Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ucapan Selamat Idulfitri 1442 H | Minal Aidin Wal Faizin dan Artinya

Ucapan Selamat Idul  fitri  Tahun 2022 Minal Aidin Wal Faizin dan Artinya


Idulfitri menjadi momen yang sangat dinanti oleh kebanyakan orang Indonesia. Tidak hanya orang Indonesia yang muslim, yang beragama selain Islam juga sangat senang ketika Idulfitri tiba. Kegiatan sosial keagamaan dan kegiatan ekonomi berputar dengan sangat cepat. Mulai dari tukang parkir hingga para pengusaha memanfaatkan momen idulfitri. 

Media kovensional dan media elektronik juga dimanfaatkan untuk menyambut idulfitri. Ucapan selamat Idulfitri dengan berbagi bentuk pilihan kata dan media ada di mana-mana. Mulai dari ucapan selamat Idulfitri di spanduk-spanduk di pinggir jalan raya. Yang memberi ucapan selamat mudik tidak hanya lembaga keagamaan. Hampir semua produk, instansi baik swasta maupun lembaga pemerintah, juga perusahaan-perusahaan, bahkan lembaga agama selain Islam juga mengucapkan selamat Idulfitri.
Contoh Desain Ucapan Selamat Idulfitri yang Sederhana, Sekarang  2022 maka 1442 H.


Adapun wujud ucapan selamat idulfitri yang banyak digunakan adalah sebagai berikut:
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI

SELAMAT LEBARAN

SELAMAT IDUL FITRI

Biasanya, penulisan lembaga atau instansi yang mengucapkan idulfitri diletakkan di depan, atau sekadar menjadi catatan kaki.

Contoh penulisan selamat idulfitri dengan nama lembaga atau instansi yang mengucapkan ada di depan adalah sebagai berikut:

Keluarga Besar ‘Organisasi Ini’ Mengucapkan
Selamat Idul Fitri

Sementara itu, tak jarang pula ada ucapan selamat hari raya idulfitri yang nama pengucapnya ditulis di belakang. Atau hanya logo yang lembaga yang mengucapkan

Penulisan lain biasanya disertai dengan tulisan 1 Syawal 1442 H (Tahun Hijriyah yang bertepatan dengan tahun 2022 ini). Penulisan 1 Syawal dipilih karena penentuan hari raya Idulfitri ditentukan oleh sidang isbat yang dilakukan pada sehari sebelumnya. (Kecuali Muhammadiyah, sudah ditentukan jauh-jauh hari tanggal hari rayanya.) Jika ditulis tanggal tahun masehinya, ditakutkan tidak sama dengan penetapan yang dilakukan berdasarkan sidang isbat.


Kata-kata yang juga sering digunakan dalam ucapan selamat idulfitri adalah ‘Mohon Maaf Lahir Batin’. Ada pula kata-kata yang lebih panjang, yaitu adanya kata ‘Minal Aidin Walfaizin’ meskipun sebagian orang tidak mengerti arti susunan kata tersebut. Atau ada pula yang salah memahami kata Minal Aidin Wal Faizin dalam bahasa Indonesia berarti Mohon Maaf Lahir dan Batin. 

Ucapan Minal Aidin Wal Faizin merupakan potongan terakhir dari ucapan yang berbunyi lengkap sebagai berikut: taqabbalallahu minna waminkum waja’alna minal aidina wal faizin. Merupakan ungkapan dalam bahasa Arab. Pada dasarnya itu adalah doa yang diucapkan oleh sesama muslim untuk saudara-saudaranya yang sedang berlebaran atau merayakan hari raya idulfitri.

Adapun doa tersebut jika ditulis dalam bahasa arab adalah sebagai berikut:
تقبل الله من ومنكم وجعلنا من العائدين والفائزين

Arti Doa Idulfitri:
semoga Allah menerima (puasa) kita dan menjadikan kita kembali (dalam keadaan suci) dan termasuk orang-orang yang mendapatkan kemenangan. 

Penulisan contoh ucapan-ucapan di atas adalah ucapan yang biasa digunakan. Ucapan yang terlalu umum digunakan di hampir semua media pengucapan. Baik di sms maupun whatsapp ataupun digunakan sebagai status facebook, instagram, maupun  status WA. Bedanya, biasanya yang digunakan dalam SMS maupun pesan siar (chat WhatsApp) lebih panjang dan di bagian akhir diberi nama pengirim. Misalnya Muntijo, juga ditambah dengan sekeluarga sebelum kata mohon maaf lahir dan batin.

Ucapan-ucapan berikut ini menjadi alternatif ucapan selamat idulfitri yang bisa digunakan di spanduk maupun banner ataupun media lain sehingga tidak monoton dan itu-itu saja.

Selamat Lebaran
Mari Pertahankan Semangat Ramadan

BACA JUGA: Arti dan Asal-Usul Kata Lebaran

Selamat Idulfitri
Mari Saling Memberi Maaf dari Hati

Biasanya Penulisan SMS, WA, atau Chat,  dan Pesan Siar (broadcast) juga terlalu monoton. Berikut ini beberapa alternatif penulisan permohonan maaf:

Ucapan Idulfitri Pertama:

Fajar idulfitri telah bercahaya
khilaf dan dosa ikut menguap bersama panasnya
menjadikan kita menjadi suci
bersama maaf dari lubuk hati


Ucapan Idulfitri Kedua:

Takbir telah berkumandang
Ramadan telah melambaikan selendang
Idulfitri  telah datang
Semoga kesalahan hilang
jauh tinggi terbang
bersama maaf dari saudara dan sahabat tersayang

Ucapan Idulfitri Ketiga:

Ini idulfitri
Ramadan telah pergi
Diri masih belum suci
Ucapan maaf dari hati
Untuk segala perilaku tak terpuji

Ucapan Idulfitri Keempat (Pascapandemi Covid-19):

Pasca pandemi corona yang telah menyelimuti dunia
Kita bisa berlebaran ria
Silaturahmi dengan sanak saudara
Tanpa batasan halangan menyerta

Semoga maaf bisa tersampaikan
Kepada segenap handai taulan
Diterima dengan penuh kemesraan
Di hari fitri, hari lebaran

Atau bisa saja ucapan lain yang lebih kreatif dibanding ucapan-ucapan di atas. Demikian ulasan mengenai ucapan idulfitri yang tidak monoton dan semoga menjadi inspirasi. 

Posting Komentar untuk "Ucapan Selamat Idulfitri 1442 H | Minal Aidin Wal Faizin dan Artinya"