Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ana, Ani, Anu dan Artinya dalam Berbagai Bahasa

Selalu ada nama 'ana' dari kumpulan beberapa orang
Kata ana ada di berbagai macam bahasa Indonesia. Ada yang sama dalam bacaan, ada pula yang sama dalam bunyi. Misalnya bunyi ‘ana’ dalam bahasa Arab tulisannya berbeda dengan bahasa Indonesa. Maka dari itu, nama ana memiliki arti yang berbeda-beda dalam berbagai bahasa.

Dalam bahasa Indonesia (dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia) ada kata  ‘ana’ yang merupakan ragam cakap yang searti dengan ‘saya’ dan ‘aku’. Tentu karena ragam cakap, berarti bahasa Jawa ini diserap dari bahasa Arab dengan bunyi yang sama.

Selanjutnya ana yang merupakan kata dalam bahasa Arab memiliki beberapa medan arti. Yaitu berarti prestise (kebanggaan),
dan penghargaan terhadap diri sendiri. Jadi dapat dianggap bahwa ana merupakan bentuk kepercayaan diri seseorang.

Sementara itu, dalam kata yang berbunyi ‘ana’ juga ada dalam bahasa Latin. Dalam bahasa latin, ‘ana’ berarti  ‘ramah’. Berarti nama ‘ana’ diharapkan orang tersebut dapat ramah terhadap orang lain. Menghargai orang lain, sekaligus menghargai orang lain serta diri sendiri.

Ada pula kata ‘ana’ dalam bahasa Jawa. Sebagian melafalkan /ana/ sebagian dialek lain menuturkan ‘ana’ dengan /ono/, huruf /o/ dibaca seperti huruf /o/ pada kata ‘obat’. Ana dalam bahasa Jawa berarti ‘ada’ atau berwujud.


Dalam bahasa-bahasa lain, arti kata ana juga berbeda-beda. Kata ‘ana’ dalam bahasa Jepang berarti lubang. Sementara itu, dalam bahasa Azerbaijan ada kata ‘ana’ yang dalam bahasa Indonesi sama artinya dengan ‘lubang’.

Nama yang juga sering digunakan oleh orang Indonesia  dan negara lain adalah ‘ani’. Nama ‘Ani’ merupakan nama yang ngetop dalam dunia pendidikan. Saat buku pelajaran membaca mengenalkan ‘BUDI’ dan ‘ANI’ dalam contoh-contoh kalimat dalam pelajaran anak sekolah dasar.

Nama ‘ani’ juga menjadi lebih ngetop lagi setelah masa-masa kejayaan ‘meme’. Dulu nama ‘Ani’ identik dengan film yang dibintangi oleh raja dangdut, Rhoma Irama. Kini foto Rhoma muda dan ani muda menjadi bahan untuk memunculkan senyum dalam meme lucu-lucu.

Sementara itu dalam bahsa Indonesia juga ada kata ani. Bahkan ada beberapa kata. Kata  ‘ani’ dalam bahasa Indonesia berarti pemidangan dari kayu yang berguna sebagai tempat memasang lungsin, yaitu  sebuah bagian dalam alat tenun.

Bentuk dasar yang mengulang bunyi ani juga ada dalam bahasa Indonesia. Ani-ani. Dalam bahasa Indonesia ani-ani didefinisikan sebagai pisau pemotong khusus untuk tangkai padi yang terbuat dari bambu dan kayu yang saling menyilang. Pisau kecil yang ditancapkan pada bagian muka kayu.

Kata ani juga ada dalam bahasa Rumania dan bahasa Jepang. Dalam bahasa Jepang, ani memiliki makna saudara. Sementara dalam bahasa Rumania kata ‘ani’ memiliki arti ‘Tahun’.


Kata yang mirip dengan ana dan ani adalah anu. Anu menunjukkan ketabuan, yang tidak pantas dan tidak boleh disebutkan. Dalam KBBI anu memiliki dua makna. Kedua makna tersebut menunjukkan bahwa kata ‘anu’ merupakan nomina alias kata benda. Adapun makna ‘anu’ adalah,  Sesuatu tidak boleh disebutkan namanya (benda, orang, dan sebagainya). Makna yang kedua dari kata ‘anu’. Anu digunakan (untuk menyebutkan) sesuatu pernah tahu tapi yang namanya terlupa atau bahkan  tidak diketahui.

Dari penjelasan makna di atas, kata anu menunjukkan ‘keanehan-keanehan’ di duni ini.

Adapun kata ‘anu’ juga digunakan sebagai judul sebuah karya sastra. Salah satu karya naskah drama Putu Wijaya menggunakan kata 'anu'. Kata anu juga acapkali digunakan dalam naskah drama itu secara membabi buta. Bahkan  sampai-sampai menyulitkan pemahaman para pembacanya. Dengan banyaknya kata 'anu' yang digunakan mengkaibatkan usaha menunjukkan banyak hal secara terpotong.


Demikian penjelasan mengenai arti kata nama ana dan nama ani. Diikuti juga dengan kata anu yang maknanya selalu absurd.

Lalu, apa arti namamu?


Posting Komentar untuk "Ana, Ani, Anu dan Artinya dalam Berbagai Bahasa"