Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menulis Puisi Bebas | Contoh Puisi dan Penjelasannya

Menulis Puisi Bebas itu tidak sepenuhnya bebas mau menulis apa. Karena Pengertian Puisi Bebas adalah puisi yang tidak terikat oleh ketentuan yang kaku. Tetapi tetap ada aturannya.

Maka, ketika mendapat tugas: buatlah puisi bebas! atau tulislah puisi bebas maka tulislah puisi yang benar seperti contoh yang akan dibahas di dalam artikel ini.

Sebelum langsung menulis contoh Puisi Bebas, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui pengertian puisi beserta batasannya.

Puisi adalah kumPUlan ISI


Pengertian Puisi Menurut KBBI ada dua. Pengertian yang pertam merupakan pengertian untuk puisi lama. Karena dalam artikel hanya membahas puisi bebas, maka yang akan digunakan adalah pengertian puisi yang kedua.



Puisi adalah gubahan (karangan) dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingg mempertajam kesadaran orang akan pengalaman serta membangkitkan tanggapan khusus melalui penataan bunyi, irama, dan makna khusus.

Dalam pengertian tersebut jelas disebutkan bahwa dalam puisi terdapat kata dipilih dan ditata secara cermat. Penataan tersebut juga memperhatikan penataan bunyi, irama, dan makna kata yang disusun.

Adapun yang dimaksud dengan puisi bebas, adalah nama lain puisi baru, atau puisi modern. Puisi yang tidak terikat oleh jumlah baris, jumlah bait.

Jadi, kesalahpahaman selama ini ada guru bahasa Indonesia di sekolah yang salah memaknai puisi bebas. Mereka biasanya guru bahasa Indonesia yang biasanya tidak kuliah bahasa Indonesia, menganggap bahwa puisi bebas pokoknya puisi yang terserah termasuk temanya.

Seharusnya, meskipun menulis puisi bebas, tema yang diberikan juga terbatas. Misalnya menulis puisi bebas dengan tema cinta lingkungan. Pemilihan tema puisi harus sespesifik itu karena biasanya siswa kesulitan dalam menentukan hal apa yang ingin dipuisikan.

Misalnya, dalam pelajaran SMP ada materi menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi. Jika hanya dibari tugas tulislah puisi berdasarkan pengalaman pribadimu. Maka siswa akan kesulitan. Perintah itu bisa lebih dipersempti cakupannya misalnya: tulislah puisi berdasarkan pengalaman pribadimu ketika pertama kali masuk sekolah! 

Dengan kalimat tugas yang spesifik, siswa memiliki gambaran jelas apa yang ingin disampaikan dan dipuisikan.

Setelah penjelasan mengenai arti puisi dan bentuk-bentuk tugas tentang menulis puisi, maka di sini akan disampaikan contoh menulis puisi bebas.

Cara menulis puisi bebas adalah dengan menggunakan nama diri sebagai kata depan masing-masing barisnya.

Misalnya: Menulis Puisi Bebas dengan Tema Hormat Pada Guru

Terlebih tulis huruf awal. Huruf awal yang digunakan dalam puisi ini adalah P U S T A M U N. Sesuai dengan nama blog ini.

P
U
S
T
A
M
U
N

Kemudian masing-masing bari dicari kata yang berawalan huruf tersebut.
Jadilah begini:

Pagi menjelang, fajar sudah meninggi
Untuk masa depan generasiku, engakau berangkat
Semangat membara tak pernah padam
Tak peduli panas atau hujan menghunjam
Alasan apapun tak mampu meredam
Meski masalah acap kali datang
Usahamu mengajar kami tak kan usang
Nanti, kan kubalas itu pasti

Contoh Puisi bebas di atas sesuai dengan tema, yaitu Hormat Pada Guru. Murid yang menghormati gurunya pasti akan menghargai jasa dan usaha gurunya dalam mengajar. Sementara, di samping menghargai juga pasti akan membalas jasa gurunya dangan kemampuan yang dimiliki.

Demikian artikel menulis contoh puisi bebas beserta penjelasan dan pengertiannya. Semoga bisa menulis puisi sebebas imajinasimu!

Posting Komentar untuk "Menulis Puisi Bebas | Contoh Puisi dan Penjelasannya"