Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Hal yang Dapat Diteladani dan Keistimewaan Tokoh dalam UN 2021

Contoh soal berikut diambil dari naskah soal Ujian Nasional berbasis kertas dan pensil yang dilaksanakan pada 23 April 2018. Seperti tahun-tahun sebelumnya, soal tentang biografi tokoh yang berisi keistimewaan dan hal yang dapat diteladani selalu muncul. 

Berikut ini kembali dibahas soal biografi tokoh yang muncul dalam Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMP/MTs.

Soal Pertama

Bacalah teks berikut!
Habiburrahman El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam dunia sastra negeri ini. Beberapa karyanya, antara lain Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, berhasil mendapat sambutan luar biasa dari pembaca novel tanah air. Bahkan, karya-karyanya telah dibuat dalam bentuk film dan sinetron.

Menurut Kang Abik, demikian panggilan akrab para penggemar kepadanya, ia dapat membuat beberapa novel dalam satu waktu, "Ibarat makan" katanya, "bosan jika harus makan satu menu terus dalam beberapa hari." Strategi selangseling dalam menulis novel islaminya ia jalani untuk menghindari kejenuhan.

Pria yang lahir di Semarang, 30 September 1976 ini, mengaku tidak kesulitan membuat novel dalam waktu bersamaan kaena ia menulis sesuatu yang diketahui dan dekat dengan kehidupan.

Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah.....

a. mendapat sambutan gembira dari pembaca novel
b. gemar membaca dan menulis sejak muda.
c. dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu
d. dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab

Jawaban: C
Pembahasan: Keistimewaan adalah sesuatu yang spesial, yang hanya bisa dilakukan oleh penulis yang sedang dibahas. Penulis lain biasanya punya satu tulisan yang harus diselesaikan, sementara Kang Abik bisa memproses lebih dari satu judul novel untuk ditulis. Ini merupakan sebuah keistimewaan. 

Jawaban yang paling memungkinkan adalah jawaban A, tapi itu pilihan yang salah karena yang disambut gembira oleh pembaca novel bukan hanya penulis Ayat-ayat Cinta saja, tapi juga penulis lain semisal Andrea Hirata, penulis Laskar Pelangi. Sementara itu, jawaban B dan D tidak ada dalam bacaan.

Soal Kedua

Bacalah teks berikut!
Prof. Dr. Raden Mas Padmosantjojo adalah ahli bedah syaraf kelahiran Kediri, 26 Februari 1938. Ia menjadi terkenal dan menggegerkan di dunia kedokteran pada 1987 sebab berhasil memisahkan pasangan kembar siam Yuliana-Yuliani yang keduanya hanya memiliki satu pembuluh darah (sinus sagitalis) di otak. Pembuluh darah yang tipis itu dibelah dua untuk keduanya. Sekarang, Yuliana-Yuliani pun hidup sehat. Atas keberhasilan tersebut, dr. Padmo merendah dan berkata "Kematian manusia sepenuhnya di tangan Tuhan."

Hal yang patut diteladani pada diri tokoh tersebut adalah....

a. menggegerkan dunia kedokteran
b. melakukan operasi pasangan kembar 
c. tetap rendah hati dan tidak sombong.
d. selalu mengedepankan kerja dalam tim

Jawaban: C

Pembahasan: yang ditanyakan adalah hal yang dapat diteladani, yaitu hal yang dapat dicontoh. Maka, sifat yang dapat diconoth adalah jawaban C. Sifat rendah hati, tidak sombong. Sifat ini bisa ditiru oleh semua orang apapun profesinya. Jawaban A dan B hanya bisa ditiru oleh dokter sesuai bidangnya. Sementara jawaban D tidak ada dalam teks bacaannya.

Soal Ketiga

Bacalah teks berikut!
Nama Nh. Dini merupakan singkatan dari Nurhayati Srihardini. Nh. Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang pegawai perusahaan kertea api. Ibunya bernama Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak sejak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan. Namun, ia tidak dapat mewujudkan cita-citanya itu karena orang tuanya tidak mampu membiayainya. Ia hanya dapat mencapai pendidikan sampai sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berkonsentrasi pada kegiatan menulis. Hasil karyanya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah.

Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah....
a. Anak seorang pegawai perusahaan kertea api dan ibu rumah tangga.
b. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan ternama sejak kecil.
c. Dini memiliki bakat menulis sejak berusia sembilan tahun.
d. Dini memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah

Jawaban: C

Pembahasan: Yang ditanyakan adalah keistimewaan yang dimiliki oleh Nh. Dini. Berarti tidak dapat dilakukan oleh orang lain. Jawaban yang paling tepat adalah C. Bakat menulis sejak usia 9 tahun mungkin bisa saja dimiliki oleh orang lain, tapi belum tentu juga ada. Selain itu, bakat merupakan keistimewaan. 

Mungkin, ada yang berpendapat bahwa jawaban yang tepat adalah D, namun pemenang sayembara penulisan naskah bisa jadi juga pernah diraih oleh orang lain, sebelum atau sesudah Nh. Dini.

Soal Keempat

Bacalah teks berikut!
Adam Malik Batubara lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 22 Juli 1917. Semenjak kecil ia gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi. Beliau pernah menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, lalu Ketua DPR, hingga puncak karirnya sebagai Wakil Presiden Indonesia ke-3. Adam Malik menempuh pendidikan dasarnya di Hallandsch-Inlandsche School Pematangsiantar. Ia melanjutkan ke Sekolah Agama Parabek Bukittinggi, namun hanya satu setengah tahun saja karena kemudian pulang kampung dan membantu orang tua berdagang. Di sela-sela kesibukan barunya itu, ia banyak membaca berbagai buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya. Pada usia 20 tahun, ia bersama Soemanang, Sipahutar, Armijn Pane, Abdul Hkim, dan Pandu Kartawiguna memelopori berdirinya Kantor Berita Antara pada tahun 1937.

Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah....

a. menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, dan DPR
b. banyak membaca buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya
c. pelopor berdirinya Kantor Berita Antara pada tahun 1937
d. gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi

Jawaban: B

Pembahasan: Hal yang dapat diteladani adalah hal yang dapat ditiru dari tokoh, ditiru oleh semua orang. Tentu yang harus ditiru adalah hal positif. Dalam biografi Adam Malik ini, yang patut untuk ditiru atau diteladani dari tokoh adalah banyak membaca buku. Ada dua jawaban yang mungkin untuk ditiru, yaitu yang B dan D. Aka tetapi karena yang harus diteladani adalah hal yang paling banyak positifnya, maka jawaban yang paling tepat adalah B.

Soal Kelima

Bacalah teks berikut!
Mohammad Hatta, mantan Wakil Presiden Republik Indonesia ini lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902. Ayahnya, Haji Mohammad Djamil, meninggalkannya ketika masih berusia delapan bulan. Mohammad Hatta juga dikenal sebagai tokoh Proklamator Republik Indonesia. Beliau sangat bersahaja dan sederhana dalam hidupnya hingga akhir hayatnya. Sejak duduk di MULO di Kota Padang, beliau telah tertarik pada pergerakan-pergerakan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mohammad Hatta, masuk ke perkumpulan Jong Sumatrenan Bond.

Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah....
a. sebagai tokoh Proklamator Republik Indonesia
b. masuk ke perkumpulan Jong Sumatrenan Bond
c. bersahaja dan sangat sederhana dalam hidupnya
d. tertarik dengan pergerakan  memerdekakan Republik Indonesia

Jawaban: C

Pembahasan: Hal yang jelasa dapat kita ikuti adalah hidup bersahaja. Untuk menjadi proklamator RI, hanya ada dua orang yang bisa, yaitu Soekarno dan Hatta. Untuk ikut Jong Sumatrenan Bond sudah tidak mungkin. dan gerakan memerdekakan Republik Indonesia sudah tidak diperlukan lagi karena Indonesia sudah merdeka. 

2 komentar untuk "Contoh Soal Hal yang Dapat Diteladani dan Keistimewaan Tokoh dalam UN 2021"

  1. Anonim3/31/2019

    sangat membantu sekali untuk belajar... terimakasih sehat selalu dan bahagia...

    BalasHapus