirik, ada puisi panjang seperti prosa, ada puisi pamflet, ada puisi pendek, ada pula puisi kontemporer. Puisi kontemporer ada pula yang disebut dengan puisi pendek. Contohnya puisi karya Sitor Situmorang. Dapat dikatan sebagai contoh puisi pendek sekali.


Sumber Gambar: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/

Bayangkan puisi Sitor hanya terdiri dari satu judul yang tediri dari dua kata. Puisi pendek karya sitor situmorang ini juga hanya terdiri dari tiga kata yang menjadi barisnya, hanya satu baris. Bayangkan betapa pendeknya puisi Sitor Situorang ini.

Berikut ini contoh puisi pendek karya Sitor Situmorang:

Malam Lebaran

Bulan di atas kuburan

Sudah, puisinya begitu saja. Sangat pas jika disebut dengan puisi pendek, mungkin juga super pendek. Tetapi memiliki kedalaman makna.

Ada sebuah tulisan yang membahas Puisi Pendek karya Sitor ini. Biasanya Malam Lebaran identik dengan malam takbir idulfitri. Jika malam takbir idulfitri maka seharusnya tidak ada rembulan karena rembulan masih sangat kecil di ufuk barat.

Maka, jika melihat fenomena alam, dipastikan yang dimaksud malam lebaran dalam contoh puisi pendek di atas adalah malam lebaran iduladha. Karena selain untuk menyebut hari raya idulfitri, kata lebaran juga digunakan untuk menyebut hariraya iduladha.

Puisi 'Malam Lebaran' karya Sitor Situmorang di atas adalah contoh puisi pendek yang memiliki makna yang sangat panjang. Mengapa malam lebaran, mengapa di atas kuburan. Bukan di atas yang lain.

Dapat disimpulkan bahwa, malam lebaran iduladha identik dengan pengorbanan, karena juga disebut dengan hari raya kurban. Nah, kuburan adalah simbol kematian. Kematian seseorang biasaya yang juga menjadi korban. Meskipun contoh puisinya 'hanya' satu baris, puisi pendek, tetapi maknanya tidak pendek.

Ada lagi karya contoh puisi pendek tetapi memiliki makna yang sangat panjang. Contoh puisi pendek selanjutnya tersebut adalah karya Taufiq Ismail.

Puisi karya Taufiq Ismail yang berjudul 'Dengan Puisi Aku' dapat digolongkan sebagai contoh puisi pendek. Berikut ini puisi lengkap karya Taufiq Ismail tersebut:

Dengan Puisi Aku

Dengan puisi aku bernyanyi
Sampai senja umurku nanti
dengan puisi aku bercinta
Berbaur Cakrawala

Dengan puisi aku mengenang
Keabadian yang akan datang
dengan puisi aku menangis
Jarum waktu bila kejam mengiris

Dengan puisi aku mengutuk
Napas zaman yang busuk
Dengan puisi aku berdoa
Perkenankanlah kiranya

Puisi di atas terdiri dari tiga bait. Tetapi maknanya sangat dalam. Jika dijelaskan bisa dijelaskan berdasarkan dua baris.

Dengan puisi aku bernyanyi/ Sampai senja umurku nanti

Artinya adalah dengan puisi, penyair ingin bernyanyi (bersenandung) mengabarkan kegembiraan. Meskipun sampai hari tua.

Dengan puisi aku bercinta/ Berbaur cakrawala

Artinya adalah dengan menulis puisi atau berpuisi, penyair ingin menyatakan cintanya, kepada alam semesta yang ditandai dengan kata 'cakrawala'.

Dengan puisi aku mengenang/ Keabadian yang akan datang

Artinya dengan puisi penyair akan mengenang kejadian yang pernah dialami, sehingga di masa yang akan datang menjadi sesuatu yang abadi.

Dengan puisi aku menangis/ Jarum waktu bila kejam mengiris

Artinya dengan puisi penyair ingin mengungkapkan kesedihannya ketika keadaan (jaraum waktu) membuatnya bersedih, dan keadaan kejam terhadap dirinya.

Dengan puisi aku mengutuk/ Napas zaman yang busuk

Artinya dengan puisi penyair ingin menggugat dan protes terhadap kondisi zaman yang busuk. Baik kondisi masyarakat maupun kondisi pemerintah maupun kondisi sosial lainnya.

Dengan puisi aku berdoa/ perkenankanlah kiranya

Artinya dengan menulis puisi penyair menulis doa, dan berharap diperkenankan (dikabulkan) oleh tuhan.

Sekali lagi berasal dari puisi pendek, makna yang digali bisa sangat panjang dan sangat dalam. Bisa memberikan pelajaran dan mengungkapkan segala hal yang sedang dialami oleh penyairnya.

Demikian adalah contoh puisi pendek yang berisi makna yang sangat dalam. Jika pembaca memiliki contoh puisi pendek yang lain bisa berbagi melalui komentar.

Selamat berpuisi, salam Pustamun!

Posting Komentar untuk "Contoh Puisi Pendek yang Bemakna tidak Pendek"