Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Merawat dan Memelihara | Penjelasan Arti dan Penggunaannya

pustamun.blogspot.com - sering kita mendengar kata memelihara yang saling sulih (saling menggantikan) dengan memelihara. Kedua kata tersebut, merawat dan memelihara, merupakan sinonim. Tapi dalam penggunaannya ada perbedaan makna.

Kata merawat dan memelihara sama-sama kata berimbuhan yang dibentuk oleh prefiks (awalan) meN-. Kata merawat berasal dari kata dasar rawat, sementara kata memelihara berasal dari kata dasar pelihara. 

Imbuhan meN- menjadi me- dalam kata merawat.

Imbuhan meN- menjadi mem- kemudian p awal kata pelihara luluh (lesap/hilang) menjadi memelihara.

Berdasarkan makna kata dalam kamus, kata merawat memiliki penjelasan makna yang lebih sedikit dibanding dengan kata memelihara. Berikut ini penjelasan arti lengkap kata merawat dan memelihara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kelima.

merawat

(verba) memelihara; menjaga; mengurus; membela (orang sakit). Contoh dalam kalimat: mereka mendapat pelatihan cara berjalan dan cara merawat badan dan muka.


memelihara 

1. (verba) menjaga dan merawat baik-baik; contoh kalimat: memelihara kesehatan badan.

2. (verba) mengusahakan dan menjaga (supaya tertib, aman, dan sebagainya); contoh kalimat: memelihara keamanan dan ketertiban.

3. (verba) mengusahakan (mengolah): contoh kalimat: memelihara sawah dan ladang.

4. (verba) menjaga dan mendidik baik-baik: contoh kalimat: memelihara anak yatim.

5. (verba) memiara atau menernakkan (tentang binatang): contoh kalimat: Pak Dhe memelihara ayam.

6. (verba) mempunyai: contoh kalimat: memelihara gundik.

7. (verba) membiarkan tumbuh (tentang rambut)

8. (verba) menyelamatkan, melindungi, melepaskan (meluputkan) dari bahaya dan sebagainya.


Dari penjelasan arti di atas, dapat lebih diketahui secara renik (spesifik) bahwa, memelihara memiliki cakupan makna yang lebih luas. Namun demikian, kata memelihara ada kalanya memiliki nilai makna yang lebih rendah dibanding dengan kata merawat. 

Hal ini dapat dilihat dari makna kata memelihara yang ke-5 dan ke-6. Makna kata memelihara yang keenam, bersinonim dengan 'menernakkan', untuk hewan ternak tentunya. Dalam makna yang ke-6, kata memelihara digunakan untuk istri simpanan. Tentu ini hal negatif.

Sementara, untuk kata merawat lebih mengandung makna yang positif. Jadi, seakan-akan nilai makna kata merawat lebih tinggi dari kata memelihara. Kata merawat biasanya digunakan untuk orang. Misalnya, merawat luka, merawat orang sakit. Maka orang yang pekerjaannya di bidang kesehatan, disebut perawat bukan pemelihara.

Dalam penggunaannya di masyarakat tutur bahasa Indonesia. Kata merewat, selain digunakan untuk orang. Juga disandingkan dengan tumbuhan. Misalnya, Ibu itu punya hobi merawat bunga.

Ada pula candaan, Orang miskin di Indonesia tidak bisa habis, karena dalam UUD pasal 33, fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara.

Mungkin kita tertawa, tapi sebenarnya kata dipelihara bukan berarti diternak dan diperbanyak, tetapi juga memiliki arti dijaga, diusahakan agar menjadi lebih baik. 

Para pendengar lelucaon itu yang tertawa terbahak, mungkin telanjur tertanam dalam benanyaknya bahwa, yang dipelihara hanyalah hewan ternak.

Semoga bisa memilih kata yang tepat antara kata merawat dan memelihara setelah mengetahui perbedaan dan persamaan kedua kata tersebut.

Demikian penjelasan singkat tentang kata rawat, pelihara, merawat, dan memelihara. Salam pustamun! teruslah berkata!

Posting Komentar untuk "Perbedaan Merawat dan Memelihara | Penjelasan Arti dan Penggunaannya"