Perbedaan Bahan dan Alat dalam Teks Prosedur - Pusat Ilmu dan Pengetahuan

Perbedaan Bahan dan Alat dalam Teks Prosedur

Jika ada pertanyaan apa bedanya bahan dan alat? Sebagian dari kita mungkin memahami perbedaan alat dan bahan. Tapi mungkin sebagian lagi mengerti, tapi tidak bisa menjelaskan. Mungkin ada pula yang masih kebingungan perbedaan alat dan baha.

Berikut ini adalah penjelasan yang singkat dan simpel, disertai contohnya antara bahan dan alat.



Dalam sebuah teks prosedur, khususnya teks prosedur cara membuat, maka ada bagian (struktur) yang berupa bahan dan alat. Kebanyakan yang ditampilkan dalam teks prosedur cara membuat, 'hanya' bahannya saja. Alat sangat jarang dijumpai dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas 7.

Salah satu contoh dalam teks prosedur Cara Membuat Batik Tulis, ada bagian bahan dan alat. Namun tidak dirinci, mana yang bahan dan mana yang alat.

Sebelum memilah, mana yang termasuk bahan dan mana yang termasuk alat, ada baiknya jika dipahamai terlebih dahulu apa pengertian dan ciri-ciri bahan serta apa pengertian dan ciri-ciri alat.

Bahan adalah barang atau benda yang menjadi bahan utama dan bahan pendukung sebuh proses kegiatan membuat sesuatu. Bahan biasanya berubah bentuk, berkurang, dan tidak sama antara sebelum dan sesuadah proses membuat.

Contoh bahan, dalam membuat tempe goreng. Yang termasuk bahan adalah: tempe, minyak, air, dan bumbu. Keempat hal ini pasti berubah bentuk, bahkan habis tak tersisa setelah langkah-langkah dalam teks prosedur dilakukan.

Alat adalah benda atau alat pendukung yang digunakan dalam membuat atau mengikuti langkah-langkah sebuah teks prosedur.

Contoh alat, dalam membuat tempe goreng. Yang termasuk alat adalah wajan, pisau, talenan, spatula, serok, dan alat pendukung yang lainnya. Jadi, alat mungkin hanya kotor tetapi tidak pernah berubah bentuk apalagi habis, selama proses pembuatan sesuai dengan teks prosedur cara membuat.

Jika bahan dan alat dalam teks prosedur cara membuat makanan dan minuman sangat mudah dibedakan, lain halnya jika membuat sesuatu yang bukan makanan. Misalnya dalam teks prsedur Cara Membuat Layang-Layang.

Yang termasuk bahan dalam teks tersebut pasti bambu sebagai rangka layang-layang. Kertas. Benang, dan Lem. Benang dan Lem termasuk bahan karena pasti berkurang.

Yang termasuk alat adalah pisau dan gunting. Kedua alat ini merupakan alat utama untuk membuat sebuah layang-layang.

Semoga tulisan singkat dan sederhana ini bisa memperjelas perbedaan antara bahan dan alat.

Salam Pustamun!
Perbedaan Bahan dan Alat dalam Teks Prosedur Perbedaan Bahan dan Alat dalam Teks Prosedur Reviewed by Muntijo & Nay on 15:00:00 Rating: 5

2 comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting