Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban dan Penjelasan Soal Pilihan Ganda Teks Fantasi

Dalam postingan sebelumnya, sudah disuguhkan contoh soal pilihan ganda dengan materi teks cerita fantasi. Dalam postingan tersebut, hanya berisi contoh soal pilihan ganda tanpa disertai jawaban. Maka dari itu, dalam artikel ini diberikan penjelasan dan kemungkinan jawaban yang paling tepat. 

Kunci jawaban disertakan pada bagian akhir artikel ini agar pembaca bisa berlatih memahami soal, bukan sekadar mengetahui jawabannya. 

Jika ada kesalahan dalam pemberian analisis dan jawaban soal berikut ini, mohon koreksinya melalui komentar.

Contoah soal yang digunaan dalam blog ini adalah contoh soal pilihan ganda dan contoh uraian.

Contoh soal pilihan ganda 1

Bacalah kutipan cerita fantasi berikut ini!

Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning di kamar ibunya. Kata ibunya jika ada tiga sahabat yang menyukai warna seperti pada kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian itu. Tapi waktu yang diberikan untuk berpetualang hanya satu jam. Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika, menyukai warna biru. Dan Chika menyukai warna kuning.

“Saya ingin mencoba petualangan indah itu Bu. Saya punya sahabat yang menyukai warna itu,” Anika meyakinkan ibunya.

Dengan kesepakatan ketiga sahabat itu berkumpul di rumah Anika. Minggu  pukul 6 mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.

Latar waktu dalam kutipan cerita di atas terjadi pada....

a. pagi hari
b. sore hari
c. siang hari
d. malam hari

Analisis Jawaban dan Penjelasan Soal:

Soal di atas menanyakan latar waktu kutipan cerita. Dalam kutipan cerita di atas, terdapat pada bagian:

Dengan kesepakatan ketiga sahabat itu berkumpul di rumah Anika. Minggu  pukul 6 mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.

Pada bagian tersebut, diebukan Minggu pukul 6. Jadi, ada kemungkinan pukul 6 pagi atau 6 sore/malam. Dari kemungkinan yang ada, masih belum dapat diketahui jawaban yang paling tepat. Namun, jika dihubungkan dengan 'serasa ada di langit' karena berwarna biru, maka yang paling tepat adalah pagi hari. Warna biru identik dengan siang, karena siang tapi disebutkan pukul 6, jadi jawaban yang paling tepat dapat diketahui melalui analisis soal tersebut.



Contoh Soal Pilihan Ganda 2

Latar tempat peristiwa ajaib terjadi di ....

a. di langit
b. di kamar ibu
c. di kamar Anika
d. Di dalam kotak

Analisis Jawaban dan Penjelasan Soal:

Yang ditanyakan dalam soal pilihan ganda nomor 3 di atas adalah latar tempat. Latar tempat yang muncul pada kutipan cerita di atas adalah keempatnya, langit, kamar ibu, kamar Anika dan dalam kotak. Namun,yang ditanyakan adalah tempat 'peristiwa ajaib'. Dalam kutipan di atas, memang masih belum secara eksplisit disebutkan peritiwa ajaib apa yang terjadi. Namun, berdasarkan rangkaian alur cerita dapat dipahami bahwa di kamar ibu, Anika 'hanya' menemukan kotak. Belum masuk ke peritiwa ajaib. Sementara di dalam kotak, bukan latar peristiwa. Melainkan isi cerita yang disampaikan oleh ibu. Kemudian, di langit merupakan perasaan Anika dan teman-temannya. Nah, perasaan seakan-akan ada di langit itulah yang disebut dengan peristiwa ajaib. Jadi, peristiwa ajaib yang ada dalam cerita fantasi di atas ada di dalam kamar Anika. Ketika tiga orang sahabat sedang merasa seolah olah ada di langit.



Contoh Soal Pilihan Ganda 3

Kutipan cerita di atas merupakan bagian resolusi karena....

a. memperkenalkan tokoh, watak, dan latar peristiwa secara umum.
b. menjelaskan secara detail watak tokoh.
c. ada permasalahan yang muncul dalam peristiwa tersebut.
d. permasalahan yang ada dalam cerita di atas sudah diselesaikan.

Analisis Jawaban dan Penjelasan Soal:

Dari soal di atas, dapat diketahui bahwa kutipan cerita merupakan bagian struktur teks resolusi. Dengan mengetahui ciri-ciri bagian resolusi, tentu akan dapat menjawab dengan mudah. 

Namun, dengan membandingkan masing-masing jawaban dengan kutipan teks di atas, juga dapat diketahui jawaban yang tepat. 

Pada kutipan cerita teks fantasi dalam soal di atas, dijelaskan latar dan nama-nama tokoh. Namun, masih belum dijelaskan secara detail watak masing-masing tokoh tersebut. Juga masih belum ada permasalahan yang muncul dalam cerita. 


Bacalah Kutipan Cerita Fantasi Berikut ini!

Cimun adalah seorang anak yang suka membaca, tak pernah dia melewatkan seharipun waktunya untuk membaca. Maka dari itu, setiap istirahat, dia selalu berkunjung ke perpustakaan. Buku yang paling suka ia baca adalah sejarah. Terutama tentang sejarah nasional Indonesia, baik sejarah raja-raja dan kerajaan nusantara hingga sejarah sekitar perang kemerdekaan.

Kali ini ia membaca tentang buku teks sejarah tentang pemberontakan PKI di Madiun. Ketika membaca halaman ke-9, Cimun merasa ada yang memanggil, "Bung! Ayo sembunyi!" begitu menoleh ke belakang ternyata di tidak ada di perpustakaan sekolah. Dia melihat sekeliling sedang terjadi pertempuran sengit antara pemberontak PKI dan Tentara Republik Indonesia.

Contoh Soal Pilihan Ganda 4

Dari kutipan cerita di atas dapat diketahui tentang hal-hal berikut ini, kecuali....

a. Nama tokoh
b. Latar peristiwa
c. Masalah yang dihadapi
d. Penyelesaian

Analisis Jawaban dan Penjelasan Soal:

Agar bisa menjawab pertanyaan model seperti ini, kita dapat mengupas dan menelaah soal lebih hati-hati. Jika dijelaskan secara rinci, maksud soal tersebut adalah: hal-hal yang dapat dijawab berdasarkan kutipan cerita apa saja? Kemudian yang ditanyakan adalah kecuali. Berarti yang tidak dapat dijawab berdasarakan kutipan teks cerita fantasi.

Nama Tokoh, bisa dijawab berdasarkan teks, ada tokoh yang bernama Cimun

Latar Peristiwa, bisa dijawab karena menyebutkan latar tempat = Madiun, perpustakaan. Latar peristiwa alam sejarah juga ada. Peristiwa Madiun. Pemberontakan yang pernah terjadi di sana. 

Masalah yang dihadapi, juga sudah mulai muncul. Masalahnya, tiba-tiba terjebak dalam pertempuran yang sengit. 


Contoh Soal Pilihan Ganda 5


Watak tokoh di atas memiliki watak yang suka membaca dengan alasan....

a. Tidak suka ke kantin.
b. Bisa pergi ke zaman pemberontakan PKI.
c. Selalu membaca setiap hari.
d. Sedang membaca buku sejarah

Analisis Jawaban dan Penjelasan Soal:

Maksud soal di atas adalah, tokoh Cimun dapat disebut sebagai watak yang suka membaca dibuktikan dengan apa? Sesuai dengan kutipan cerita fantasi pada bagian atas soal. Jawaban yang sesuai dengan kutipan cerita di atas adalah 'tidak melewatkan sehari pun waktunya untuk membaca'. Jadi tokoh dalam cerita fantasi di atas setiap hari selalu membaca. Karena setiap hari membaca maka disebut 'suka membaca'.



Contoh Soal Pilihan Ganda 6

Hal ajaib (fantasi) yang terdapat dalam kutipan cerita di atas adalah....

a. Bisa ke kantin.
b. Bisa kembali ke zaman dahulu.
c. Bisa membaca buku.
d. Bisa dipanggil 'Bung'

Analisis Jawaban dan Penjelasan Soal:
Sepertinya, soal nomor enam ini menjadi soal yang paling mudah untuk dipahami dan untuk dijawab dengan tepat. Hal ajaib atau fantasi  selalu ada dalam teks cerita fantasi yang memang bersifat khayali. Hal ajaib yang terdapat dalam cerita di atas tentu saja hal yang tidak mungkin terjadi dalam kehidupan nyata. 

Bisa ke kantin, tentu hal biasa. Bisa kembali ke zaman dulu, tentu ini hal yang tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata. 

 
Demikian contoh soal pilihan ganda teks fantasi. Semoga bermanfaat..

1 komentar untuk "Kunci Jawaban dan Penjelasan Soal Pilihan Ganda Teks Fantasi"