Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Betapa Sopannya Google hingga Mengucapkan Terima Kasih

Kali ini saya menulis tentang hal sederhana. Masih berkaitan dengan penggunaan bahasa. Tidak terlalu jauh dari konten utama blog ini. Juga masih tentang google. Yang telah menyediakan platform gratis dalam berbagi informasi dan berbagai kebutuhan lainnya.

Google memang selalu mengutamakan kenyamanan penggunanya. Meskipun terkadang sangat berat bagi yang mencoba untuk berkarya (dan berpenghasilan) dengan memanfaatkan google. Intinya google meminta nilai lebih dari kita yang ingin jadi penayang (publisher blog maupun youtuber). Kita Harus memantaskan diri. Dengan bahasa yang sopan. Dengan konten yang bagus.

Terlebih dengan blog. Bahasa sangat diperhatikan. Kalau sampai salin-tempel atau copy-paste. Dipastikan tidak akan tembus dalam persetujuan google.

Pengalaman pengguna sangat diutamakan. Prinsipnya sama, dalam prinsip bisnis dagang. "Pembeli adalah Raja". Maksudnya adalah, pembeli harus diutamakan. Pun begitu google.

Setiap meminta pengguna google (baik sekadar pengguna maupun sudah penayang) selalau menggunakan bahasa yang sopan.

Bahkan google tidak segan membuat satu halaman penuh untuk mengucapkan terima kasih. Bayangkan satu halaman penuh hanya untuk mengucapkan terima kasih.

"Terima kasih telah memberi tahu kami" begitu teks yang tertulis di tengah halaman. Sebuah ucapan terima kasih kepada pengguna google karena telah menjawab sebuah pertanyaan, yang hanya perlu dijawab 'ya' atau 'tidak' dengan cara mengeklik tombol. Tombol yang sudah disediakan.

Pertanyaannya pun begitu sopannya: "Apakah email ini berguna?". Simpel jelas. Langsung mengena pada pokok pertanyaannya.

Tentu dengan penghargaan yang baik kepada pengguna, pengguna akan merasa nyaman.

Seandainya, kita semua dapat menggunakan bahasa yang baik seperti ini. Aplikatif seperti dalam kehiduapan sehari-hari.

Menghargai orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat. Yang tidak berbelit. Yang tidak menyudutkan orang lain. Bahkan sudi mengucapkan terima kasih kepada siapapun yang telah memberikan sesuatu. Meskipun itu hal yang paling kecil sekalipun.

Seandainya....

Posting Komentar untuk "Betapa Sopannya Google hingga Mengucapkan Terima Kasih"