Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Makna Logo Lambang Yayayasan YPLP PGRI Terbaru

Logo Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Dasar Menengah  PGRI mengalami revisi sesuai dengan dinamika pendidikan Indonesia dan internal yayasan tersebut. Ada kalanya, logo yang beredar di jaringan internet masih logo yang lama. Jikapun ada logo yang sudah baru (sebelumnya PPLP = Perkumpulan Lembaga Pendidikan), yang sudah berubah menjadi yayasan, ukurannya masih sangat kecil dan pecah jika diperbesar.

Berangkat dari itu, di sini diunggah logo Yayasan PLP Dasmen PGRI dengan format JPEG dan PNG.

Gambar logo ini merupakan karya salah seorang guru SMP PGRI Jenggawah di Kabupaten Jember.

Untuk mengunduh (mendownload) silakan klik tautan berikut ini.




Makna Logo YPLP Pendidikan Dasar dan Menengah PGRI

Bentuk Logo - Lambang YPLP PGRI
sayap kiri dan sayap kanan masing-masing terdiri atas lima helai bulu yang berwarna  kuning, hal ini melambangkan cita-cita setinggi angkasa dalam bidang pendidikan dengan berdasar pada Pancasila, membawa tunas muda generasi harapan bangsa ke masa depan yang lebih cerah dan gemilang.

Lukisan corak dan warna Logo - Lambang YPLP PGRI
1. Pada bulu di bagian bawah berwarna putih dengan tulisan singkata PGRI berwarna putih dengan dasar merah. Hal ini melambangkan pengabdian berlandaskan kesucian, kemuridan,  cinta kasih, dan keberanian bagi kepentingan seluruh rakyat.

2. Suluh (obor) berdiri tegak dengan empat garis tegak yang datar dengan warna kuning disertai dengan nyala lima sinar api berwarna merah yang  melambangkan:

2.1. empat garis pada Suluh yang tegak dan datar berwarna kuning, memiliki arti  fungsi guru dalam empat tingkat pendidikan (pra, dasar, menengah, tinggi) dengan hakekat tugas pengabdiannya sebagai seorang pendidik yang besar serta luhur.

2.2. Nyala api dengan lima sinar berwarna merah:
       Arti idiologis: Pancasila dasar ideologi bangsa.
       Arti Teknik  : adalah sasaran, rasa, cipta,  budi, cipta, rasa, karya dan karsa

2.3. Empat buku mengapit suluh  (obor) dengan posisi  dua datar dan dua tegak (simetris) dengan warna bercorak putih memiliki arti: sumber ilmu pengetahuan yang menyangkut nilai moral, keterampilan, pengetahuan, dan akhlak bagi empat tingkatan lembaga pendidikan yaitu tingkat pra dasar, tingkat dasar, tingkat menengah, dan tingkat Tinggi.

2.4. Warna dasar tengah dalam bentuk lingkaran hijau, memiliki arti kemakmuran generasi penerus.

2.5. Pita putih dengan tulisan Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan sebagai penyangga sayap, memiliki makna ikatan yang kokoh dan kuat seluruh guru di  Indonesia dalam mengejar cita-cita.




1 komentar untuk "Makna Logo Lambang Yayayasan YPLP PGRI Terbaru"