Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Uji Coba (Try Out) UN 2017, Jawaban dan Pembahasannya

Kunci jawaban dan pembahasan soal Try Out UN Bahasa Indonesia SMP 2017


Naskah soal yang ada di sini adalah saal Uji Coba UN Bahasa dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jember yang dilaksanakan pada 3 April 2017.

Soal Nomor 1
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Mario Teguh adalah seorang muslim yang menjadi motivator, konsultan bisnis dan kepribadian asala Indonesia. Beliau mampu emberikan motivasi kepada banyak orang dengan cara yang mudah diterima oleh khalayak. Selain itu beliau juga tidak sombong dan tetap rendah hati serta taat pada perintah Tuhan.

Makna kata motivator pada teks tersebut adalah...
a. Mendorong
b. Pendorong
c. Menyemangati
d. Penyemangat

Contoh Soal Try Sout UN 2017 Beserta Jawaban dan Pembahasannya


Jawaban: D

Pembahasan:
Jawaban yang benar adalah D, penyemangat. Motivasi adalah alasan untuk melakukan sesuatu. Sementara motivator adalah orang yang memberikan motivasi. Jadi, motivator yang paling tepat adalah penyemangat. Agar bersemangat untuk melakukan sesuatu.

Soal Nomor 2
Bacalah  teks berikut dengan cermat!
Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang memunyai nilai ekonomi tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipsi tanpa biji. Beberapa petani di berbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.

Informasi yang terdapat pada teks tersbut adalah....
a. Jeruk nipis tanpa biji tidak diminati dai pasaran dan harganya sangat murah.
b. Peminat bisnis jeruk nipis yang memiiki lahan sempit dapat menanam dalam pot.
c. Jeruk nipis salah satu buah tropis ang jadi primadona yang tidak punya nilai ekonomi.
d. Beberapa petani beranjak mengebunkan jeruk dalam skala lebih luas dan intensif.

Jawaban: B

Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah B karena pernyataan tersebut sesuai dengan teks bacaan di atasnya. Jawaban A salah karena dikatakan tidak diminati. Padahal Jeruk nipis mulai diminati. Jawaban C salah karena dikatan jeruk nipis tidak punya nilai ekonomi. Jawaban D menjadi pengecoh yang sangat berbahaya. Seakan-akan benar padahal salah. Karena yang dibahas dalam teks di atas adalah jeruk nipis, sementara pada jawaban D hanya disebut jeruk, bukan jeruk nipis.

Soal Nomor 3
Bacalah  teks berikut dengan cermat!
(1)    Pantai Parangtritis sering menelan korban. (2) Sebagian masyarakat menganggap peristiwa tersebut berkaitan dengan hal-hal mistis, yakni dikarenakan Ratu Pantai selatan meminta tumbal. (3) Para praktisi ilmu kebumian menegaskan bahwa penyebab utama hilangnya sejumlah wisatawan di Pantai Parangtritis, Bantul, adalah akibat terseret rip curren yang kecepatan mencapai 80 kilometer per jam, arus balik tidak anya kuat, tetapi juga mematikan. (4) Jadi, banyaknya korban tenggelam tidak ada kaintannya sama sekali dengan anggapan para masyarakat.
Pendapat yang mendudkung pada teks tersebut ditnadai nomor....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

Jawaban: C

Pembahasan:
Jawaban yang paling tepat adalah C, karena pada kalimat ketiga tersebut penyataannya merupakan alasan mengapa Pantai Parangtritis sering menelan korban jiwa. Sering menelan korban jiwa diakibatkan ole arus balik bawah laut yang sangat kuat. Sementara kalimat kedua, hanya berisi anggapan, bukan alasan mendukung pernyataan kalimat (1). Begitu pula denga kalimat (4) berisi penjelasan (penolakan) terhadap anggapan masyarakat.

Soal Nomor 4
Bacalah  teks berikut dengan cermat!
Berbagai macam industri  menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar untuk menggerakkan mesin-mesin pabarik. Alat-alat transportasi, baik darat, laut maupun udara juga menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakarnya. Sumber energi lain, seperti gas gumi, batubara memang merupakan smber energi yang penting pula. Namun, baik dilihat dari segi nilai ekonomis maupun praktis, minyak bmi masih merupakan sumber energi utama di samping gas bumi maupun batu bara. Sampai sekarang, minyak bumi masih merupakan bahan bakar yang utama.

Ide pokok teks tersebut adalah ....
a. Minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar industri dan transportasi.
b. Bahan bakaryang utam asamapi saat ini adalah minyak bumi.
c. Bahan bakar minyak bumi digunakan untuk menggerakkan mesin pabrik.
d. Alat-alat transportasi menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar.

Jawaban: B

Pembahasan:
Ide pokok pada paragraf di atas ada di bagian akhir. Kalimat pertama hingga keempat menjelaskan bahwa minyak bumi adalah bahan bakar utama. Karena batu bara dan gas bumi masih tidak praktis dibandingkan dengan minyak bumi.

Soal Nomor 5
Bacalah  teks berikut dengan cermat!
Masalah kemiskinan nelayan Indonesia saat ini tengah jadi perhatian pemerintah. Dilihat dari nilai tukar nelayan di beberapa propinsi, daya beli mereka mulai naik. Kebijakan pemerintah yang menangani penangkapan ikan secara ilegal mulai berdampak. Mereka mengaku makin  mudah mendapatkan ikan di sejumlah perairan. Masalah mereka mulai terurai.

Simpulan teks tersebut adalah....
a. Masalah kemiskinan nelayan Indonesia mulai terselesaikan.
b. Nilai tukar nelayan di beberapa propinsi mulai naik.
c. Kebijakan pemerintah memudahkan nelayan mencari ikan.
d. Pemerintah memperhatikan permasalahan nelayan miskin.

Jawaban: A

Pembahasan:
Yang ditanyakan adalah simpulan. Simpulan adalah konklusi atau penyelesaian dari sebuah permasalahan yang dibahas. Yang menjadi permasalahan adalah kemiskinan nelayan. Masalah tersebut sudah mulai menjadi perhatian, akhirnya peningkatan ekonomi nelayan karena mudah mendapatkan ikan. Akhirnya, masalah kemiskinan nelayan muali terselesaikan.

Soal Nomor 6
Bacalah  teks berikut dengan cermat!
(1) Banyak sekolah merlarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah. (2) Sebagian besar menganggap bahwa memebawa telepon seluler ke sekolah dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran. (3) Hal itu memang benar, ketika telepon berdering di kelas, maka kegiatan pembelajaran akan terganggu. (4) Meskipun begitu ada beberapa sekolah yang berpendapat sebaliknya, karena telepon seluler dapat dimanfaatkan sebagai media belajar di sekolah.

Pendapat yang tidak mendukung pada teks tersebut ditandai nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

Jawaban: D

Pembahasan:
Pernyataan dalam teks di atas adalah larangan untuk membawa telepon seluler ke sekolah. Kalimat nomor (2) mendukung pernyataan tersebut dengan alasan mengganggu konsentrasi. Kalimat nomor (3) juga mendukung dengan alasan dering telepon di kelas mengganggu pelajaran. Sementara kalimat keempat menyatkana penolakan karena telepon seluler bisa digunakan sebagai media pembelajaran.

Soal Nomor 7
Bacalah  teks berikut dengan cermat!
Teks 1
Rumah tipe 45 yang mungil ini. Biarpun kecil namun nampak elegan dean eksotis. Dindingnya diberikan sentuhan warna hijau muda. Pintu utama dibiarkan lebih mencolok degan warna cokelat tua. Sedangkan pintu lainnya berwarna cokelat muda. Jendela rumahnya pun tak luput dari kelihaian tangan dinginnya dengan tralis besi yang melingkar-lingkar berbentuk bunga.

Teks 2
Tepat keika tanggal 10 Maret, sekolahku libur selama sembilan hari dan akan berakhir pada tanggal 18 Maret. Aku dan seluruh keluargaku tidak menyia-nyiakan waktu dan memilih berlibur. Ketika itu aku memilih berlibur ke antai Parangtritis. Malam hari aku telah erbenah dan menyiapkan semua perbekalan yang nantinya diperlukan. Kami berangkat naik modil pada dini hari.

Perbedaan pola penyajian  kedua teks tersebut adalah....

Teks 1
Teks 2
A
Berdasarkan urutan sebab-akibat
Berdasarkan urutan tempat
B
Berdasarkan urutan waktu
Berdasarkan urutan tempat
C
Berdasarkan urutan tempat
Berdasarkan urutan sebab-akibat
D
Berdasarkan urutan tempat
Berdasarkan urutan waktu

Jawaban: D

Pembahasan:
Teks 1 diawli dengan tipe rumah dan bentuk-bentuk rumah. Kemudian dilanjutkan dengan bagian-bagian rumah. Bagian-bagian rumah merupakan tempat yang ada di dalam rumah tersebut. Maka pola pengembangannya berdasarkan urutan tempat. Jadi jawaban antara C dan D. Kemudian Teks 2 diawali dengan tanggal pelaksanaan, berarti itu waktu. Diikuti dengan petunjuk waktu yang lain mulai kata ketika, malam hari, hingga dini hari, ini menunjukkan waktu. Jadi, pola penyajian (pengembangannya) adalah urutan waktu. Jawaban yang paling tepat, D.


Soal Nomor 8
Bacalah  teks berikut dengan cermat!
Seperti diketahui, di zaman yang serba maju ini, kebanyakan manusia lebih memilih menggunakan barang-barang yang praktis. Mereka tidak ingin direpotkan dengan berbagai peralatan tersebut, lebih memilih yang habi pakai (habis digunakan langsung dibuar). Seperti pada minuman botol, setelah diminum botolnya langsung dilemmpar begitu saja ke tempat sampah.

Ringkasan teks tersebut adalah....
a. Keadaan di zaman yang serba maju manusia lebih memilih minuman botol yang beragam.
b. Penggunaan barang serba praktis pada zaman maju menyebabkan tumpukan sampah berserakah.
c. Manusa di zaman maju lebih praktis dan tidak ingin repot, salah satunya suka minuman botol.
d. Kondisi manusia pada zaman serba maju menggunakan perlatan modern dan tidak mau repot.

Jawaban: D

Pembahasan
Pernyataan yang paling sesuai dengan teks bacaan di atas adalah jawaban D. Jawaban A salah karena botol bukan yang dipilih oleh manusia maju. Minuman dalam kemasan botol adalah salah satu contoh manusia ingin praktis dan tidak mau repot. Jawaban B juga salah. Dalam bacaan tidak disebutkan sampah yang berserakan, melainkan langsung dibuang ke tempat sampah. Jwaban C juga salah karena hanya menyebutkan hal yang ‘lebih praktis’. Padahal dalam bacaan juga disebutkan peralatan yang modern. Jadi jawaba yang paling tepat adalah D.

Soal Nomor 9
Bacalah  teks berikut dengan cermat!
(1) Novel pertama Dwitasari yang berjudul “Raksasa dari Jogja” ini menceritakan kehidupan seorang gadis, Bianca Dominique, yang berada dalam ketidakharmonisan keluarga. (2) Novel yang diterbitkan tahun 2012 ini  menampilkan cover yang unik dan alur cerita yang menarik. (3) Sayang bahasanya sulit dimengerti karena  banyak kalimat-kalimat yang kurang efektif. (4) pada akhir cerita terkesan menggantung. (5) Padahal awalnya alur ceritanya menarik. (6) Kualitas kertas yang digunakannya pun kurang bagus. (7) Buku ini cocok untuk para remaja dan mahasiswa karena menceritakan kehidupan remaja di SMA sampai masuk ke perguruan tinggi.

Pernyataan yang menunjukkan kekurngan pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
a. (3) dan (4)
b. (3) dan (1)
c. (4) dan (1)
d. (1) dan (2)

Jawaban: A

Pembahasan:
Kekurangan-kekurangan yang disebutkan dalam teks di atas terdapat pada nomor 3, 4, dan 6. Kalimat (3) menjelaskan kekurangan kalimat yang tidak efektif sehingga sulit dipahami oleh pembaca. Kalimat (4) akhir cerita yang menggantung, ini merupakan kekurangan karena tidak jelas. Kalimat (6) juga berisi kekurangan karena kualitas yang tidak bagus.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.

Soal Nomor 10
Bacalah  teks berikut dengan cermat!
Menurut Anton J. Supit, Ketua Aprisindo (Asosiasi Persepatuan Indonesia), pemerintah Cina memberikan dukungan penuh kepda para pengusahanya untuk melakukan ekspansi bisnis dan inverstasi. Tetapi, para pengusaha dan asosiasi di Indonesia justru sibuk menyikapi kebijakan pemerintah yang berubah-ubah.

Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah....
a. Sebaikya, pemerintah Cina memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia.
b. Banyak pengusaha Indonesia yang lari ke Cina untuk melakukan ekspansi dan investasi.
c. Pengusaha Indonesia bergairah menanamkan modalnya karena perhatian pemerintah begitu besar.
d. Sebaiknya, pemerintah Indonesia mencontoh kebijakan pemerintah Cina supaya ekonomi Indonesia maju.

Jawaban: D

Pembahasan
Jawaban yang paling sesuai dengan bacaan di atas adalah D. Yang dikritik dalam teks bacaan adalah kebijakan yang berubah-ubah sehingga pengusaha sulit mengembangkan usaha. Dibangdingkan dengan pemerintah Cina yang membantu para pengusahanya untuk berkembang.

Jawaban A sangat tidak masuk akal. Tidak mungkin pemerintah Cina membantu pemerintah Indonesia dalam hal itu.

Jawaban  B tidak sesuai dengan bacaan.

Jawaban C tidak tepat karena yang bergairah bukan pengusaha Indonesia melainkah pengusaha Cina.


Posting Komentar untuk "Soal Uji Coba (Try Out) UN 2017, Jawaban dan Pembahasannya"