Pembahasan Soal USBN Bahasa Indonesia SMK 2019 | Alternatif Jawaban
Pembahasan Soal USBN Bahasa Indonesia SMK 2019
USBNBK itu singkatan untuk Ujian Sekolah
Berstandard Nasional Berbasis Komputer, yang mulai diterapkan sejak tahun 2019 ini. Tapi, dalam USBN kali ini, tidak semuanya
berbasis komputer, ada soal uraian yang harus dikerjakan menggunakan media
kartas. Tapi, soal baru dikirim sehari sebelum pelaksanaan USBNBK untuk
menghindari kebocoran soal. Meskipun sepenuhnya diserahkan kepada pihak
sekolah, pelaksanaan USBN BK haruslah tetap menjunjung profesinalitas satuan
pendidikan.
Pada hari H pelaksaan USBN BK mata
pelajaran Bahasa Indonesia, ada salah satu kawan yang mengajar di SMK mengirim
soal kepada saya. Saya baca, saya usahakan jawab. Setelah membaca soal uraian
USBN-BK untuk SMK (entah SMA, sama atau tidak). Ternyata yang ditanyakan oleh
kawan yang berinisial Ababal Ghussoh adalah soal USBN BK mata pelajaran Bahasa
Indonesia.
Maka dari itu, di sini sekaligus
diberikan contoh soal dan alternatif jawaban serta pembahasan Soal Uraian USBN
Bahasa Indonesia tahun 2019. Soal yang dibahas dalam artikel ini adalah Soal
USBN BK Mata Pelajaran bahasa Indonesia jenis uraian paket 1.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
benar!
Soal Uraian USBN-BK 1.
Candi Borobudur bukan satu-satunya
candi yang memuat relief tanaman, termasuk buah. Candi Prambanan juga memuat
beberapa relief yang serupa. Sedangkan Candi Kalibukbuh di Bali didominasi
dengan ornamen yang lebih kecil seperti sulur tanaman dan daun.
Makna istilah relief dan ornamen
yang terdapat dalam kutipan berita tersebut adalah...
Jawaban:
Relief adalah hiasan berupa pahatan pada
batu yang terdapat pada dinding-dinding candi.
Ornamen adalah hiasan yang terdapat pada
candi.
Pembahasan:
Dalam beberapa hal, relief memiliki makna
yang serupa dengan ornamen. Tapi relief lebih identik dengan candi. Biasanya,
pahatan yang terdapat bangunan lain selain candi tidak disebut relief.
Sementara, ornamen tidak hanya berupa pahatan, ada yang berupa bentuk tiga
dimensi.
Soal Uraian USBN-BK 2.
Puisi: Penerimaan
Karya Chairil
Anwar
Kalau kau mau kuterima kau kembali
dengan sepenuh hati
Aku masih tetap sendiri
Kutahu kau bukan yang dulu lagi
Bak kembang sari sudah terbagi
Jangan tunduk
Tentang aku dengan berani
Kalau kau mau kuterima kau kembali
Untukku sendiri tapi
Sedang dengan cermin aku enggan berbagi
Tunjukkan majas perumpamaan (simile)
dalam puisi tersebut?
Jawaban:
Bak kembang sari sudah terbagi
Pembahasan:
Majas simile adalah majas perumpamaan
dalam Bahasa Indonesia yang ditandai dengan pengunaan kata pembading. Kata
pembanding dalam majas simile antara lain: Seperti, laksana, bagaikan, bagai,
bak.
Dalam contoh puisi di atas, majas simile
menggunakan kata pembanding ‘bak’ dalam larik puisi Bak kembang sari
sudah terbagi.
Soal Uraian USBN-BK 3
Walaupun petugas keamanan sering
merazia, tetapi pedagang kaki lima tetap bermain kucing-kucingan.
Kalimat tersebut dapat diperbaiki menjadi…
Jawaban:
Walaupun sering dirazia petugas
keamanan, pedagang kaki lima tetap bermain kucing-kucingan.
Sering dirazia petugas keamanan, tetapi
pedagang kaki lima tetap bermain kucing-kucingan.
Pembahasan:
Ketidak-efektifan kalimat dalam soal di
atas karena adanya penggunaan walaupun dan tetapi sekaligus.
Harsunya bisa digunakan salah satunya saja.
Selain itu, juga karena adanya
ketidakserasian antara subjek dan predikat. Pada anak klausa pertama, dalam
soal yang menjadi subjek adalah petugas keamanan, sementara pada klausa
kedua subjeknya adalah pedagang kaki lima. Maka, harus
diselaras-serasikan. Jadi, dirazia bukan merazia.
Soal Uraian USBN-BK 4
Ketika berkunjung ke Indonesia,
Presiden Amerika dikawal 100 prajurit.
Tentukan kata yang penulisaannya salah,
kemudian betulkan!
Jawaban:
100 seharusnya ditulis seratus.
Pembahasan:
Bilangan dalam teks yang dapat
dinyatakan dengan satu atau dua kata ditulis dengan huruf, kecuali jika dipakai
secara berurutan seperti dalam perincian.
Misalnya:
Mereka menonton drama itu sampai tiga
kali.
Koleksi perpustakaan itu lebih dari satu
juta buku.
Di antara 72 anggota yang hadir, 52
orang setuju, 15 orang tidak setuju, dan 5 orang abstain.
Kendaraan yang dipesan untuk angkutan
umum terdiri atas 50 bus, 100 minibus, dan 250 sedan
Soal Uraian USBN BK 5
Banyak tayangan televisi
mempertontonkan gaya hidup masyarakat kelas atas. Tayangan-tayangan tersebut
dapat memengaruhi perubahan gaya hidup anak. Anak akan mencoba gaya hidup
tersebut meskipun tidak sesuai dengan kemampuan keluarganya. Akibatnya, anak
akan memeiliki obsesi tinggi terhadap isi tayangan tersebut. Contohnya, anak
akan malu menggunakan benda-benda tidak bermerek terkenal. Jika orang tua tidak
dapat memenuhi obsesi tersebut, anak cenderung menunjukkan sikap membangkang.
Tentukan ide pokok dalam paragraf
tersebut, kemudian jelaskan!
Jawaban:
Anak cenderung membangkang karena
terobesi gaya hidup dalam tayangan di televisi.
Pembahasan:
Ide pokok adalah hal yang menjiwai
seluruh paragraf. Dalam pargraf di atas yang menjadi pokok pembahasan adalah
gaya hidup anak yang dipengaruhi oleh tayangan televisi. Kalimat utamnya ada di akhir paragraf berupa
penegasan. Jik orang tua tidak dapat memenuhi obsesi tersebut, anak
cenderung menunjukkan sikap membangkang. Nah, obsesi tersebut merujuk
pada pengaruh dari tayangan televisi yang menunjukkan kemewahan.
Demikian penjelasan dan pembahasan soal
bahasa Indonesia dalam USBN untuk SMK (atau juga SMA) tahun 2019.
Posting Komentar untuk "Pembahasan Soal USBN Bahasa Indonesia SMK 2019 | Alternatif Jawaban"
Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)