Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Cerita Fantasi Singkat 1 Paragraf: Cerita dari Surabaya di Masa Lalu

Sesingkat apapun cerita yang ingin ditulis, tetap harus sesuai dengan struktur cerita fantasi yang meliputi Orientasi, Komplikasi, dan Resolusi. Jadi, jika ingin menulis cerita fantasi satu paragraf, maka akan sangat kesulitan. Bisa sebuah cerita fantasi ditulis dengan sangat singkat tapi tetap harus tiga paragraf.

Jadi, sebuah cerita fantasi paling singkat adalah cerita fantasi yang orientasinya satu paragraf, komplikasi satu paragraf, dan resolusi satu paragraf. Agar lebih singkat, cerita fantasi yang ditulis tidak perlu menggunakan percakapan langsung para tokoh, tetapi cuku cerita dan kalimat tak langsung.


Berikut ini contoh cerita fantasi paling singkat yang hanya terdiri dari tiga paragraf. Masing-masing bagian terdiri dari satu paragraf.

Selamat membaca contoh cerita fantasi yang berjudul: Carita dari Surabaya di Masa Lalu

ORIENTASI

Daniel Santoso adalah pelajar yang sangat malas. Bahkan untuk sekedar mengikuti upacara bendera saja tidak mau. Suatu pagi, gurunya marah karena Daniel tidak semangat ketika menghormat bendera. Saat itu, gurunya langsung membentak Daniel, "Kamu tidak bisa menghargai perjuangan para Pahlawan!" sambil menempeleng Daniel.

KOMPLIKASI

Daniel yang merasa sakit memejamkan mata, kemudian membuka mata tapi dia sudah ada di medan pertempuran. Dia sedang ada di Surabaya 10 November 1945. Peluru berdesingan, banyak para pejuang yang tewas tertembak. Daniel berusaha berlari menghindari tembakan dari tentara musuh. Ada tank sekutu yang menembak ke arah persembunyiannya. Blarr!!! Ledakan dahsyat terjadi.

RESOLUSI

Daniel segera sadar, dia kembali di lapangan sekolah. Dengn sepenuh hati Daniel kembali ke tengah lapangan. Menghormat kepada bendera Merah Putih sepenuh hati, sambil menyanyikan Indonesia Raya tiga stanza.

Cerita Fantasi di atas sangatlah singkat. Bagian orientasi yang terdiri dari satu paragraf hanya berisi lima kalimat. Bagian Komplikasi yang terdiri dari satu paragraf hanya ada 6 kalimat. Sementara bagian resolusi yang paling singkat, hanya terdiri dari tiga kalimat dalam satu paragrafnya.

Meskipun sangat singkat, tapi alur cerita cukup jelas. Daya fantasinya juga ada, yaitu ketika tokoh Daniel kembali ke masa lalu, 10 November 1945 yang kemudian diperingati sebagai hari pahlawan. Tapi juga bisa kembali. Itu sekaligus menjadi bagian masalah (komplikasi). Akhir cerita juga menarik karena tokoh Daniel bisa berubah menjadi pribadi yang lebih menghormati jasa para pahlawan dengan sepenuh hati menghormati upacara bendera.

Semoga contoh cerita fantasi di atas yang berjudul Cerita dari Surabaya di Masa Lalu di atas bisa menjadi inspirasi untuk menulis cerita fantasi sendiri. Untuk contoh lain silahkan download dan baca contoh-contoh dalam blog ini. 

6 komentar untuk "Contoh Cerita Fantasi Singkat 1 Paragraf: Cerita dari Surabaya di Masa Lalu"