Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perihal Ucapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa Indonesia | Makna, Penulisan dan Penggunaan

'Terima Kasih' adalah sebuah ungkapan yang menunjukkan rasa hormat, rasa syukur, terhadap pihak yang telah memberikan sesuatu kepada yang mengucapkan. Ucapan terima kasih bisa disampaikan dari makhluk kepada Khalik (Tuhan) atau kepada sesama makhluk, biasanya sesama manusi.

Berikut ini penjelasan kata 'Terima Kasih' dalam bahasa Indonesia berkaitan dengan makna, pengunaan dan penulisan.

Makna Ucapan Terima Kasih

Makna atau arti terima kasih ada bermacam-macam, bergantung pada konteks situasinya. Berikut ini daftar makna ucapan terima kasih sesuai dengan konteks dan intonasi pengucapan.

1. Terima kasih = rasa hormat

Contoh dalam kalimat: "Terima kasih sudah sudi meminjamkan tempat kepada kami."

ucapan di atas diucapkan dalam nada yang sangat sopan, dan diucapkan oleh orang yang telah dibantu kepada orang yang membantu.

2. Terima kasih = horee kita pulang

Kata terima kasih yang bermakna 'selesai' dan segera pulang adalah ucapan terima kasih yang terdapat pada slide terakhir sebuah pemaparan yang sangat lama dan membosankan. Biasanya dalam acara seminar dan pelatihan 'wajib' yang terlalu lama. Begitu peserta melihat tayangan 'terima kasih' maka dalam hati, bahkan dalam mulut, sontak berteriak, horee selesai....

3. Terima kasih = "oke saya terima, kamu sekarang segera pergi"

Biasanya terima kasih dengan makna di atas diucapkan oleh atasan yang judes, ketika mendapat laporan dari bawahannya dan mengharap bawahan segera pergi. Pihak atasan biasanya enggan bercakap-cakap terlalu lama dengan bawahannya karena takut dimintai ini dan itu terlalu banyak. 

5. Terima kasih ="Aku gak papa, kok. Saranmu gak berguna"

Makna terima kasih seperti ini bisa muncul dari konteks begini: seorang cewek yang sedang dikasih saran oleh orang lain, tapi yang memberi saran itu sebenarnya yang membuat masalah. Jadi diucapkan saja, makasih!

6. Terima kasih = ayolah datanglah ya....

Makna terima kasih di atas terdapat dalam surat undangan. Biasanya ada di bagian akhir (penutup surat), atas kehadirannya kami ucapkan terima kasih. Ya kalau bisa datanglah, masak gak datang. Kalau perlu bawa angpao yang banyak.

7 terima kasih = ayo terus habiskan uangmu di sini!

Makna terima kasih di atas bisa muncul dalam sebuah ucapan dalam tempat-tempat belanja. Atau tempat-tempat persewaan lainnya.

8. terima kasih = seharusnya kau tahu, awas kalau tidak.

Makna di atas adalah bentuk kegarangan dari himbauan-himbauwan di ruang publik, misalnya di ruang berpendingin ruangan terdapat tulisan 'Terima Kasih Telah Tidak Merokok", jika diterjemahkan dalam bentuk larangan bisa sangat sadis himbauan tersebut.

Makn-makna terima kasih di atas, berkaitan langsung dengan penggunaannya baik dalam ragam tulis maupun dalam ragam lisan.

Selanjutnya kita bahas tentang penulisan terima kasih. Mirip dengan padanannya dalam bahasa Inggris, thank you, terima kasih memiliki bentuk-bentuk penulisan yang beragam. Miskipun lebih beragam dalam bahasa Inggris, misalnya thank you, thank you very much, thanks a log, thanks.

Dalam bahasa Indonesia juga ada bentuk-bentuk terima kasih yang beragam. Bisa berupa terima kasih banyak, mengucapkan banyak terima kasih, berterima kasih sekali. Dalam bentuk non-formal bentuknya bisa dipotong menjadi 'makasih', 'makasih banget' dalam bentuk tulis bisa hanya ditulis 'trims'. Berbeda dengan bentuk 'thanks' dalam bahasa Inggris, kata trims hanya bisa ditulis (digunakan dalam bentuk tulis) tapi tidak bisa jika digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Itulah sedikit penjelasan tentang kata 'terima kasih' semoga bisa memberikan manfaat bagi yang memerlukan.

Sekian dan terima kasih hehehehe.

Posting Komentar untuk "Perihal Ucapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa Indonesia | Makna, Penulisan dan Penggunaan"