Jawaban Soal Tes Potensi Akademik (SMP) dan Pembahasannya
Berikut ini adalah contoh soal tes potensi akademik yang biasa digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa. Baik digunakan untuk seleksi penerimaan di SMP maupun sekadar sebagai soal untuk memetekan kemampuan siswa.
Dalam soal TPA ini ada beberapa bagian yaitu: Soal Analogi Verbal, Melengkapi Kalimat, Klasifikasi Verbal, Pemahaman Bacaan, Analogi Bilangan, Teka-teki Bilangan, Deret Bilangan.
Berikut ini adalah contoh soal sekaligus jawaban dan pembahasannya:
Dalam soal TPA ini ada beberapa bagian yaitu: Soal Analogi Verbal, Melengkapi Kalimat, Klasifikasi Verbal, Pemahaman Bacaan, Analogi Bilangan, Teka-teki Bilangan, Deret Bilangan.
Berikut ini adalah contoh soal sekaligus jawaban dan pembahasannya:
ANALOGI VERBAL
1. Badut : Lucu =
Polisi : …..
(A) Jalan (B) Tegap
(C) Tegas (D) Tilang (E)
Lalu lintas
Jawaban: C) Tegas. Badut identik dengan sifat lucu, sementara polisi identik dengan sifat tegas.
2. Sawah : Padi =
Hutan : …..
(A) Rimba (B) Pohon (C) Sungai (D) Burung (E)
Gunung
Jawaban: B) Sawah dan padi adalah hubungan hasil. Hasil dari sawah adalah padi. Hasil dari hutan adalah pohon.
3. Mawar : Pot =
Mobil : …..
(A) Jalan (B)
Polisi (C) Garasi (D) Bagasi (E) Rumah
Jawaban: C) Garasi. Pot adalah tempat beradanya bunga mawar. Sementara mobil berarti harus ada di dalam garasi.
MELENGKAPI
KALIMAT
4. Indera
penciuman dan pengecap ….. keterkaitan yang sangat erat.
(A) Berupa (B)
Memiliki (C) Menjamin (D) Tilang (E)
Lalu lintas
Jawaban: B) Memiliki.
5. Ani datang …..
ke rumah neneknya di desa.
(A) Bersua (B)
Bersama (C) Berjumpa (D) Berkunjung (E) Bertamasya
Jawaban: D) berkunjung. Karena ada yang dikunjungi yaitu neneknya. Jika ke tempat wisata maka 'bertamasya'
6. Setiap siswa
memiliki ….. belajar dengan sungguh sungguh agar mendapatkan nilai yang baik.
(A) Hak (B)
Fasilitas (C) Prioritas (D) Kewajiban (E) Kesempatan
Jawaban: D) kewajiban. Karena rangkaiannya 'agar mendapatkan nilai yang baik' agar mendapat nilai yang baik berarti harus belajar. berarti kewajiban.
KLASIFIKASI
VERBAL
7. Jeruk, Pisang,
Nanas, …..
(A) Duku (B) Buah (C) Wortel (D) Kuning (E)
Kentang
Jawaban: A) Duku. Jeruk, Pisang, Nanas adalah jenis buah. Maka jawaban yang jenis buah adalah duku. I
8. Melompat,
Berlari, Berjalan, …..
(A) Menulis (B)
Memahat (C) Melipat kain (D) Menendang
(E) Membungkus
Jawaban: D) Menendang. Kegiatan melompat, berlari, dan berjalan adalah kegiatan yang menggunakan kaki. Maka, jawaban yang paling tepat adalah menendang.
9. Kata manakah
yang TIDAK sama dengan kata-kata yang lain?
(A) Teko (B) Botol
(C) Ember (D) Piring (E)
Bak mandi
Jawaban: D) Piring. Semua kata di atas memiliki kesamaan yaitu: tempat air (wadah air). Hanya piring yang tidak digunakan sebagai tempat air.
PEMAHAMAN
BACAAN
Hari ini beberapa teman di sekolah kami akan berangkat
untuk bertanding basket melawan perwakilan dari semua sekolah yang ada di kota
kami. Sebelumnya pak kepala sekolah telah mendaftarkan tim kami untuk menjadi
wakil sekolah pada pertandingan tersebut. Pertandingan diselenggarakan di
sekolah lain yang tidak jauh dari sekolah kami. Ada 2 tim yang dikirim oleh
pihak sekolah kami untuk berpartisipasi dalam pertandingan tersebut. Satu tim
putra dan satu tim putri. Secara keseluruhan ada 20 tim yang berasal dari 10
sekolah yang mengikuti acara tersebut.
Sebelum bertanding kami melaksanakan latihan secara
intensif. Guru olah raga kami yang menjadi pelatih kami menargetkan kedua tim
dari sekolah kami untuk meraih juara 1. Tentu saja kami harus berlatih keras
agar target tersebut bisa tercapai.
Pada saat pertandingan dimulai, tim putra meraih
kemenangan dan melaju ke babak berikutnya. Sayangnya tim putri harus kalah
melawan tim putri lain sehingga tidak bisa maju ke babak berikutnya. Pada babak
berikutnya tim putra menang kembali dan maju ke babak semifinal. Di babak
semifinal tim putra harus melawan tim yang sangat kuat dan menjadi juara
bertahan saat ini. Namun demikian keberuntungan ada di pihak kami karena tim
lawan ternyata terlambat hadir di tempat pertandingan. Wasit kemudian
mengumumkan bahwa tim kami dapat maju ke babak final. Di babak final tim putra
sekolah kami kembali menang dan mendapatkan juara 1.
Kami pulang dengan
membawa piala kemenangan, meskipun tim putri kami telah kalah terlebih dahulu.
10. ‘WASIT’ adalah
:
(A) Orang yang menilai pertandingan
(D) Orang yang menyelenggarakan pertandingan
(B) Orang yang mengatur jalannya pertandingan
(E) Orang yang memastikan pertandingan akan
(C) Orang yang mengesahkan pertandingan dilaksanakan
Jawaban: B)
11. Istilah
‘BABAK’ pada naskah sama maknanya dengan …..
(A) Final (B) Waktu (C) Lomba (D) Tahapan (E)
Semifinal
Jawaban: D) Tahapan
12. Berikut adalah
beberapa alasan yang mungkin menyebabkan tim putri basket kalah pada babak
pertama pertandingan …..
(A) Tim basket
lawan lebih kuat (D)
Tim basket putri kurang berlatih dengan keras
(B) Tim basket
putri kurang beruntung (E)
Tim basket putri tidak bisa melakukan apa-apa
(C) Tim basket
putri mengalah pada lawan
Jawaban: A) Tim basket lawan lebih kuat.
ANALOGI
BILANGAN
13. (2 → 4) (4 →
16) (6 → …)
(A) 24 (B) 32 (C) 36 (D) 38 (E)
42
Jawaban: C) 36. 2 kali 2 jadi 4; 4 kali 4 jadi 16; 6 kali 6 jadinya 36.
14. (2 → ½) (4 →
1) (8 → …)
(A) 1 ½ (B) 2 (C) 4 (D) 6 (E)
8
Jawaban: B) 2. dua bagian jadi setengah. Empat bagian, jadi 1, maka jika delapan bagian jadi 2.
15. (14 → 7) (35 →
28) (42 → …)
(A) 34 (B) 35 (C) 36 (D) 37 (E)
38
Jawaban: B) 35. Logikanya, dikurangi 7. 14 dikurangi 7 jadi 7. 35 dikurangi 7 jadi 28, maka 42 dikurangi 7 jadi 35.
TEKA-TEKI
BILANGAN
16. … : 7 = 12
(A) 19 (B) 56 (C) 64 (D) 84 (E)
96
Jawaban: D) 84. 84 dibagi 7 jadi 12.
17. (5 + …) × 11= 121
(A) 4 (B) 6 (C) 7 (D) 9 (E)
10
Jawaban: B) 6
(Catatan: direvisi pada 18 Desember 2020, setelah dikoreksi melalui komentar oleh para pembaca. Terima kasih koreksinya)
18. 7 × 3 : 7 × 3
: … = 3
(A) 2 (B) 3 (C) 5 (D) 7 (E)
9
Jawaban: B) 3
DERET BILANGAN
19. 3, 6, 9, 12,
15 , 18, 21, …, …
(A) 22, 25 (B) 22, 26 (C) 23, 26 (D) 24, 27 (E) 24,
29
Jawaban: D) ini adalah kelipatan 3.
20. 3, 5, 8, 10,
13, 15, 18, …, …
(A) 20, 22 (B) 20, 23 (C) 20, 24 (D) 21, 23 (E) 21,
26
Jawaban: A) ini adalah kelipatan 2.
Baca Juga: Pembahasan Jawaban Soal Tes Potensi Akademik Deret Bilangan
Baca Juga: Pembahasan Jawaban Soal Tes Potensi Akademik Deret Bilangan
21. 50, 55, 52,
57,54, 59, …, …
(A) 54, 57 (B) 55, 60 (C) 56, 61 (D) 60, 55 (E) 61,
56
Jawaban: C) ini adalah ditambah 5 dikurangi 3.
Demikian contoh soal dan jawaban serta pembahasan soal Tes Potensi Akademik. Semoga bermanfaat.
nomor 20 jawabannya b dong kan ditambahin 5 semua itu tapi setiap longkap 1
BalasHapusSip, terima kasih koreksinya. Betul, jawabannya B!
HapusBenar no.20B
HapusIya jwbn nya b
HapusNo 17 salah kan 5+6=11 trs 11×11=121
BalasHapusiya benar...
HapusIya tuh😄
Hapusiya sudah diperbaiki
HapusNo 20 salah kan bukan kelipatan namun ditambah 2 lalu ditambah 3 dan seterusnya
BalasHapusAda beberapa soal yg tidak benar atau jawabannya yg salah
BalasHapusTerima kasih koreksinya.
BalasHapusbooiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
BalasHapusMakasih sangat bermanfaat😁
BalasHapusmakasih...walaupun ada 2 soal yg salah. tolong diedit ya...
BalasHapusSaya siapa
BalasHapusAwokwokwok
BalasHapus